Rapat Lintas Sektoral Nataru, Kapolda: Lampung Gerbang Arus Mudik

Ops Lilin Krakatau berlangsung 12 hari

Bandar Lampung, IDN Times - Polda Lampung bersama stakeholder terkait melaksanakan rapat koordinasi lintas sektoral persiapan menghadapi Hari Raya Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru) di Ruang Rupatama Polda Lampung, Senin (12/12/2022).

Kapolda Lampung, Irjen Pol Akhmad Wiyagus mengatakan, rapat tersebut merupakan awal kordinasi lintas sektoral dalam menghadapi pengamanan perayaan Nataru di wilayah Provinsi Lampung.

"Kita dapat menghitung berapa hari lagi perayaan ini akan berlangsung. Di mana Lampung menjadi salah satu pintu gerbang arus mudik, kita ketahui saat perayaan arus mudik Lebaran lalu Lampung cukup baik dalam pengamanan arus mudiknya hingga tertib dan lancar," ujarnya.

Baca Juga: Libur Nataru, ASDP Bakauheni Dirikan Pos Screening Tiket Kendaraan

1. Pengamanan tetap memperhatikan protokol kesehatan

Rapat Lintas Sektoral Nataru, Kapolda: Lampung Gerbang Arus MudikPolda Lampung bersama stakeholder melaksanakan rapat koordinasi lintas sektoral persiapan menghadapi Hari Raya Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru). (Dok. Polda Lampung).

Kapolda menambahkan, semua pihak harus meningkatkan pengamanan saat arus mudik Nataru mendatang. Selain itu, tantangan kian bertambah seiring bertepatan momentum masa libur sekolah bakal menjadi perhatian khusus.

"Ini tantangan tersendiri untuk kita, karena masih adanya COVID-19, kita harus tetap memperhatikan protokol kesehatan," imbuhnya.

Wiyagus turut mengapresiasi apresiasi, rapat koordinasi lintas sektoral tersebut telah menunjukkan respek dari stakeholder, yang mau bersama-sama untuk bekerjasama dalam menghadapi pengamanan Nataru.

"Cerminan tanggung jawab kita sebagai abdi negara dan ini juga menjadi pedoman untuk melayani masyarakat. Kita tidak bisa kerja sendiri, melainkan perlunya kerja sebagai tim," sambung dia.

2. Arus lalu lintas diperkirakan cukup tinggi

Rapat Lintas Sektoral Nataru, Kapolda: Lampung Gerbang Arus MudikIlustrasi antrean kendaraan di Pelabuhan Merak, Banten. (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad menambahkan, hasil rapat awal lintas sektoral tersebut dijelaskan bakal dilakukan pengamanan di sejumlah titik, terkhusus gereja menjadikan tempat peribadatan para umat kristiani.

Dalam pengamanan tersebut, kepolisian daerah bakal menggelar Operasi Lilin Krakatau 2023 bakal menjadi acuan saat proses pengamanan libur akhir tahun hingga memasuki tahun baru mendatang.

"Arus lalu lintas cukup tinggi diperkirakan terjadi di tempat wisata, termasuk penyebrangan di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan," terangnya.

3. Ops Lilin bakal berlangsung selama 12 hari

Rapat Lintas Sektoral Nataru, Kapolda: Lampung Gerbang Arus MudikPolda Lampung bersama stakeholder melaksanakan rapat koordinasi lintas sektoral persiapan menghadapi Hari Raya Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru). (Dok. Polda Lampung).

Dijelaskan Pandra, Operasi Lilin Krakatau tersebut diperkirakan akan berlangsung selama 12 hari mulai dari 23 Desember 2022. Meski demikian, pihaknya belum menentukan jumlah pasti personel akan dilibatkan karena masih dalam tahap pemetaan dan pengidentifikasian.

"Operasi ini biasanya kita lakukan selama 12 hari di semua wilayah jajaran Polda Lampung, termasuk 14 polres dan jajaran," tandas dia.

Baca Juga: Ops Lilin Bandar Lampung, Truk Dilarang Melintas di Malam Tahun Baru

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya