Ops Lilin Bandar Lampung, Truk Dilarang Melintas di Malam Tahun Baru

Polisi libatkan 350 personel

Bandar Lampung, IDN Times - Polresta Bandar Lampung bakal mengerahkan sekitar 350 personel pada kegiatan Operasi Lilin Krakatau 2022. Itu dalam rangka pengamanan Hari Raya Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru) di Kota Tapis Berseri.

Kabag Ops Polres Bandar Lampung, Kompol Oskar Eka Saputra mengatakan, seluruh personel tersebut akan disebar ke sejumlah titik rawan dan objek vital. Terkhusus tempat-tempat ibadah gereja saat Natal.

"Personel akan kita dilibatkan dalam Ops Lilin Nataru nanti lebih kurang 350 orang, ya. Ini terkait pengamanan menjaleng Nataru nanti," ujarnya saat dimintai keterangan, Senin (12/12/2022).

Baca Juga: Nataru 2023, Pelabuhan Bakauheni Siapkan 7 Dermaga dan 65 Armada Kapal

1. Dirikan Pospam dan Posyan

Ops Lilin Bandar Lampung, Truk Dilarang Melintas di Malam Tahun BaruKabag Ops Polres Bandar Lampung, Kompol Oskar Eka Saputra saat dimintai keterangan awak media. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Lebih lanjut Oskar menyampaikan, kepolisian setempat akan mendirikan Pos Pengamanan (Pospam) dan Pos Pelayanan (Posyan) di beberapa pintu masuk menuju Kota Bandar Lampung hingga jalur pelintasan ke tempat-tempat wisata.

Pendirian pos tersebut meliputi di Sukarame, Tugu Radin Intan, Lapangan Baruna, Terminal Rajabasa, Sukamaju, dan Kemiling.

"Khususnya pengamanan gereja, kita akan koordinasi dengan pihak gereja soal pengetatan pengamanan. Sehingga jemaat bisa melaksanakan ibadah dengan aman dan nyaman," terangnya.

2. Malam tahun baru kendaraan besar dilarang melintas di Bandar Lampung

Ops Lilin Bandar Lampung, Truk Dilarang Melintas di Malam Tahun BaruANTARA FOTO/Arnas Padda

Terkait rekayasa lalu lintas saat malam Tahun Baru 2023, Kasatlantas Polresta Bandar Lampung, AKP Rohmawan mengatakan, pihaknya akan mengerahkan seluruh personel selain terlibat Pospam, piket, atau posko tanpa kecuali guna ikut mengamankan lalu lintas pada kegiatan malam Natal, tahun baru, serta kegiatan wisata masyarakat di wilayah Kota Bandar Lampung.

"Khusus pada malam Tahun Baru kendaraan besar seperti truk sama sekali tidak diperbolehkan masuk jalan kota, mulai pukul 17.00 sore sampai 06.00 pagi," terangnya

Dalam hal ini, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan jajaran Ditlantas serta polsek untuk mengantisipasi pengamanan dan pengalihan arus pada titik lingkar luar kota merupakan akses masuk kendaraan trjk ke Bandar Lampung. "Kami juga akan akan terfokus pada Pam Lalin dalam kota, guna antisipasi Kamseltibcar Lantas," sambung dia.

3. Tempatkan petugas di jalur menuju lokasi wisata

Ops Lilin Bandar Lampung, Truk Dilarang Melintas di Malam Tahun BaruSatgas) COVID-19 Pemerintah Kota Bandar Lampung resmi memberlakukan penyekatan menyambut momen perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022. (IDN Times/Istimewa)

Lalu saat rekayasa lalu lintas di tengah masa libur Nataru, Rohmawan menambahkan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Satlantas Polres Pesawaran guna mengurangi kepadatan kendaraan di seputar lokasi wisata di kabupaten setempat.

Selain itu, petugas juga dipastikan akan berjaga ketat di titik plotingan, dengan melaksanakan pengaturan lalu lintas, terkhusus di Jalan RE. Martadinata.

"Anggota yang berjaga diplotingan untuk mengimbau masyarakat agar tidak merayakan pergantian tahun di pusat keramaian, yang nanti akan melaporkan situasi terkini secara langsung pada pimpinan," tandas Rohmawan.

Baca Juga: Libur Nataru, ASDP Bakauheni Dirikan Pos Screening Tiket Kendaraan

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya