Asyik Mencuci Baju di Sungai, Lansia di Tanggamus Digigit Buaya

Kejadian di perairan Sungai Way Semaka, Tanggamus, Lampung

Tanggamus, IDN Times -Yatimah warga Pekon Sidodadi, Kecamatan Semaka, Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung  bersyukur selamat dari insiden digigit buaya. Kejadian itu dialaminya Selasa, (23/3/2021). 

Ia menceritakan, saat kejadian sedang mencuci pakaian di perairan sungai Way Semaka, Kabupaten Tanggamus. Nahas, imbas kejadian itu, nenek 62 tahun ini mendapat perawatan medis.

Itu lantaran tangan kirinya ada enam lubang luka bekas gigitan buaya panjang sekitar 1,5 meter itu di bagian tangan kirinya. 

1. Insiden digigit buaya terjadi pagi hari

Asyik Mencuci Baju di Sungai, Lansia di Tanggamus Digigit BuayaIlustrasi (ANTARA FOTO/Mohamad Hamzah)

Kapolsek Semaka Polres Tanggamus, Iptu Pambudi Raharjo mewakili Kapolres Tanggamus AKBP Oni Prasetya, mengatakan, insiden tersebut terjadi pada Selasa (23/3/2021) sekitar pukul 7.00 WIB.

"Jadi korban ini digigit buaya saat mencuci di pinggir aliran sungai Way Semaka di Pekon Sidodadi, Kecamatan Semaka, Kabupaten Tanggamus," ujarnya saat dikonfirmasi, Rabu (24/3/2021). 

Baca Juga: Cerita Warga Bandar Lampung Tangkap Buaya di Sungai Kaliawi

2. Sedang mencuci, tiba-tiba diserang buaya berukuran panjang 1,5 meter

Asyik Mencuci Baju di Sungai, Lansia di Tanggamus Digigit BuayaLuka hasil serangan buaya (IDN Times/Istimewa)

Pambudi menjelaskan, saat sedang mencuci, tiba-tiba tangan sebelah kiri korban digigit buaya panjang sekitar 1,5 meter. Sontak, gigitan itu membuat Yatimah terkejut dan segera berupaya melepaskan gigitan sang predator.

"Karena merasa kaget dan panik, korban kemudian mencoba melepaskan gigitan buaya dengan cara mengibaskan tangannya. Akhirnya, buaya melepaskan gigitannya," imbuhnya.

3. Petugas mengimbau masyarakat lebih berhati-hati di sungai

Asyik Mencuci Baju di Sungai, Lansia di Tanggamus Digigit BuayaIlustrasi: Buaya Muara di kawasan hutan Mangrove Kabupaten Agam, Sumatera Barat. IDN Times/Andri NH

Pambudi menyatakan, usai mengalami serangan buaya tersebut, korban langsung ditolong oleh warga di sekitar lokasi kejadian. Warga lalu berinisiatif membawa sang nenek mendapatkan pertolongan medis.

Ia mengimbau masyarakat sekitar agar lebih berhati-hati dalam beraktifitas di aliran sungai tersebut. Pasalnya, tak menutup kemungkinan buaya itu bisa kembali menyerang.

"Harapannya, agar masyarakat berhati-hati dalam beraktifitas. Kami juga telah membuat banner imbauan," tegas Pambudi. 

Baca Juga: Viral Warga Tangkap Buaya, Netizen Lampung Komentar Gombal dan Kocak

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya