Polisi Cokok Pelaku Utama Bentrok Warga Vs Karyawan Sawit di Pesibar

Peran pelaku lain masih didalami

Pesisir Barat, IDN Times - Polisi menangkap pelaku utama insiden bentrok antara warga dengan pihak perusahaan sawit PT Karya Canggih Mandiri Utama (KCMU) di Pekon Marang, Kecamatan Pesisir Selatan, Kabupaten Pesisir Barat.

Pelaku inisal DN. Ia diringkus petugas bertempat di mess PT KCMU, Pekon Pagar Bukit, Kecamatan Bangkunat atas persangkaan tindak pidana pengeroyokan atau penganiayaan dalam insiden bentrok tersebut.

"Benar, pelaku DN sudah diamankan petugas ke Mako Polsek Pesisir Selatan, guna pemeriksaan lebih lanjut," Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Umi Fadilah Astutik, Jumat (18/8/2023).

1. Pelaku menganiaya dengan benda tajam dan tumpul

Polisi Cokok Pelaku Utama Bentrok Warga Vs Karyawan Sawit di PesibarTampang pelaku utama bentrok di Pesisir Barat inisal DN. (Dok. Polres Pesisir Barat).

Dalam persangkaannya, Umi mengungkapkan, pelaku DN didugaan melancarkan aksi pengeroyokan atau penganiayaan terhadap sejumlah korban mengalami luka-luka saat bentrok antar kedua kelompok pecah.

"Pengeroyokan atau penganiayaan yang dimaksudkan menggunakan benda tajam, benda tumpul hingga korban mengalami luka-luka," jelasnya.

2. Polisi masih dalami peran pelaku lain

Polisi Cokok Pelaku Utama Bentrok Warga Vs Karyawan Sawit di PesibarIlustrasi penjara (IDN Times/Mia Amalia)

Pascabentrokan antar warga dan pihak PT KCMU, Kapolres Pesisir Barat, AKBP Alsyahendra menambahkan, polisi telah mengumpulkan dan mengambil keterangan saksi-saksi, hingga mengantongi belasan nama diduga pelaku dalam insiden tersebut.

"Jadi yang kami amankan ini (inisal DN), salah satu diduga pelaku utama pengeroyokan atau penganiayaan. Adapun beberapa yang diamankan lainnya masih didalami peran dalam insiden kemarin," katanya.

Oleh karena itu, kepolisian hingga kini masih terus mendalami dan mengembangkan perkara tersebut. "Pasti, kami akan ungkap siapa dalang sebenarnya dari kejadian ini," sambung Alsyahendra.

3. Minta masyarakat tak main hakim sendiri dan jaga kondusifitas Kamtibmas

Polisi Cokok Pelaku Utama Bentrok Warga Vs Karyawan Sawit di PesibarTangkap layar potongan video bentrok warga dengan karyawan perusahaan sawit di Pesisir Barat. (IDN Times/Istimewa).).

Lebih lanjut jajaran Polres Pesisir Barat turut mengimbau kepada masyarakat, untuk menyerahkan sepenuh perkara kepada pihak kepolisian dan tidak melakukan tindakan-tindakan kontra produktif atau main hakim sendiri.

Tujuannya, guna tidak mengganggu stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di Kabupaten Pesisir Barat. Termasuk terhadap penanganan proses hukum tengah bergulir.

"Kami sampaikan kepada para pelaku lainnya agar kooperatif menyerahkan diri, untuk diambil keterangannya dan bertanggung jawab atas perbuatannya," tandas eks Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Lampung tersebut.

Baca Juga: Pasca Bentrok Pesibar, Begini Kondisi Terkini Lokasi dan Para Korban

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya