Pemkot Bandar Lampung Janji Lunasi Gaji Tenaga Kebersihan DLH 30 Juni

Jumlah tunggakan DLH Rp1,8 miliar

Bandar Lampung, IDN Times - Pemerintahan Kota (Pemkot) Bandar Lampung berjanji melunasi tunggakan 1 bulan pembayaran upah tenaga kebersihan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bandar Lampung, Senin (30/5/2022).

Plt Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Bandar Lampung, Muhamad Nur Ram’dhan mengatakan, pelunasan tunggakan tersebut merupakan realisasi tuntutan para tenaga kebersihan dalam aksi demonstrasi beberapa waktu lalu.

"Hari ini DLH dibayar semua, hari ini dilunasi. Jadi selesai urusan DLH, pembayaran gaji itu sebenarnya ada tapi kemarin masih ada keperluan mendesak lain yang akhirnya terpaksa ditunda sementara," ujarnya saat dimintai keterangan.

1. Para tenaga kebersihan diharapkan kembali bekerja dengan baik

Pemkot Bandar Lampung Janji Lunasi Gaji Tenaga Kebersihan DLH 30 JuniPlt Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Bandar Lampung, Muhamad Nur Ram’dhan. (IDN Times/Istimewa)

Atas realisasi pembayaran tinggalkan ini, Muhammad Nur pun berharap terpenuhnya tuntutan bisa membuat para tenaga kebersihan kembali bekerja dengan benar dan sungguh-sungguh, sehingga aksi demonstrasi kemarin tidak terulang kembali.

"Baru DLH yang sudah selesai, untuk lain-lain (tunggakan) juga tentu ingin dituntaskan, yang jelas secepatnya kami selesaikan," kata dia.

Menurutnya, Pemkot Bandar Lampung dalam hal urusan kesejahteraan berusaha untuk menyelesaikan semua tunggakan, tetapi tentu harus menyesuaikan dengan kemampuan keuangan pemkot. "Bukan kita tidak mau bayar, tetapi bertahap. Toh akhirnya selesaikan," sambung M. Nur.

2. Jumlah nilai tunggakan di DLH Bandar Lampung Rp1,8 miliar

Pemkot Bandar Lampung Janji Lunasi Gaji Tenaga Kebersihan DLH 30 JuniGedung Pelayanan Satu Atap Pemkot Bandar Lampung. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Terkait jumlah besaran anggaran bakal digelontorkan untuk DLH Kota Bandar Lampung, Muhammad Nur menyebut, upah tersebut dalam satu bulan untuk 200 pekerja kurang lebih sebesar Rp1,8 miliar.

"Tunggakan di DLH kemarin kurang lebih 2 bulan, jadi nilainya hampir 4 miliar, tapi kemarin sudah dibayar satu bulan, sekarang tinggal 1 bulan lagi jumlahnya 1,8 m," terang dia.

Meski demikian, pihanya menegaskan penundaan gaji tersebut akan langsung diselesaikan Senin, 30 Mei 2022. "Hari ini 30 Mei kita bayar untuk DLH," lanjutnya.

3. Perlengkapan pekerjaan masuk dalam anggaran dinas

Pemkot Bandar Lampung Janji Lunasi Gaji Tenaga Kebersihan DLH 30 JuniPelaksanaan hari pertama HUT Apeksi ke-22 di Kota Bandar Lampung diwarnai aksi demonstrasi puluhan tenaga kebersihan DLH Kota Bandar Lampung. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Lebih lanjut menyangkut tuntutan tranparansi anggaran di DLH Kota Bandar Lampung, Muhammad Nur menyampingkan, sejatinya menyangkut perlengkapan pekerjaan semuanya telah masuk dalam anggaran tahunan.

"Ya, kalau untuk alat kebersihan, pakaian, dan lain-lain itu anggaran dinas masing-masing," tandas dia.

Baca Juga: Apeksi ke-22 Diwarnai Aksi Demo Tenaga Kebersihan DLH Bandar Lampung

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya