Plt Dirjen Dikti Akui Pernah Dititip Calon Mahasiswa Baru

Penitipan dimaksud dimintai rekomendasi sebagai Dirjen Dikti

Bandar Lampung, IDN Times - Plt Dirjen Dikti Kemendikbud Ristek RI Prof Nizam mengaku pernah dititip calon mahasiswa. Itu guna dimuluskan langkahnya dalam proses seleksi penerimaan di suatu perguruan tinggi.

Pengakuan itu disampaikan Nizam, sebagai salah satu saksi di muka persidangan atas perkara suap penerimaan mahasiswa baru (PMB) Universitas Lampung (Unila) jalur mandiri 2022 di PN Tipikor Tanjungkarang, Selasa (31/1/2023).

1. JPU KPK dalami keterangan Nizam

Plt Dirjen Dikti Akui Pernah Dititip Calon Mahasiswa BaruIDN Times/Silviana

Awalnya, Jaksa Penuntut Umum (JPU) KPK coba mendalami pengetahuan saksi Nizam. Itu ihwal proses maupun tahapan pelaksanaan PMB di lingkungan Unila.

"Di Lampung, bapak sebelum pelaksanaan mahasiswa baru, ada kunjungan ke sini. Kemudian bertemu dengan Karomani (Rektor Unila)?," tanya JPU Agus Prasetya Raharja.

"Tidak pak," jawab saksi Nizam.

"Selanjutnya, mengenai informasi, metode titipan. Apakah bapak pernah dengar mahasiswa dititipkan ke panitia?," imbuh JPU.

"Istilah itu saya baca dari media kemudian informasi dari masyarakat," kata saksi.

Baca Juga: Dekan FMIPA Beri THR Rp30 Juta ke Rektor Karomani dan 4 Warek Unila

2. Penjelasan saksi dipotong penuntut umum

Plt Dirjen Dikti Akui Pernah Dititip Calon Mahasiswa BaruDekan FMIPA Unila Suripto Dwi Yuwono saat bersaksi di PN Tipikor Tanjungkarang, Selasa (31/1/2023). (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Mendengar perkataan saksi tersebut, penuntut umum langsung memotong ucapan sang direktur dan memintanya memberikan jawaban atas pengetahuan menyangkut kebijakan di kementerian, bukan informasi diperoleh dari media.

"Jangan bilang dari media. Saya akan coba klarifikasi keterangan saudara di sini. Apakah saudara pernah, dalam BAP nomor 24, sebentar," kata Jaksa Agus.

"Di dalam BAP nomor 24, saudara pernah menjelaskan. Apakah saudara pernah ingat keterangan saudara, ada beberapa orang yang titip kepada saudara?," sambung dia.

3. Akui pernah menerima mahasiswa titipan

Plt Dirjen Dikti Akui Pernah Dititip Calon Mahasiswa Barufreepik

Alhasil, Nizam pun mengakui pernah menerima mahasiswa titipan dari beberapa pihak. Termasuk para orang tua calon mahasiswa.

"Iya, ada beberapa orang yang meminta rekomendasi ke saya," imbuhnya lugas.

"Nah itu maksud saya. Jadi saudara sendiri pernah mengalami. Apakah ada orang yang datang ke saudara untuk menitip?," kata JPU.

Lebih lanjut Nizam menyampaikan, maksud pengakuan terhadap titipan mahasiswa tersebut. "Secara datang ke saya, tidak. Tapi dalam misalnya, di dalam rapat DPR misalnya, kemudian ada yang bicara ke saya," imbuh saksi.

4. Beberapa kali ada meminta rekomendasi direktur dikti

Plt Dirjen Dikti Akui Pernah Dititip Calon Mahasiswa BaruDirektur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud, Nizam (IDN Times/Daruwaskita)

Pascasidang diskorsing majelis hakim saat memasuki waktu azan Magrib, Nizam pun menjelaskan atas pengakuannya di muka persidangan tersebut.

“Jadi memang, beberapa kali ada orang yang menyampaikan ke saya untuk menitip putra putrinya untuk bisa perguruan tinggi,” kata dia.

Menurutnya, penitipan dimaksud berupa meminta rekomendasi dirinya sebagai Direktur Dikti. Tapi ia menyatakan tak spesifik mengarah ke Unila.

"Ya saya jawab, itu (penitipan mahasiswa beserta kelulusannya) bukan kewenangan saya, itu kewenangan rektor,” tandas dia.

Baca Juga: Eks Bupati Mesuji Saply Mencuat di Sidang Suap PMB Unila, Titip Cucu

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya