Napi Lampung Meninggal Tersengat Listrik, Kakanwil: Murni Kecelakaan 

Kesetrum saat jalani tugas membersihkan lingkungan Lapas

Bandar Lampung, IDN Times - Kepala Kanwil Kemenkumham Lampung Sorta Delima Lumban Tobing angkat bicara ihwal narapidana kasus narkotika meninggal dunia akibat tersengat listrik di lingkungan Lapas Kelas IIA Bandar Lampung.

Sorta menegaskan, peristiwa merenggut nyawa napi Hendri Setiawan (38) itu murni bentuk musibah atau kecelakaan. Pasalnya, korban tersengat listrik saat kejadian sedang menjalankan tugas progam asimilasi hingga mendapat izin aktivitas di luar yakni, membersihkan bagian depan lingkungan lapas setempat.

"Murni kecelakaan. Hendri Setiawan ini sudah melebihi setengah masa pidananya, dia hari-hari mendapatkan tugas membantu membersihkan lingkungan depan lapas. Nahasnya musibah kabel itu sedikit terkelupas dan menjuntai ke bawah," ujarnya saat dikonfirmasi IDN Times, Kamis (9/3/2023).

Baca Juga: Polisi Bongkar Praktik Pupuk Oplosan di Lampung Selatan, Sita 10 Ton!

1. Pascaperistiwa korban langsung dibawa ke rumah sakit

Napi Lampung Meninggal Tersengat Listrik, Kakanwil: Murni Kecelakaan Ilustrasi layanan kesehatan. (IDN Times/Arief Rahmat)

Pascakejadian tersebut, Sorta menyampaikan, petugas lapas setempat langsung mengevakuasi Hendri, bersama seorang rekannya ikut kesengat listrik usai hendak menolong korban ke Rumah Sakit Airan Raya. Namun nahas, nyawa napi masa tahanan 9 tahun tersebut tak tertolong.

Sementara rekan korban berhasil selamat dan sudah kembali serta menjalankan aktivitas normal di lingkungan Lapas Kelas IIA Bandar Lampung.

"Di hari kejadian itu, petugas kami langsung menghubungi keluarga korban dan ikut membantu membawanya ke rumah duka," ucapnya.

2. Tersangat listrik bukan saat memasang bendera umbul-umbul

Napi Lampung Meninggal Tersengat Listrik, Kakanwil: Murni Kecelakaan Kepala Kanwil Kemenkumham Lampung Sorta Delima Lumban Tobing

Terkait dugaan awal peristiwa korban tersengat listrik saat memasang bendera umbul-umbul, Sorta tegas menepis kabar tersebut dan memastikan keseharian korban memang ditugaskan di sekitar lokasi kejadian.

Oleh karena itu, pihaknya telah berkoordinasi dengan instansi terkait, guna merapihkan kabel-kabel menjuntai liar di sekitar lingkungan lapas.

"Sudah kita laporkan untuk dirapihkan, karena memang saya lihat itu kabel-kabel itu menjuntai ke bawah dan kami minta segera dirapihkan," imbuhnya.

3. Beri perhatian khusus terhadap keselamatan napi

Napi Lampung Meninggal Tersengat Listrik, Kakanwil: Murni Kecelakaan Seorang narapidana Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Bandar Lampung ditemukan meninggal dunia dalam keadaan gantung diri di toilet aula. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Terlepas dari peristiwa tersebut, Sorta juga meyakini, pihaknya akan mengevaluasi menyeluruh agar peristiwa serupa tidak kembali berulang. Terkhusus menyangkut urusan keselamatan para narapidana baik di lingkungan lapas maupun rutan.

"Evaluasi tetap kita lakukan, karena itu menjadi perhatian khusus buat saya," tegasnya.

Baca Juga: Napi Lapas Narkotika Bandar Lampung Meninggal Tersengat Listrik

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya