Lokasi Vaksinasi COVID-19 Ibu Hamil Bandar Lampung, Digelar 24 Agustus

Yuk disimak syaratnya apa saja bagi ibu hamil mau divaksin

Bandar Lampung, IDN Times - Vaksinasi COVID-19 di Lampung sudah sampai pada lima tahap yang menyasar tenaga kesehatan, lanjut usia, petugas publik, masyarakat rentan dan masyarakat umum serta usia 12-17 tahun. Bahkan saat ini vaksinasi dosis ke tiga untuk tenaga kesehatan sudah mulai diberikan.

Sekarang, giliran ibu hamil juga harus mendapat vaksinasi lho. Meski sebelumnya tidak diperbolehkan, saat ini sudah dilakukan penelitian pada 35 ribu ibu hamil oleh The New England Journal Of Medicine is the world. Hasilnya tidak ditemukan dampak negatif.

Yuk simak persyaratannya di bawah ini.

Baca Juga: Cerita Nakes Bandar Lampung Disuntik Vaksin Moderna, Ada Efek Samping?

1. Vaksinasi di Rumah Sakit Belleza

Lokasi Vaksinasi COVID-19 Ibu Hamil Bandar Lampung, Digelar 24 AgustusIlustrasi rumah sakit. IDN Times/Arief Rahmat

Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi (POGI) Lampung membuka vaksinasi gratis untuk ibu hamil. Melalui keterangan resminya, mengajak ibu hamil untuk bisa vaksinasi COVID-19 di Rumah Sakit Belleza Kedaton Selasa, 24 Agustus 2021.

Vaksinasi akan dimulai pukul 09.00 WIB sampai selesai. Alamat RS Belleza berada Jalan Sultan H, Labuhan Ratu, Kec. Kedaton, Kota Bandar Lampung.

2. Syarat harus dipenuhi

Lokasi Vaksinasi COVID-19 Ibu Hamil Bandar Lampung, Digelar 24 AgustusIlustrasi vaksinasi COVID-19 pada ibu hamil (ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah)

Adapun syarat ibu hamil bisa mendapat vaksinasi menurut POGI Lampung adalah, pemberian dosis pertama maksimal dimulai pada trimester kedua kehamilan yaitu 13 Minggu-33 Minggu.

Kemudian, tekanan darah terkontrol. Jika tekanan darah di atas 140/90 mmHg tidak dianjurkan. Jika memiliki penyakit jantung, asma, penyakit paru, HIV, hipertiroid, ginjal kronik, dan hati harus dalam kondisi terkontrol.

Begitu juga dengan pengidap penyakit autoimun harus dalam kondisi terkontrol dan mendapat persetujuan dari dokter. Lalu, ibu hamil yang memiliki riwayat alergi berat juga harus dengan pemantauan.

3. Kuota vaksin terbatas

Lokasi Vaksinasi COVID-19 Ibu Hamil Bandar Lampung, Digelar 24 AgustusTenaga kesehatan menyiapkan vaksin COVID-19 Moderna untuk disuntikkan ke penerima vaksin. (ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra)

POGI Lampung mengimbau ibu hamil yang akan vaksinasi harus daftar melalui watshapp
Dian 082380995756 atau Yunisa 087807482039. Sebab tidak melayani pendaftaran di tempat dan kuota vaksin hanya 200 dosis.

Perlu diketahui mengapa ibu hamil harus mendapat vaksin, berdasarkan penjelasan POGI Indonesia, ibu hamil yang terinfeksi COVID-19 memiliki risiko lebih tinggi seperti gejala berat, kematian, perawatan intensif, penggunaan ventilator. Bahkan bisa menyebabkan persalinan prematur dan komplikasi kehamilan lain.

Baca Juga: Ibu Hamil Boleh Vaksinasi COVID-19 Loh, Termasuk yang Punya Komorbid

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya