Comscore Tracker

Target 1,7 Juta, Vaksinasi PMK Lampung Baru Terealisasi 225.245 Dosis

Update rekapitulasi per 4 Oktober 2022

Bandar Lampung, IDN Times - Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakkeswan) Provinsi Lampung mencatat, realisasi vaksinasi penyakit mulut dan kuku (PMK) wilayah setempat telah mencapai 225.245 dosis dari target 1.728.428 dosis untuk 2022.

Kadisnakkeswan Provinsi Lampung, Lili Mawarti mengatakan, pendataan tersebut merupakan hasil rekapitulasi vaksinasi PMK per 4 Oktober 2022. Ia pun mendorong komunikasi intensif pada setiap unsur kabupaten/kota maupun di tingkat provinsi.

"Temuan kendala-kendala teknis di lapangan. Kami minta dapat disampaikan dan segera diselesaikan, agar percepatan proses vaksinasi dan penandaan ternak dapat terlaksana dengan baik," ujarnya, Rabu (5/10/2022).

Baca Juga: 1.978 Ekor Sapi di Lampung Terjangkit Kasus PMK, 91,8 Persen Sembuh!

1. Upaya menjaga Lampung dalam kondisi zero case PMK

Target 1,7 Juta, Vaksinasi PMK Lampung Baru Terealisasi 225.245 DosisDisnakkeswan) Provinsi Lampung mencatat realisasi vaksinasi penyakit mulut dan kuku (PMK) wilayah setempat telah mencapai 225.245 dosis dari target 1.728.428 dosis untuk 2022. (IDN Times/Istimewa)

Menurut Lili, koordinasi dan komunikasi antar elemen baik pada tingkat daerah provinsi hingga kabupaten/kota, maupun pusat menjadi unsur terpenting. Pasalnya, kendala menghalangi teknis di lapangan sebaiknya segera dilaporkan, karena dapat menghambat percepatan realisasi vaksinasi PMK.

"Disnakkeswan terus mengupayakan untuk masing-masing kabupaten/kota untuk tetap meningkatkan kewaspadaan, agar Lampung tetap dalam kondisi zero case," ucapnya.

Dalam upaya pencegahan penularan, vaksinasi PMK perlu masif ditingkatkan di masing-masing daerah, karena dapat memperkuat kekebalan ternak terhadap virus tersebut. "Penandaan ternak juga harus dimaksimalkan, untuk mengetahui informasi tersebut dan dapat membantu proses pengecekan lalu lintas ternak melalui eartag terpasang," sambung Lili.

2. Pentingnya komunikasi intens antara daerah dan pusat

Target 1,7 Juta, Vaksinasi PMK Lampung Baru Terealisasi 225.245 DosisDisnakkeswan) Provinsi Lampung mencatat realisasi vaksinasi penyakit mulut dan kuku (PMK) wilayah setempat telah mencapai 225.245 dosis dari target 1.728.428 dosis untuk 2022. (IDN Times/Istimewa)

Melalui koordinasi dan komunikasi intens antara tingkat daerah dan pusat, Lili meyakini, langkah-langkah pencegahan penularan virus PMK dapat segera terkendali dan distribusi hewan maupun produk olahannya bisa kembali normal.

"Ini dapat lebih efektif dan intensif bertujuan untuk mengentaskan PMK dari Provinsi Lampung, serta menjadikan Peternak Lampung Berjaya," katanya.

3. Langkah Balai Karantina Lampung mengendalikan PMK

Target 1,7 Juta, Vaksinasi PMK Lampung Baru Terealisasi 225.245 DosisPengungkapan kasus penyelundupan hewan ternak rentan PMK di Provinsi Lampung. (IDN Times/Istimewa)

Subkoordinator Karantina Hewan Balai Karantina Lampung, Akhir Santoso menambahkan, pihaknya turut melakukan sederet upaya mencegah penularan PMK, mulai dari mengawasi maupun menertibkan keluar masuk hewan ternak hingga penindakan pelanggaran aturan penanganan PMK.

"Kami terus upaya penggendalian PMK di antaranya melalui biosecurity ser pengetatan pengawasan, penahanan dan penolakan untuk media pembawa yang tidak memenuhi persyaratan," katanya.

Selain itu, Karantina Pertanian Lampung juga selalu berkoordinasi dengan instansi terkait dalam pengendalian PMK agar memperoleh hasil optimal. "Penanganan PMK merupakan tanggungjawab kita bersama," tandas Santoso.

Baca Juga: Catat! Ini Syarat Administrasi Lalu Lintas Hewan Ternak Rentan PMK

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya