Listrik 800 Ribu Pelanggan di Lampung Menyala Pasca Blackout

100 persen gardu induk mulai disuplai listrik

Intinya Sih...

  • Sebanyak 865.447 pelanggan melalui 100 persen gardu induk di Lampung kembali menerima asupan aliran listrik pascagangguan jaringan SUTET 275 kV Lubuk Linggau - Lahat.
  • PLN terus berupaya melakukan pemulihan pada jaringan SUTET 275 kV Lubuk Linggau - Lahat, dengan koordinasi stakeholder untuk mempercepat proses pemulihan listrik yang padam sejak Selasa (4/6/2024).
  • PLN secara bertahap sudah memasok suplai listrik dari sistem interkoneksi Sumatera telah menyuplai 55 persen Gardu Induk (GI) di Provinsi Lampung.

Bandar Lampung, IDN Times - Sebanyak 865.447 pelanggan melalui 100 persen gardu induk di Lampung kembali menerima asupan aliran listrik pascagangguan jaringan Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) 275 kV Lubuk Linggau - Lahat.

Data pemulihan tersebut berdasarkan pencatatan PLN Unit Induk Distribusi (UID) Lampung diterima IDN Times, Rabu (5/6/2024) sampai dengan pukul 15.00 WIB.

"Iya, sudah sebanyak 100 persen gardu induk di Lampung sudah bertegangan sehingga sebanyak 865.447 pelanggan telah kembali menyala," ujar Manager Komunikasi dan TJSL PLN UID Lampung, Darma Saputra, Rabu (5/6/2024).

Baca Juga: Lampung Masih Dilanda Blackout, PLN Komit Segera Tuntaskan Gangguan

1. Terus berupaya pernormalan

Listrik 800 Ribu Pelanggan di Lampung Menyala Pasca BlackoutPLN menerangi 80 dusun di daerah terpencil pada enam kabupaten di Sulawesi Barat. Sebanyak 594 keluarga kini menikmati listrik 24 jam. (Dok. PLN UID Sulselrabar)

Pascainsiden gangguan ini, Darma menyampaikan, PT PLN terus berupaya melakukan pemulihan pada jaringan SUTET 275 kV Lubuk Linggau - Lahat, dengan langsung bergerak cepat melakukan pemulihan dari sisi pembangkit, transmisi, dan distribusi.

Termasuk melakukan koordinasi dengan stakeholder terkait guna mempercepat proses pemulihan listrik telah padam sejak Selasa (4/6/2024) sekitar pukul 10.30 WIB kemarin.

"PLN UID Lampung terus berupaya lakukan penormalan bertahap sehingga masyarakat bisa kembali menikmati listrik," ucapnya.

2. Sampaikan permohonan maaf ke masyarakat

Listrik 800 Ribu Pelanggan di Lampung Menyala Pasca BlackoutLalu lintas di Palembang semrawut imbas blackout di Sumbagsel, Selasa (4/6/2024). (Foto: Istimewa)

Atas insiden gangguan jaringan kelistrikan ini, Darma mengatakan, PLN menyampaikan permohonan maaf atas kondisi ini. PLN juga memohon dukungan dari stakeholder dan masyarakat.

"PLN terus berupaya untuk dapat mengatasi gangguan ini secepat mungkin," jelasnya.

3. Gardu induk di Lampung mulai terima suplai listrik

Listrik 800 Ribu Pelanggan di Lampung Menyala Pasca BlackoutSrikandi PLN bekerja sebagai Junior Teknisi Pemeliharaan Gardu Induk di PLN Unit Layanan Transmisi (UIT) dan Gardu Induk Kudus Unit Pelaksana Transmisi Semarang, Luffiah Oprisa turut dalam penanganan banjir di wilayah Kudus dan Demak. (dok. PLN)

Dari data dihimpun pada Rabu, 5 Juni 2024 pukul 01.24 WIB - 07.30 WIB, PLN secara bertahap sudah memasok suplai listrik dari sistem interkoneksi Sumatera telah menyuplai 55 persen Gardu Induk (GI) di Provinsi Lampung

Di antaranya GI Pakuan Ratu, GI Menggala, GI Blambangan Umpu, GI Kotabumi, GI Bukit Kemuning, GI Tegineneng, GI Ulubelu, GI Pagelaran, GI Sutami, GI Adijaya, GI Natar, GI Liwa, GI Tarahan, GI Sukarame, GI Gedong Tataan, dan GI Kotaagung.

Baca Juga: Kepala Disdukcapil Lampung Ditunjuk Jabat Plh Bupati Mesuji, Ada Apa?

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya