Penumpang Boleh Tanpa Masker, Aktivitas Bandara Radin Inten Meningkat

Keterisian penumpang naik 81 persen Mei 2023

Lampung Selatan, IDN Times - Bandara Radin Inten II Lampung mencatatkan peningkatan aktivitas penumpang dan pergerakan pesawat. Itu pascapemberlakuan pelonggaran persyaratan penerbangan tanpa menggunakan masker.

Executive General Manger Bandara Radin Inten II Lampung, Untung Basuki menyampaikan, aturan syarat penerbangan dimaksud sebagaimana mengacu pada Surat Edaran Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Nomor 16 Tahun 2023.

"Dengan berlakunya ini membuat penumpang menjadi lebih mudah dan nyaman, untuk berpergian menggunakan pesawat," ujarnya, Sabtu (17/6/2023).

Baca Juga: Rekomendasi Hotel Dekat Bandara Radin Inten II Lampung, Murah Meriah!

1. Keterisian penumpang meningkat 81 persen

Penumpang Boleh Tanpa Masker, Aktivitas Bandara Radin Inten MeningkatSituasi penerbangan di Bandara Radin Inten II, Lampung Selatan, Selasa (13/12/2022). (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Dikatakan Untung, selaras kelonggaran syarat penerbangan membuat Angkasa Pura II KC Bandara Radin Inten II kian agresif dalam menawarkan slot time ke pihak-pihak maskapai.

Tawaran itu didukung dengan peningkatan permintaan masyarakat, yang dapat terlihat dari peningkatan keterisian penumpang pada periode Mei 2023 mencapai 81 persen.

"Ini semakin kompetitifnya harga tiket pesawat dan peningkatan persentase kenaikan baik pesawat maupun penumpang mencapai 8 persen pada periode Juni, dibandingkan dengan periode sama saat Mei kemarin," ujarnya.

2. Tawarkan slot time ke airlines, Bandara Radin Inten mampu tampung 4 pesawat di jam sibuk

Penumpang Boleh Tanpa Masker, Aktivitas Bandara Radin Inten MeningkatBandar Udara Radin Intan II. (IDN Times/Rohmah Mustaurida).

Untung menginformasikan, Bandara Radin Inten II Lampung sejauh ini masih memiliki sejumlah slot time belum dimanfaatkan para airlines. Menurutnya, bandara setempat kini dapat menampung masing-masing empat pesawat datang maupun pergi pada jam-jam sibuk.

Dengan catatan, rata-rata pergerakan pesawat kini sekitar 16 pergerakan per hari. Sehingga masih terdapat banyak slot time dapat dimanfaatkan pihak airlines.

"Penawaran gencar slot time saat ini membuahkan hasil kesepakatan penambahan frekuensi maskapai Garuda Indonesia, yang sebelumnya menerbangkan satu pesawat dalam sehari menjadi double daily. Air Asia beroperasi empat kali seminggu, kini akan beroperasi setiap hari," terang Untung.

Ia menyebut penambahan frekuensi Garuda Indonesia dan Air Asia tersebut direncanakan akan dimulai awal Juli 2023. "Kami sangat menantikan pengajuan penambahan slot oleh airlines lain," tambahnya.

3. Penumpang sehat atau tidak berisiko COVID-19 diperbolehkan tidak pakai masker

Penumpang Boleh Tanpa Masker, Aktivitas Bandara Radin Inten MeningkatIlustrasi penumpang pesawat terbang di bandara. (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)

Terkait syarat penerbangan Surat Edaran Nomor 16 Tahun 2023, Untung menjelaskan, ketentuan itu mengatur tentang protokol kesehatan pelaku perjalanan orang dengan transportasi udara pada masa transisi endemik COVID-19.

"Dalam pelaksanaanya saat ini penumpang diberi kelonggaran dalam beberapa hal, di antaranya terkait ketentuan melepas masker hingga anjuran booster penumpang pengguna pesawat," ucapnya.

Surat edaran tersebut diterangkan, penumpang pesawat diperbolehkan tidak menggunakan masker bila dalam keadaan sehat dan tidak berisiko tertular atau menularkan COVID-19. Kemudian dianjurkan tetap menggunakan masker tertutup, apabila dalam keadaan tidak sehat atau berisiko tertular maupun menularkan COVID-19.

"Penumpang juga dianjurkan tetap melakukan vaksinasi COVID-19, dengan booster kedua atau dosis keempat untuk rute penerbangan domestik maupun internasional," tandas Untung.

Baca Juga: Hore! Penumpang Bandara Radin Inten Boleh Tak Pakai Masker

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya