Polisi Buru Anggota Joki CPNS Kejaksaan di Lampung, Total 5 Orang!

Identitas kelimanya telah dikantongi pihak kepolisian

Bandar Lampung, IDN Times - Polda Lampung menambah daftar buru anggota jaringan joki tes CPNS Kejaksaan 2023 di provinsi setempat. Polisi kini mengantongi 5 nama terduga anggota dalam jaringan telah berhasil mengamankan seorang mahasiswa ITB inisial RT (20).

Kelima orang disebut masuk dan terlibat dalam anggota jaringan joki ini masing-masing berinisial A, R, T, A, dan I. Identitas kelimanya telah dikantongi pihak kepolisian.

"Ya, total saat ini ada lima orang diidentifikasi terlibat jaringan ini. Kelima orang ini sudah kami diketahui," ujar Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Umi Fadilah Astutik, Selasa (21/11/2023).

Baca Juga: Mahasiswa ITB Joki CPNS Kejaksaan Lampung Dijanjikan Upah Rp25 Juta

1. Kelima anggota berperan mendukung aksi joki RT

Polisi Buru Anggota Joki CPNS Kejaksaan di Lampung, Total 5 Orang!Sosok pelaku RT usai diamankan Kejati Lampung. (Dok. Kejati Lampung).

Umi mengungkapkan, kelima anggota jaringan itu diduga kuat turut menfasilitasi hingga mendukung aksi ilegal terduga pelaku RT, berperan sebagai eksekutor alias penjoki tes CPNS bagi peserta memakai jasa joki tersebut.

Misalnya, kelima anggota joki itu bertugas memanipulasi atau memalsukan kartu identitas dibawa RT. Itu guna menyerupai peserta asli pengikut ujian tes CPNS.

"Kartu identitas yang dibawa RT sudah diedit atau dimanipulasi, pada kolom nama adalah nama peserta tetapi fotonya adalah RT," kata dia.

2. Jaringan joki diduga lebih dari 5 orang

Polisi Buru Anggota Joki CPNS Kejaksaan di Lampung, Total 5 Orang!Tangkapan layar penangkapan terduga joki CPNS Kejaksaan 2023 di Lampung terduga pelaku RT. (TikTok/@_defry.rs).

Berdasarkan hasil pendalaman penyelidikan, Umi menyampaikan, pihaknya menduga diduga jaringan joki tes CPNS Kejaksaan ini lebih dari lima orang.

"Dugaan sementara ada sekitar 6 sampai 7 orang yang masuk dalam jaringan tersebut. Ini juga masih kita dalami," katanya.

3. Pengguna jasa joki warga Lampung Tengah dan Palembang

Polisi Buru Anggota Joki CPNS Kejaksaan di Lampung, Total 5 Orang!Ilustrasi seleksi CPNS. Dok Pemprov Jatim

Umi menambahkan, pihaknya telah memperoleh pengakuan RT (20) telah menerima orderan dari dua peserta. Keduanya inisal N warga Lampung Tengah, serta D warga Palembang.

"RT menjadi joki tes CPNS untuk dua orang peserta, tetapi berbeda hari. Semuanya untuk ujian atau tes CAT CPNS Kejaksaan 2023," tandas kabid humas.

Baca Juga: Mahasiswi ITB jadi Joki CPNS di Lampung Terima Orderan 2 Peserta

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya