Moeldoko: Antisipasi Mudik di Jalan Tol Trans Sumatera Sudah Baik

Fasilitas penunjang mudik siap layani para pemudik

Lampung Selatan, IDN Times - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengimbau agar pos-pos operasi mudik Lebaran Idul Fitri 2022/1443 Hijriah di Provinsi Lampung menyediakan sentra-sentra vaksin bagi para pemudik. Itu lantaran situasi pandemik COVID-19 masih belum berakhir.

Purnawirawan jenderal TNI itu pun memastikan upaya vaksinasi dari pemerintah tidak akan kendor, meski secara nasional jumlah kasus COVID-19 tengah memperlihatkan angka penurunan.

"Vaksin booster di pos operasi mudik tersedia gratis. Para pemudik sebaiknya divaksin booster terlebih dahulu karena kita ingin situasi COVID-19 di Indonesia tetap terkendali," ujarnya saat berkunjung ke Provinsi Lampung, Rabu (27/4/2022).

Baca Juga: Moeldoko ke Lampung Tinjau Kesigapan Mudik Lebaran, Hasilnya?

1. Fasilitas penunjang mudik di Lampung sudah sangat siap

Moeldoko: Antisipasi Mudik di Jalan Tol Trans Sumatera Sudah BaikKepala Staf Kepresidenan Moeldoko menyambangi Provinsi Lampung. (IDN Times/Istimewa)

Dalam kunjungannya ke Provinsi Lampung, Moeldoko tidak hanya melihat kesiapan sentra vaksinasi. Ia diketahui secara langsung menyusuri ruas tol Terbanggi Besar – Pematang Panggang - Kayu Agung (Terpeka), untuk meninjau penyelesaian perbaikan ruas rusak Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS).

Selain itu, ia juga ikut memastikan dan kesigapan terhadap antisipasi kepadatan transportasi saat mudik Lebaran 2022.

"Antisipasi mudik di Jalan Tol Trans Sumatera sudah sangat baik. Saya bisa pastikan, bahwa semua pihak sudah memastikan kesiapan semua fasilitas penunjang. Termasuk rest area, toilet, dan stasiun pengisian bahan bakar," terangnya.

2. KSP ingatkan puncak arus mudik 29 dan 30 April

Moeldoko: Antisipasi Mudik di Jalan Tol Trans Sumatera Sudah BaikAktivitas mudik Lebaran 2020 di Pelabuhan Bakauheni. (IDN Times/Istimewa)

Di tengah tinjauannya, Moeldoko juga menyempatkan diri berdialog dengan para pemudik di rest area KM234, untuk menanyakan fasilitas masih perlu ditingkatkan. Kepala Staf Kepresidenan itu juga meninjau kebersihan toilet dan ketersediaan air di rest area.

Menurutnya, tahun ini perkiraan terdapat 85 juta pemudik bersiap melakukan mobilisasi untuk menuju kampung halaman masing-masing.

"Puncak arus mudik di kawasan Lampung melalui Jalan Tol Trans Sumatera dan Pelabuhan Bakauheni diperkirakan terjadi di 29 dan 30 April 2022," tukas mantan Panglima TNI ke-18 tersebut.

3. Mudik momentum geliat perekonomian

Moeldoko: Antisipasi Mudik di Jalan Tol Trans Sumatera Sudah BaikKepala Staf Kepresidenan Moeldoko menyambangi Provinsi Lampung. (IDN Times/Istimewa)

Moeldoko turut berpesan, momentum mudik Lebaran 2022 ini bisa dimanfaatkan Provinsi Lampung sebagai alat pertumbuhan perekonomian. Mengingat, secara letak provinsi ini merupakan pintu gerbang Pulau Sumatera dan pulau terdekat dengan Jawa.

Upaya dapat dilakukan misalnya seperti menggerakan para pelaku UMKM lokal, untuk mengisi produk-produknya di rest area jalan tol Lampung.

"Dengan adanya kelebihan Lampung ini harus dimanfaatkan seperti rest area itu benar-benar diisi oleh para UMKM kita, agar UMKM kita ikut menikmati. Secara ekonomi harus dimanfaatkan dengan baik," tandasnya.

Baca Juga: Antisipasi Arus Balik Lebaran, Ini Skema Rekayasa Lalin Polda Lampung

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya