Pria di Tanggamus Lampung Duel dengan Buaya dan Berhasil Selamat

Korban mendapat luka robek dan 11 jahitan

Tanggamus, IDN Times - Erwinyansah (37) warga Pekon Garut, Kecamatan Semaka, Kabupaten Tanggamus, Lampung, berhasil selamat usai terlibat 'duel maut' dengan seekor buaya muara.

Peristiwa itu terjadi Rabu (20/8/2021) sekitar pukul 17.30 WIB, saat dirinya sedang mandi di pinggiran Sungai Semaka. Setelah duel itu, korban mengalami luka robek di bagian betis kaki sebelah kanan dan mendapat 11 jahitan.

"Ada juga luka di lutut kaki kanan dan pergelangan sebanyak dua jahitan," ujar Kapolsek Semaka, AKP I Ketut Gister, Jumat (25/6/2021).

1. Korban meronta dan menjejak kepala buaya sekuat tenaga

Pria di Tanggamus Lampung Duel dengan Buaya dan Berhasil Selamatmpasho.com

Menurut Gister dari keterangan korban, kejadian itu berlangsung secara tiba-tiba. Buaya muara tersebut keluar dari dalam air dengan sangat cepat dan menerkam bagian betis kanannya.

Tak tinggal diam, Erwinyansyah memberikan perlawanan sehingga sempat terjadi tarik menarik. Namun korban berhasil selamat setelah gigitan buaya terlepas.

"Untuk melepaskan gigitan buaya, korban dengan sekuat tenaga meronta dan menjejak kepala buaya berulang kali sampai gigitan terlepas," terang Gister.

Baca Juga: Warga Lampung Timur Digigit Buaya, Tangan Kanan di Operasi  

2. Korban langsung dilarikan ke Puskesmas

Pria di Tanggamus Lampung Duel dengan Buaya dan Berhasil SelamatLuka diderita korban setelah menerima serangan buaya muara di sungai Semaka (IDN Times/Istimewa)

Usai berhasil selamat cengkraman mulut buaya dan maut, korban langsung naik ke tepi sungai dan meminta bantuan warga yang berada di sekitar lokasi kejadian.

"Korban selamat langsung dibawa ke Puskesmas Sukaraja untuk mendapat pertolongan pertama dan menjalani pengobatan secara medis," pungkasnya.

3. Imbau warga tidak beraktivitas di sekitaran sungai

Pria di Tanggamus Lampung Duel dengan Buaya dan Berhasil Selamatearthtouchnews.com

Menurut Gister, Kapolres Tanggamus, AKBP Oni Prasetya mengimbau warga di sekitar TKP agar tidak beraktivitas di sungai, demi mengantisipasi dan menghindari kejadian serupa terulang kembali.

"Buaya muara Sungai Semaka memang sudah sering bermasalah dengan warga. Tidak sedikit warga yang diserang buaya, walaupun belum ada korban jiwa," tandasnya.

Baca Juga: Asyik Mencuci Baju di Sungai, Lansia di Tanggamus Digigit Buaya

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya