Pemprov Lampung Bakal Meriahkan HUT ke-59 dengan Acara Seru!

Masyarakat diminta pasang umbul-umbul hingga lampu hias

Bandar Lampung, IDN Times - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung mulai mempersiapkan perayaan hari jadi provinsi ke-59. Pemerintah daerah telah menetapkan, akan menggelar 14 jenis acara seru.

Asisten Administrasi Umum Pemprov Lampung Senen Mustakim mengatakan, rangkaian kegiatan hari jadi ke-59 Provinsi Lampung itu direncanakan mulai Kamis, 9 Maret 2023 hingga Minggu, 19 Maret 2023.

"Kami akan mengikutsertakan perusahaan atau swasta untuk menyemarakkan 19 rangkaian kegiatan tersebut di antaranya fun run, sepeda santai bersama Forkopimda dan bupati/wali kota se-Provinsi Lampung, senam bersama, hingga lomba fashion show antar OPD dan banyak lagi," ujar Mustakim pada Rabu (1/3/2023).

1. Imbau masyarakat ikut menyemarakkan HUT ke-59 Provinsi Lampung

Pemprov Lampung Bakal Meriahkan HUT ke-59 dengan Acara Seru!Asisten Administrasi Umum Pemprov Lampung, Senen Mustakim. (Dok. Pemprov Lampung).

Dalam persiapan lainnya, dijelaskan Mustakim, Pemprov Lampung juga menyiapkan draft Surat Keputusan (SK) Gubernur tentang Panitia Pelaksanaan Peringatan Hari Jadi Provinsi Lampung ke-59 dan Surat Edaran (SE) kepada bupati/wali kota se-Provinsi Lampung untuk memperingati dan memeriahkan hari jadi tersebut.

Selain itu, Pemprov Lampung juga meminta seluruh lapisan masyarakat memasang umbul-umbul, lampu hias, dan spanduk di daerah masing-masing.

"Koordinator penanggung jawab kegiatan diminta untuk melakukan koordinasi teknis dengan anggotanya, terkait pelaksanaan kegiatan berada di bawah tanggung jawab masing-masing koordinator," ucap dia.

2. Koordinator berbagai acara itu telah dimintai pemaparan kesiapan teknis

Pemprov Lampung Bakal Meriahkan HUT ke-59 dengan Acara Seru!Pemprov Lampung mulai mempersiapkan menyambut hari jadi provinsi ke-59. (Dok. Pemprov Lampung).

Mustakim juga menyebutkan, pihaknya juga telah menggelar rapat bersama. Dalam rapat itu, masing-masing koordinator diminta memaparkan kesiapan teknis terkait rencana kegiatan.

"Pada intinya, kami selaku pemerintah daerah siap terus mematangkan kegiatan-kegiatan dan menyukseskan peringatan hari jadi ke-59 tahun ini," ucapnya.

3. Logo HUT ke-59 terinspirasi dari kain tapis

Pemprov Lampung Bakal Meriahkan HUT ke-59 dengan Acara Seru!Kain Tapis, Oleh-Oleh Khas Lampung (malahayati.ac.id)

Lebih lanjut Mustakim menjelaskan, desain logo HUT ke-59 Provinsi Lampung mengambil inspirasi dari kain tenun tapis. Kain tapis merupakan jenis tenunan berbentuk seperti kain sarung dipakai oleh kaum wanita Lampung. Bahan kain ini terbuat dari benang kapas.

Kemudian desain logo ini juga berbentuk angka lima puluh sembilan, dengan mengunakan ilustrasi kain Tapis Lampung. Harapannya, guna memajukan dan mengenalkan kain tapis Lampung di tingkat dunia.

"Desain Logo ini dibuat simpel dan dinamis untuk memudahkan orang melihat dan mengingatnya. Ada ornamen perahu jukung khas Lampung juga, ini melambangkan Provinsi Lampung sebagai kota perdagangan dan disimbolkan kreatifitas yang tinggi dalam segala aspek," terang Mustakim.

Baca Juga: Polda Lampung Sidik Kasus Pembubaran Jemaat Gereja di Bandar Lampung

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya