POGI: 38 Kasus Kematian Ibu Hamil karena COVID-19 di Lampung

Ibu hamil di Lampung mulai vaksinasi

Bandar Lampung, IDN Times - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung mulai melaksanakan pencanangan vaksinasi COVID-19 terhadap ibu hamil. Itu sesuai Surat Edaran (SE) Kementerian Kesehatan Nomor HK.02.01/I/2007/2021, tentang Vaksinasi COVID-19 Bagi Ibu Hamil dan Penyesuaian Skrining dalam Pelaksanaan Vaksinasi COVID-19.

Pembukaan pencanangan vaksinasi COVID-19 bagi ibu hamil di Provinsi Lampung tersebut dilaksanakan di Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Belleza Kedaton, Kota Bandar Lampung, Selasa (23/8/2021).

"Wanita hamil memiliki peningkatan risiko menjadi berat, apabila terinfeksi COVID-19. Khususnya, pada wanita hamil dengan kondisi medis tertentu," ujar Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi.

Baca Juga: 20 Persen ASN Lampung Belum Vaksinasi COVID-19, Ini Capaian 15 Daerah

1. Ada 38 kasus kematian ibu hamil di Lampung hingga Juli 2021

POGI: 38 Kasus Kematian Ibu Hamil karena COVID-19 di LampungVaksinasi COVID-19 ibu hamil di Provinsi Lampung (IDN Times/Istimewa)

Berdasarkan data Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI), Arinal mengatakan, ada 20 persen angka kematian ibu hamil dalam 17 bulan terakhir. Itu disumbangkan oleh mereka yang terinfeksi COVID-19. Bahkan Juli 2021, kematian ibu hamil meningkat tiga kali lipat.

Hal serupa ikut dialami di Provinsi Lampung. Pasalnya, ada 38 kasus kematian ibu hamil sampai dengan bulan ini. Itu terbesar ada di Kabupaten Lampung Timur dan Lampung Tengah.

"Sehingga vaksinasi merupakan salah satu upaya kita, untuk melindungi para ibu hamil dari risiko COVID-19," kata Arinal.

2. Bertujuan menurunkan kesakitan dan kematian, serta herd immunity

POGI: 38 Kasus Kematian Ibu Hamil karena COVID-19 di LampungIlustrasi vaksinasi COVID-19 (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Arinal menjelaskan, tujuan dari pemberian vaksinasi COVID-19 kepada para ibu hamil adalah upaya Pemprov Lampung menurunkan kesakitan dan kematian ibu hamil akibat COVID-19. Mencapai kekebalan kelompok (herd immunity) untuk mencegah dan melindungi kesehatan masyarakat.

Mengingat, ibu hamil merupakan bagian dari keluarga di tengah masyarakat. "Ini sekaligus bentuk dukungan kita melakukan percepatan vaksinasi COVID-19 kapada ibu hamil di seluruh kabupaten Lampung," imbuh dia.

3. Vaksinasi COVID-19 aman bagi para ibu hamil

POGI: 38 Kasus Kematian Ibu Hamil karena COVID-19 di LampungVaksinasi COVID-19 ibu hamil di Provinsi Lampung (IDN Times/Istimewa)

Pada vaksinasi ini, Ibu hamil akan mendapatkan 2 dosis vaksin dengan jarak dosis 1 dan ke-2 adalah 28 hari. Dalam pelaksanaannya, ibu hamil akan dilakukan pemeriksaan fisik dan skrining riwayat kesehatan untuk memastikan bisa divaksinasi tim vaksinasi.

Ketua Perkumpulan Obstetri Ginekologi Indonesia (POGI) Lampung dr. Marzugi Sayuti mengatakan, vaksinasi pada ibu hamil telah melalui proses tahap uji dan pertimbangan secara matang. Mengingat, kesehatan ibu hamil cukup rentan dan juga kesehatan bayi di dalam kandung.

"Bulan mei 2021, POGI sudah mengeluarkan rekomendasi ibu hamil mendapat vaksinasi, sebagai hak perlindungan kesehatan untuk ibu dan bayi di dalam kandungan. Alhamdulillah Kemenkes juga sudah mengeluarkan SE untuk Pencanangan Vaksinasi untuk Ibu Hamil," terang Marzuqi.

Maka dari itu, ia pun memastikan vaksinasi COVID-19 untuk ibu hamil sangatlah aman. "Kami berharap dengan ini akan menurunkan angka kematian ibu hamil karena COVID-19," tandas dia.

Baca Juga: Lokasi Vaksinasi COVID-19 Ibu Hamil Bandar Lampung, Digelar 24 Agustus

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya