Puluhan Korban Arisan Bodong Elis Prida Lapor Polisi, Kerugian Rp8,8 M

Terlapor diduga melarikan diri

Bandar Lampung, IDN Times - Puluhan korban investasi bodong berkedok arisan menurun melayangkan laporan ke Polresta Bandar Lampung, Kamis (3/11/2022). Kerugian para korban bernilai fantastis mencapai sekitar Rp8,8 miliar.

Tindak pidana penipuan dan penggelapan tersebut atas nama terlapor Elis Nurprida, itu sesuai laporan kepolisian nomor: LP/B/2678/XI/SPKT/Polresta Bandar Lampung/Polda Lampung tertanggal 3 November 2022.

"Benar, total korban kami dampingi ada 63 orang. Mereka semuanya adalah member arisan menurun atas owner Elisna Nurprida alias Elis Prida," ujar Penasihat Hukum Para Pelapor, M. Randy Pratama saat dimintai keterangan, Jumat (4/11/2022).

Baca Juga: Nestapa Korban Perundungan Pelajar MAN 1 Kini Terancam Penjara 5 Tahun

1. Arisan sudah berjalan sejak 2017

Puluhan Korban Arisan Bodong Elis Prida Lapor Polisi, Kerugian Rp8,8 MPenasehat Hukum para korban arisan bodong Elis Prida, M. Randy Pratama saat dimintai keterangan awak media (sebelah kiri). (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Randy melanjutkan, para korban arisan bodong tersebut diperkirakan mencapai ratusan orang dan diperkirakan bakal terus bertambah ikut melayangkan laporan atas tindak pidana serupa kepada terlapor Elisna Nurprida ke pihak kepolisian.

"Jadi sifatnya arisan menurun ini sudah ada dari 2017, seperti sudah kita diketahui sempat viral di medsos untuk terlapor Elis Nurprida. Saat ini pelaku kabur belum diketahui keberadaannya," katanya.

Dalam laporan kepolisian ini, ia mengungkapkan pihaknya turut melampirkan dan menyerahkan barang bukti berupa percakapan pesan singkat atau chatting, hingga bukti transfer para korban.

"Pelaku terakhir masih bisa dihubungi pertengahan September 2022 kemari, dan sempat juga didatangi para korban di rumahnya di Bandar Lampung tapi tidak ada di sana," sambung Randy.

2. Janjikan korban iming-iming keuntungan besar

Puluhan Korban Arisan Bodong Elis Prida Lapor Polisi, Kerugian Rp8,8 Minstagra.

Dalam menjalankan modusnya, para anggota arisan bodong itu umumnya diperdaya terlapor Elis dengan menjanjikan iming-iming keuntungan alias profit dalam jumlah besar, jikalau mengikuti model investasi tersebut.

Alhasil, para korban berasal dari luar Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung tergiur dan terperdaya hingga ikut mendaftar dengan jumlah modal uang puluhan hingga ratusan juta rupiah.

"Kalau dugaan kami, pelaku ini sudah tidak sanggup lagi memutarkan uang arisan tersebut, sampai akhirnya dia melarikan dan kini tidak diketahui keberadaannya," ungkap Randy.

3. Polisi sudah gelar perkara laporan

Puluhan Korban Arisan Bodong Elis Prida Lapor Polisi, Kerugian Rp8,8 MKasatreskrim Polresta Bandar Lampung, Kompol Dennis Arya Putra. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Menanggapi laporan kepolisian itu, Kasatreskrim Polresta Bandar Lampung, Kompol Dennis Arya Putra membenarkan dan telah menerima ihwal laporan korban arisan bodong berakibat kerugian miliaran rupiah tersebut.

"Benar, tadi kami sudah langsung lakukan gelar perkara dan saat ini masih dilakukan penyelidikan lebih lanjut," tandasnya.

Baca Juga: Miris! Perhiasan Emas 125 Gram Milik Warga Bandar Lampung Dicuri

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya