Comscore Tracker

Pemkab Pesisir Barat: Persiapan WSL Krui Pro 2022 Sudah 98 Persen

Ada 218 peselancar dari 17 negara

Pesisir Barat, IDN Times - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pesisir Barat memastikan kesiapan kejuaraan selancar skala Internasional World Surf League (WSL) Krui Pro 2022, sudah di depan mata dan mencapai 98 persen.

WSL Krui Pro 2022 dijadwalkan digelar selama satu minggu penuh pada 11-17 Juni 2022. Ajang selancar dunia tersebut akan diikuti banyak peserta dari mancanegara.

"Alhamdulillah sampai saat ini persiapannya sudah 98 persen. Semoga dalam sehari ke depan seluruhnya sudah rampung total," ujar Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pesisir Barat, Jalaludin, Jumat (10/6/2022).

1. WSL Krui Pro wajib membawa dampak positif

Pemkab Pesisir Barat: Persiapan WSL Krui Pro 2022 Sudah 98 PersenJajaran Pemkab Pesisir Barat menyampaikan persiapan WSL Pro Krui 2022. (IDN Times/Istimewa)

Jalaludin juga memastikan hingga detik ini jajaran Pemkab Pesisir Barat masih memaksimalkan persiapan jelang lomba surfing tersebut. Menurutnya, event berskala internasional harus berdampak positif bagi Pesisir Barat di segala bidang.

"Ini harus dimanfaatkan dengan baik, sehingga bisa mengharumkan nama Kabupaten Pesisir Barat di negeri para Sai Batin dan Ulama," imbuh Jalaludin.

Baca Juga: Dukung WSL Krui Pro 2022, Telkomsel Operasikan Combat 4G/LTE

2. Pembukaan diwarnai parade Bebai Nyuncun Pahar

Pemkab Pesisir Barat: Persiapan WSL Krui Pro 2022 Sudah 98 PersenParade Bebai Nyuncun Pahar di WSL Krui Pro 2022. (IDN Times/Istimewa)

Jalaludin menginformasikan, panitia pelaksana kegiatan WSL Krui Pro 2022 telah melaksanakan gladibersih untuk mematangkan persiapan parade Bebai Nyuncun Pahar. Panitia juga memberi arahan kepada peserta parade agar kegiatan berjalan baik, lancar, dan sukses.

Bebai Nyuncun Pahar tradisi dan budaya dari suku Lampung, khususnya masyarakat adat Sai Batin berupa kebiasaan dan prilaku dalam berinteraksi dengan alam. Tradisi ini telah terdaftar sebagai Warisan Budaya Tak Benda Indonesia.

"Semoga kegiatan kita ini diberi kelancaran dan kesuksesan. Event WSL Krui Pro yang tinggal menghitung hari akan dibuka besok," imbuhnya.

3. Pendaftar tercatat 218 peselancar dari 17 negara

Pemkab Pesisir Barat: Persiapan WSL Krui Pro 2022 Sudah 98 PersenSurfing (Pexels.com/pixabay)

Kabid Pengembangan Pemasaran Disparekraf Provinsi Lampung, Melly Ayunda menginformasikan, WSL Krui Pro yang dilaksanakan di di Pantai Tanjung Setia, Kabupaten Pesisir Barat, bakal diikuti218 peselancar dari 17 negara.

Mereka mendaftar dari Australia, Jepang, Brazil, Italia, Afrika Selatan, Portugal, Filipina, Selandia Baru, Peru, Tiongkok, Korea Selatan, Thailand, Swedia, Inggris, Amerika Serikat, Korea Selatan, dan Indonesia. Antusiasme peserta ini diharapkan dapat menjadi ajang promosi pariwisata Kabupaten Pesisir Barat.

"Krui Pro harus menjadi daya tarik wisatawan dan harus mempu meningkatkan pendapatan masyarakat sekitar," kata dia.

4. Pemerintah daerah ajak masyarakat memanfaatkan hunian sebagai penginapan

Pemkab Pesisir Barat: Persiapan WSL Krui Pro 2022 Sudah 98 PersenAll Stay Hotel (instagram.com/allstayhotel)

Melly Ayunda menyebut penginapan di Kabupaten Pesisir Barat telah penuh sejak satu bulan lalu. Dinas Pariwisata Pesisir Barat pun sudah mengimbau masyarakat sekitar memanfaatkan rumahnya sebagai penginapan.

"Sudah ada edukasi dan pendekatan kepada masyarakat sekitar lokasi kejuaraan selancar untuk menyediakan rumahnya menjadi penginapan bagi tamu asing, jadi masyarakat sadar wisata," tandas Melly.

Baca Juga: Polda Kerahkan 207 Personel Gabungan Amankan WSL Krui Pro 2022

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya