Nataru 2023, Pelabuhan Bakauheni Siapkan 7 Dermaga dan 65 Armada Kapal

Prediksi lonjakan pengguna pelabuhan 13 persen

Lampung Selatan, IDN Times - PT. Indonesia Ferry (Persero) Cabang Utama Bakauheni menyiapkan 6 Dermaga Reguler dan 1 Dermaga Eksekutif. Itu guna menghadapi lonjakan penumpang menjelang angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023.

General Manager PT. ASDP I Cabang Bakauheni, Suharto mengatakan, total 7 dermaga tersebut bakal dipersiapkan bersamaan 65 unit armada penyebrangan, terdiri dari 56 unit Kapal Reguler dan 6 unit Kapal Eksekutif serta 3 unit Kapal Docking.

"Kami juga bakal menerapkan sistem penambahan Tol Gate, untuk kendaraan roda dua ataupun roda empat akan kita pisahkan. Jadi nanti dipisahkan antara tol gate roda empat dan dua," ujarnya kepada IDN Times, Sabtu (10/12/2022).

Baca Juga: Daftar Lengkap Tarif Penyeberangan Pelabuhan Bakauheni, Resmi Naik!

1. Terapkan sistem gerbang tol terpisah antar roda dua dan empat

Nataru 2023, Pelabuhan Bakauheni Siapkan 7 Dermaga dan 65 Armada KapalPersonel di pos pengamanan Pelabuhan Bakauheni memeriksa ketat kendaraan pribadi, Sabtu (8/5/2021). (IDN Times/Martin L Tobing).

Suharto mengklaim, penerapan sistem gerbang tol terpisah antara roda dua dan empat tersebut terbilang ampuh mengurangi penumpukan volume kendaraan, hendak menggunakan jasa penyeberangan melalui Pelabuhan Bakauheni.

"Ya berkaca pengalaman dari angkutan lebaran yang terbilang sukses, maka di Nataru ini sistem tersebut akan kita terapkan kembali," imbuhnya.

Selain itu, pihaknya telah berkoordinasi dengan stakeholder dan Intansi terkait, untuk mengantisipasi lonjakan volume kendaraan di depan tol gate Pelabuhan Bakauheni. "Rest area untuk jalan tol, dari rest area KM 87, KM 67, KM 50, KM 33, dan KM 21 akan digunakan sebagai delay system, untuk penyekatan sekaligus screening terhadap para pemakai jasa penyebrangan belum memiliki tiket," sambung dia.

2. Minta penggunaan penyeberangan beli tiket sebelum memasuki area Pelabuhan Bakauheni

Nataru 2023, Pelabuhan Bakauheni Siapkan 7 Dermaga dan 65 Armada KapalSuasana loket pembelian tiket Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, Sabtu (8/5/2021). (IDN Times/Martin L Tobing).

Suharto pun mengingatkan, agar para calon penggunaan jasa penyeberangan Pelabuhan Bakauheni, dipastikan telah memiliki tiket menyeberang sebelum memasuki area pelabuhan. Itu supaya tidak terjadi antrian ataupun penumpukan di depan tol gate.

"Kami ingatkan kembali, hindari membeli tiket ferizi di sekitar pelabuhan. Belilah tiket di otlet-otlet rest area  telah disediakan," pintanya.

3. Prediksi peningkatan sekitar 13 persen

Nataru 2023, Pelabuhan Bakauheni Siapkan 7 Dermaga dan 65 Armada KapalIlustrasi antrean kendaraan di Pelabuhan Merak, Banten. (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Terkait prediksi lonjakan volume kendaraan maupun pejalan kaki di Pelabuhan Bakauheni saat Nataru 2023, Suharto menyebut, pihaknya memperkirakan itu bakal mengalami kenaikan sekitar 13 persen dari periode sama di tahun lalu.

Mengingat, momen tahun ini terbilang dapat dikatakan kembali normal, dibanding periode dua tahun lalu tengah dilanda pandemik COVID-19.

"Untuk 2019-2020 penumpang kapal sebanyak 930.841 orang, dan prediksi 2022-2023 sebanyak 698.162 orang," tandas dia.

Baca Juga: Daftar Lengkap Tarif Penyeberangan Pelabuhan Bakauheni, Resmi Naik!

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya