Lagi! Densus 88 Tangkap Terduga Teroris di Lampung Selatan

Terduga teroris merupakan warga Sumatra Selatan

Lampung Selatan, IDN Times - Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror menangkap satu terduga teroris di Kabupaten Lampung Selatan inisal J. Kegiatan penindakan itu dikabarkan pascapetugas menciduk terduga lainnya dan menggeledah rumah warga di Kabupaten Lampung Utara, Selasa (7/2/2023).

Kabar penangkapan seorang terduga teroris di Lampung Selatan itu dibenarkan Kepala Bagian Bantuan Operasi (Kabag Banops) Densus 88 Antiteror Polri, Aswin Siregar.

"Benar, ada juga (penangkapan terduga teroris) di Lampung Selatan," ujarnya saat dimintai keterangan IDN Times, Rabu (8/2/2023).

Baca Juga: Kejari Bandar Lampung Terima Setoran Denda Perkara Korupsi Rp700 Juta

1. Penangkapan berkaitan dengan kegiatan di Lampung Utara

Lagi! Densus 88 Tangkap Terduga Teroris di Lampung SelatanTim Densus Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri menggeledah salah satu rumah warga di Desa Dorowati, Kecamatan Abung Timur, Kabupaten Lampung Utara. (IDN Times/Istimewa).

Meski tidak menjelaskan detail ihwal penangkapan terduga teroris J, namun Aswin membeberkan, kegiatan itu masih berkaitan penangkapan AF berlangsung di Kabupaten Lampung Utara.

"Petugas masih memeriksa intensif," katanya singkat.

2. Terduga teroris tercatat sebagai warga Sumatra Selatan

Lagi! Densus 88 Tangkap Terduga Teroris di Lampung SelatanIlustrasi - Penangkapan Teroris oleh Densus 88 (ANTARA FOTO/Jessica Helena Wuysang)

Kepala Desa Kelaten di Lampung Selatan, Toto turut membenarkan peristiwa penangkapan dilakukan tim Densus 88 AT terhadap J. Meski demikian, terduga teroris tersebut sudah bukan tidak tercatat sebagai warga desa setempat.

Menurut sang kades, terduga teroris J diciduk petugas Densus 88 Antiteror Polri, Selasa (7/2/2023) sekitar pukul 5.30 WIB.

"Ditangkap kemarin pagi, subuh-subuh. J ini sudah bukan warga sini, setahu saya dia selama ini tinggal di Sumatra Selatan," terang Toto.

3. Kembali ke Lampung Selatan sejak Agustus 2022

Lagi! Densus 88 Tangkap Terduga Teroris di Lampung SelatanIlustrasi - Penangkapan Teroris oleh Densus 88 (ANTARA/M N Kanwa)

Lebih lanjut disampaikan Toto, terduga teroris J kembali ke desa setempat sekitar Agustus 2022. Di sana, ia diketahui menemui dan menumpang tinggal bersama kedua orang tuanya.

"Kalau dari keterangan warga sekitar rumah orang tuanya, dia ini jenguk orang tua untuk bantuin orang tua jadi petani," tandas dia.

Baca Juga: Densus 88 Geledah Rumah Warga Lampura, Tangkap 1 Terduga Teroris?

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya