Perkara Awbimax Dihentikan, Keluarga: Terima Kasih Pak Menko Polhukam 

Minta Bima kontribusi lewat konten positif

Lampung Timur, IDN Times - Keluarga pemilik akun TikTok Awbimax Reborn, Bima Yudho Saputro mengaku bersyukur atas penghentian proses penyelidikan perkara konten kritik viral terhadap Provinsi Lampung berdiksi 'Dajal'.

Paman Bima, Bambang Sukoco mengatakan, pihak keluarga menyambut positif langkah aparat kepolisian tegas menghentikan penanganan perkara dugaan muatan ujaran kebencian tersebut.

"Kami pasti bersyukur, terima kasih kepada rekan-rekan, atensi dari pak Menko Polhukam, dan juga rekan-rekan Komisi III mengharapkan agar kasus ini jangan dinaikkan ke penyidikan," ujarnya saat dimintai keterangan, Selasa (18/4/2023).

Baca Juga: Kasus Dihentikan Polisi, Ini Kata Advokad Pelapor Konten TikTok Awbimax

1. Penghentian perkara sudah diperkirakan pihak keluarga terlapor

Perkara Awbimax Dihentikan, Keluarga: Terima Kasih Pak Menko Polhukam Konferensi pers penghentian penyelidikan laporan dugaan ujaran kebencian akun TikTok Awbimax Reborn. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Disampaikan Bambang, keluarga sejatinya telah menduga akhir dari proses penanganan perkara tersebut. Mengingat, laporan kepolisian atas nama pelapor Ginda Ansori Wayka terhadap sang keponakan bisa dikatakan tidak mengarah pada perbuatan pidana.

"Kami memang sudah memperkirakan (tidak dinaikkan ke penyidikan), karena yang digunakan Pasal 20 ayat 2 UU ITE. Ini artinya yang memang kita kenal sebagai pasal karet dan unsur-unsur pidananya tidak memenuhi," imbuh dia.

2. Bima diharapkan terus berkontribusi bagi Lampung melalui konten-konten positif

Perkara Awbimax Dihentikan, Keluarga: Terima Kasih Pak Menko Polhukam Tangkap layar unggah video di akun TikTok @Awbimax Reborn. (IDN Times/Istimewa).

Terlepas dari perkiraan itu, Bambang mewakili pihak keluarga berharap peristiwa serupa dapat menjadi pelajaran bagi semua pihak. Terkhusus, Bima Yudho Suputri untuk bisa terus berkontribusi bagi Provinsi Lampung melalui konten-konten lebih positif.

Selain itu, ia pun berpesan kepada para muda-mudi di Provinsi Lampung untuk tidak takut menyuarakan aspirasi hingga kritik. Namun tentunya dengan penggunaan kata atau kalimat yang tepat.

"Ini harus bisa menjadi cambukan, harus ada lebih banyak lagi diharapkan anak muda yang bisa berani seperti Bima. Tapi tentu, dengan diksi yang lebih bagus lagi," ucap Bambang.

3. Keluarga sudah komunikasi dengan Bima

Perkara Awbimax Dihentikan, Keluarga: Terima Kasih Pak Menko Polhukam Sosok Bima Yudho Saputo. (Instagram/@awbimax).

Atas penghentian perkara ini, Bambang menyebut, pihak keluarga telah mengkomunikasikannya dengan terlapor Bima Yudho Saputro.

"Sudah, keluarga sudah menelpon Bima tapi belum diangkat, mungkin karena masih jam kerja. Tapi tadi sudah kami beri kabar lewat WA (chat aplikasi WhatsApp)," tandasnya.

Baca Juga: Polisi Pastikan Penghentian Perkara TikTok Awbimax Tanpa Intervensi

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya