Comscore Tracker

Menteri PMK Minta Kapolda Kawal Pemudik Motor dari Lampung-Sumsel   

Diantar hingga perbatasan Sumsel

Lampung Selatan, IDN Times - Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Republik Indonesia, Muhadjir Effendy sebut kondisi Gunung Anak Krakatau masih tergolong aman. Hal itu disampaikannya saat memantau langsung aktivitas GAK bersama Kepala BMKG Dwikorita Karnawati, dan Kepala PVMBG Hendra Gunawan, Kamis (28/4/2022).

"Kami sudah meninjau langsung ke area Gunung Anak Krakatau dan mengecek kondisi erupsi di sana. Kami sampaikan berdasarkan pemantauan dan koordinasi kondisi insyaallah aman," katanya.

Baca Juga: GAK Kini Level III Siaga, Bagaimana Penyeberangan Bakauheni?

Jalur penyeberangan aman

Menteri PMK Minta Kapolda Kawal Pemudik Motor dari Lampung-Sumsel   Ilustrasi terminal pelabuhan Bakauheni Lampung (ANTARA FOTO/Ardiansyah)

Muhadjir menyatakan, ada narasi menyatakan kondisi GAK sedang gawat tak benar. "Berdasarkan kasat mata dan sesuai dengan koordinasi dari berbagai pihak yang hadir dalam hari ini itu bisa dikatakan aman," katanya.

Ia juga memastikan, arus mudik lebaran di Pelabuhan Bakauheni dan Merak aman dilalui kapal penyebrangan.

"Bagi pemudik yang mau nyebrang dalam arus mudik ini insyaallah dan sambil berdoa mudah-mudahan tidak akan ada aral yang melintang dari aktivitas anak Krakatau," ucapnya.

Polisi diminta kawal pemudik

Menteri PMK Minta Kapolda Kawal Pemudik Motor dari Lampung-Sumsel   Ilustrasi petugas polisi menghalau pemudik. (ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah)

Muhadjir Effendy minta Kapolda Lampung, Irjen Pol Hendro Sugiatno dampingi pemudik motor hingga perbatasan Sumatera Selatan. "Berdasarkan jumlah data yang diterima yang mudik dari Pulau Jawa ke Pulau Sumatra perbandingannya 6:4, 6 ke Sumatra dan 4 ke Jawa jika dibandingkan tahun 2019," katanya.

Menurutnya pemudik yang menggunakan sepeda motor pada lebaran Idul Fitri 1443/2022 berkurang sangat drastis.

"Saya meminta kepada Kapolda Lampung dan beliau juga berjanji mulai nanti malam untuk pemudik sepeda motor akan diantar hingga perbatasan Sumatra Selatan oleh kepolisian, kemudian estafet diantar oleh polda Sumatera Selatan," ungkap Muhadjir.

Muhadjir mengungkapkan hal itu berukuran agar terciptanya rasa aman bagi para pemudik yang menggunakan sepeda motor yang melakukan perjalananya dimalam hari.

"Saya juga ingin memastikan nanti untuk arus balik pak kapolda bilang bakal tertangani dengan baik. Saya mengucapkan terimakasih kepada semua yang terlibat hingga sampai nanti arus-mudik balik selesai," ucapnya.

Polisi diminta tak ragu tindak tegas pelaku kejahatan

Menteri PMK Minta Kapolda Kawal Pemudik Motor dari Lampung-Sumsel   Apel kesiapan Tom Antibegal Polda Lampung dan Polres jajaran di Tugu Adipura. (IDN Times/Istimewa)

Kapolda Lampung Irjen Pol Hendro Sugiatno mengatakan, mendatangi Pelabuhan Bakauheni, untuk monitoring traffic dan monitor CCTV yang ada di Pelabuhan.

"Pengecekan ini dilakukan agar dapat memantau para pemudik agar merasa aman dan nyaman saat berjalan. Dan bagi masyarakat yang merasa lelah dapat beristirahat di pos-pos yang telah disediakan," ktanya.

Hendro pun meminta agar para pemudik tetap berhati-hari dalam melakukan perjalanan mudik, dan jika adanya hal atau tindakan yang mencurigakan dapat segera melaporkannya ke pihak kepolisian terdekat. "Karena saya perintahkan kepada seluruh personel untuk tidak ragu menindak tegas para pelaku tindak kejahatan apapun itu," tegasnya.

Baca Juga: Siapkan 600 Personel Satgas Antibegal, Kapolda Lampung: Tindak Tegas!

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya