Presiden Jokowi akan Tinjau Jalan Rusak Viral di Rumbia Lampung Besok

Viral akun TikTok @miradesianalampung12

Lampung Tengah, IDN Times - Presiden RI Joko 'Jokowi' Widodo dijadwalkan melaksanakan kunjungan ke Provinsi Lampung, Rabu (3/5/2023). Salah satu agenda sang presiden bakal meninjau langsung kondisi jalan rusak sempat viral di media sosial (medsos) berada di Kecamatan Rumbia, Kabupaten Lampung Tengah.

Video viral jalan rusak di Rumbia diketahui sempat diunggah pemilik akun TikTok @miradesianalampung12. Berdurasi sekitar 31 detik, nampak perempuan mengenakan hijab hitam, berkaus merah muda lengkap dengan bawahan sarung nekat mandi di kubangan air cokelat pekat, seraya mengeluarkan keluh kesahnya atas kondisi jalan amat memprihatinkan tersebut.

"Inilah yang buat saya malas pulang ke Rumbia ini, pulang kampung ke Rumbia ini. Kayak mana nggak woi, dari lulus SD sampai sekarang udah jadi rentenir ya. Ni, mending zaman dulu baru bisa mancing, sekarang sudah bisa bikin waterboom nah, bisa berenang kita nah, bisa berenang kita nah," keluh wanita dalam video tersebut.

Baca Juga: Perkara Awbimax Dihentikan, Keluarga: Terima Kasih Pak Menko Polhukam 

1. Pembangunan ruas jalan akan berkesinambungan melalui APBD dan APBN

Presiden Jokowi akan Tinjau Jalan Rusak Viral di Rumbia Lampung BesokGubernur Arinal Djunaidi meninjau langsung kondisi jalan di daerah Rumbia, Senin (1/5/2023). (Dok. Pemprov Lampung).

Merespons rencana kunjungan Presiden ke Lampung tersebut, Gubernur Arinal Djunaidi meninjau langsung kondisi jalan di daerah Rumbia, Senin (1/5/2023). Ia pun mengatakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung akan bersinergi dengan pemerintah pusat dalam upaya perbaikan jalan di lokasi tersebut.

Menurutnya, jalan di Rumbia sejatinya telah masuk dalam prioritas pembangunan salah satu ruas jalan di Kabupaten Lampung Tengah yaitu, Ruas Simpang Randu - Seputih Surabaya menjadi kewenangan Pemprov Lampung di 2023.

"Pembangunan ruas tersebut akan berkesinambungan melalui APBD dan APBN, serta akan melalui struktur perkerasan jalan, baik flexible pavement maupun rigid pavement yang disesuaikan oleh kebutuhan di lapangan dan saat ini sedang dalam tahap rekonstruksi jalan," terangnya.

2. Pemenuhan infrastruktur diakui terkendala refocusing anggaran penanganan COVID-19

Presiden Jokowi akan Tinjau Jalan Rusak Viral di Rumbia Lampung BesokProgram vaksin COVID-19 (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Arinal mengklaim, pemenuhan infrastruktur di Lampung sendiri telah menjadi prioritas dan terdapat dalam salah satu misi dari visi Rakyat Lampung Berjaya yaitu, mengembangkan infrastruktur guna meningkatkan efisiensi produksi dan konektivitas wilayah.

Namun akibat pandemik COVID-19 lalu, maka dilakukan upaya refocusing anggaran untuk diprioritaskan di bidang kesehatan yaitu, penanggulangan COVID-19, jaring pengaman sosial, dan stimulus ekonomi bagi pelaku UMKM.

"Pemprov Lampung juga harus membagi anggaran penanganan jalan provinsi kepada kabupaten/kota lainnya," kata dia.

3. Komit bangun ruas jalan Kota Gajah hingga Sadewa, Lampung Tengah

Presiden Jokowi akan Tinjau Jalan Rusak Viral di Rumbia Lampung BesokGubernur Arinal Djunaidi meninjau langsung kondisi jalan di daerah Rumbia, Senin (1/5/2023). (Dok. Pemprov Lampung).

Disampaikan Arinal, khusus di Kabupaten Lampung Tengah 2023 ini, Pemprov Lampung akan melaksanakan pembangunan di beberapa ruas jalan menjadi kewenangan pemerintah daerah. Itu meliputi Ruas Kota Gajah - Simpang Randu, Ruas Simpang Randu - Seputih Surabaya, dan Ruas Seputih Surabaya - Sadewa.

"Beberapa ruas ini menjadi prioritas untuk dibangun, sebab selain untuk kelancaran sarana transportasi, juga memiliki potensi yang memberikan dampak pada peningkatan perekonomian," tandas Arinal.

Baca Juga: TikToker Awbimax Ngaku Sang Ayah Sempat Dimaki Gubernur Lampung Arinal

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya