Sambut UTBK 2024, ITERA Siapkan 766 Komputer dan 132 Petugas Pengawas

UTBK dipusatkan di Gedung Laboratorium Teknik

Intinya Sih...

  • ITERA menyiapkan 766 komputer dan 69 cadangan untuk UTBK di Gedung Laboratorium Teknik.
  • Pelaksanaan UTBK akan dipusatkan di lokasi tersebut, dengan total 2.089 peserta terbagi dalam tiga sesi ujian.
  • Pengawasan ketat dilakukan oleh 132 petugas, termasuk pengecekan identitas peserta secara detail dan infrastruktur pendukung kesehatan.

Lampung Selatan, IDN Times - Institut Teknologi Sumatera (ITERA) sebagai salah satu lokasi pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 2024 di Provinsi Lampung telah menyiapkan 766 komputer dan 69 komputer cadangan.

Pelaksanaan UTBK di lokasi setempat akan dipusatkan di Gedung Laboratorium Teknik 1, 3, dan 5 (Labtek OZT), Selasa (30/4/2024) dan Kamis (2/5/2024) dan akan diikuti sebanyak 2.089 peserta terbagi dalam tiga sesi ujian.

"ITERA siap menyelenggarakan UTBK, karena segala infrastruktur komputer, jaringan internet dan listrik telah rampung disiapkan. Termasuk tenaga pengawas dan infrastruktur pendukung kesehatan seperti ambulana dan petugas medis. Total ada 766 komputer telah disiapkan, termasuk 69 cadangan," ujar Ketua Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) ITERA, Abdul Rajak dikonfirmasi, Senin (29/4/2024).

Baca Juga: Bertolak ke Korsel, Rektor ITERA Terpilih Peserta Program PKKPT 2024

1. UTBK 2024 ITERA dijaga 132 pengawas

Sambut UTBK 2024, ITERA Siapkan 766 Komputer dan 132 Petugas PengawasPenampakan ruang ujian UTBK 2024 di kampus ITERA. (DOK. ITERA).

Abdul melanjutkan, pelaksanaan UTBK 2024 di ITERA juga akan dilakukan dengan pengawasan secara ketat, melibatkan sebanyak 132 petugas pengawas guna memastikan pelaksanaan ujian berjalan lancar.

Para pengawas juga telah mendapatkan pembekalan beberapa waktu lalu, agar setiap dapat mengecek identitas peserta secara detail, termasuk mengenali wajah peserta dengan foto di identitas. Selain itu, pengecekan berlapis juga akan diterapkan baik secara manual oleh petugas, ataupun menggunakan alat metal detektor.

"Pengawasan berlapis ini untuk memastikan, bahwa peserta tidak membawa benda-benda yang dilarang selama pelaksanaan ujian," ucapnya.

2. Sarana imfrastruktur telah rampung disiapkan

Sambut UTBK 2024, ITERA Siapkan 766 Komputer dan 132 Petugas PengawasInstitut Teknologi Sumatera. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Kepala Unit Penunjang Akademik Teknologi Informasi dan Komunikasi (UPA TIK) ITERA, Andre Febrianto menambahkan, persiapan infrastruktur juga telah rampung disiapkan mulai dari menginstal aplikasi ujian, menyiapkan server, hingga memastikan komputer digunakan dalam ujian dapat digunakan sesuai fungsinya.

Lebih lanjut tim juga telah melakukan monitoring dan konfigurasi yang diperlukan, agar koneksi internet tetap terjaga dengan baik dan menyiapkan komputer cadangan di setiap ruang ujian.

“Bersama tim perlengkapan dan sarpras kami juga menyiapkan genset yang meng-cover semua komputer ujian, serta server sebagai mitigasi terhadap kendala kelistrikan,” katanya.

3. Imbau peserta tak mudah panik saat mengalami kendala saat ujian

Sambut UTBK 2024, ITERA Siapkan 766 Komputer dan 132 Petugas PengawasPenampakan ruang ujian UTBK 2024 di kampus ITERA. (DOK. ITERA).

Melalui sederet persiapan sudah dilakukan, Andre juga mengimbau agar setiap peserta tidak panik dan segera laporkan ke pengawas ujian. Itu tatkala mengalami kendala saat ujian berlangsung karena ujian tetap dapat dilanjutkan.

Tak lupa, dirinya turut mengingatkan bagi setiap peserta UTBK diwajibkan membawa kartu tanda peserta ujian, fotokopi ijazah SMA/SMK/MA sederajat telah dilegalisasi, atau Surat Keterangan Lulus dari kepala sekolah dilengkapi foto terbaru dan dibubuhi cap sekolah.

"Peserta juga harus sudah berada di lokasi ujian maksimal 30 menit sebelum ujian berlangsung, dilarang mengenakan kaos, dan diharuskan memakai sepatu. Panitia UTBK ITERA juga menyediakan pusat bantuan atau helpdesk di Lantai 1 Gedung Kuliah Umum (GKU) 1 ITERA," tandasnya.

Baca Juga: OAIL ITERA Gelar Pengamatan Hilal 1 Syawal 1445 H 9 April 2024

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya