Comscore Tracker

Siap-siap! Pemprov Lampung Salurkan Tiga Jenis Bansos PPKM Serentak!

Simak teknis pembagian seluruh bansos

Bandar Lampung, IDN Times - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung segera merealisasikan tiga program bantuan nasional secara serentak pada Juli 2021. Itu rencananya bakal disalurkan kepada Keluarga Penerimaan Manfaat (KPM).

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Lampung, Aswarodi menjelaskan, ketiga bantua tersebut meliputi paket Bantuan Sosial Tunai (BTS) Rp600 ribu, paket sembako Rp600 ribu, dan program stimulus 10 Kilogram (Kg) beras.

"Semuanya akan dirapel dalam waktu dekat pada Juli ini. Doakan saja semuanya berjalan cepat dan lancar," ujar Aswarodi, kepada IDN Times, Selasa (27/7/2021).

1. Rencana distribusi bansos

Siap-siap! Pemprov Lampung Salurkan Tiga Jenis Bansos PPKM Serentak!Ilustrasi bantuan sembako di tengah wabah COVID-19 (ANTARA FOTO/Jojon)

Aswarodi menjelaskan, paket BST tersebut meliputi periode Mei dan Juni, lalu program sembako guna memenuhi Juli, Agustus, serta September. Kemudian stimulus 10 Kg beras diperuntukkan bagi KPM, penerima BSD, PKH.

"Dua bantuan ini disalurkan melalui PT Pos, kecuali bantuan paket sembako diserahkan oleh Bank Himbara ditransferkan ke rekening KPM. Kemudian ditukarkan ke e-Warung dalam bentuk paket sembako," terang dia.

Aswarofi menyampaikan, Kementerian Sosial (Kemensos) juga telah mengusulkan ketiga penerimaan bantuan tersebut menerima bantuan beras tersebut. "Didistribusikan melalui beras cadangan pemerintah di Bulog, tetapi transportasinya ditunjukkan PT Pos," sambungnya.

Baca Juga: PPKM Level 4 dan 3, Polda Lampung Terima Bantuan 100 Ton Beras

2. Penyaluran bansos khusus Kota Bandar Lampung

Siap-siap! Pemprov Lampung Salurkan Tiga Jenis Bansos PPKM Serentak!Tugu Adipura Bandar Lampung. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Pendistribusian tersebut bakal sedikit berbeda khusus di Kota Bandar Lampung, Aswarodi menerangkan, bansos-bansos tersebut bakal disalurkan secata langsung ataupun dor to dor.

Itu lantaran masih diberlakukannya PPKM Level 4 di daerah setempat, sehingga ditakutkan bisa menimbulkan kerumunan.

"Sedangkan untuk PPKM Level 3 di 14 kabupaten/kota lainnya, kemungkinan Kantor Pos akan mendistribusikan melalui titik bagi paling dekat, mungkin dilingkungan tersebut hanya ada 10-20 KPM," urainya.

3. Mendagri instruksikan percepatan bantuan program APBD

Siap-siap! Pemprov Lampung Salurkan Tiga Jenis Bansos PPKM Serentak!Ilustrasi Belanja E-commerce (IDN Times/Arief Rahmat)

Disinggung terkait rencana bantuan program APBD Provinsi Lampung, Aswarodi menyebut, telah menerima instruksi percepatan bantuan secara langsung dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

Maka dari itu, Gubenur Lampung, Arinal Djunaidi juga telah menyurati kepala daerah 15 kabupaten/kota se-Provinsi Lampung. Itu guna segera melakukan percepatan bansos kepada masyarakat di wilayah masing-masing.

"Selain pendistribusian minta dipercepat, gubernur juga menekankan satu poin penting dalam proses distribusi ke KPM, untuk diminta melaksanakan aksi simpatik," ucap dia.

Maksud dari aksi simpatik tersebut ialah, saat dilakukan penyaluran bantuan diminta diiring dengan sosialisasi. "Misal seperti permintaan mematuhi prokes, hingga pengingatan kebijakan-kebijakan PPKM," lanjutnya.

4. Pemprov janjikan stimulus tambahan paket bansos

Siap-siap! Pemprov Lampung Salurkan Tiga Jenis Bansos PPKM Serentak!Ilustrasi (ANTARA FOTO/Abriawan Abhe)

Aswarodi menerangkan, sejatinya bantuan tersebut telah berjalan dan disalurkan melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD), seperti halnya melalui program Siger dicanangkan oleh PMI Lampung, LKKS (Lembaga Koodinasi Kesejahteraan Sosial) dan lain-lain.

"Meski masih belum final dan mengkonsep untuk APBD Provinsi Lampung, kita tetap mengusulkan bakal ada paket stimulus tambahan dari Pemprov, tapi sedang dirapatkan kembali," tandas dia.

Baca Juga: BPS: 340,3 Ribu Penduduk Usia Kerja di Lampung Terdampak COVID-19

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya