Korlantas Polri Tunda Launching ETLE Bandar Lampung Hari Ini, Ada Apa?

Padahal semua persiapan sudah dilakukan

Bandar Lampung, IDN Times - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri menunda agenda peresmian atau launching Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) Polresta Bandar Lampung. Sejatinya peluncuran layanan itu digelar hari ini, Rabu (17/3/2021).

Hal itu konfirmasi langsung Kasatlantas Polresta Bandar Lampung, AKP Rafly Yusuf Nugraha, yang mengatakan penundaan tersebut berlangsung selama satu pekan ke depan. "Ia benar, diundur sampai tanggal 23 Maret 2021," ujarnya.

1. Alasan penundaan launching serentak ETLE

Korlantas Polri Tunda Launching ETLE Bandar Lampung Hari Ini, Ada Apa?Ilustrasi. AKP Rafly Yusuf Nugraha (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Rafly melanjutkan, penundaan itu seiring menyusulnya dua Kepolisian Daerah, yang berencana ikut serta dalam acara launching serentak tersebut yaitu, Polda Banten dan Polda Sulawesi Utara.

"Awalnya ada 10 Polda, termasuk kita. Tapi karena ada yang menyusul, jadi diundur tanggal 23 Maret 2021," 

Baca Juga: Ingat! Besok Uji Coba Tilang Elektronik di Lima Titik Bandar Lampung

2. Penundaan tidak menggangu kesiapan ETLE

Korlantas Polri Tunda Launching ETLE Bandar Lampung Hari Ini, Ada Apa?Petugas Satlantas mengecek ETLE Mapolresta Bandar Lampung (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Kendati demikian, Rafly menyatakan, penundaan itu tidak mempengaruhi persiapan ETLE secara keseluruhan. Pasalnya, mulai dari kesiapan personel operator, software, hardware, upgrade data base kendaraan, dan sosialiasi telah dilakukan secara maksimal.

"Ya, insaallah kita sudah siap 99%, jadi nanti kita tinggal pengaplikasiannya saja," imbuh Rafly.

Lanjutnya, fitur Elektronic Registration and Indentification (ERI) juga sudah bisa langsung bekerja dengan baik. "Maksudnya, nanti kita bisa menindak plat di luar wilayah Lampung (BE), persiapan juga sudah matang," ungkapnya.

3. Acara ditunda, sejumlah ucapan karangan bunga mulai berdatangan

Korlantas Polri Tunda Launching ETLE Bandar Lampung Hari Ini, Ada Apa?Karangan bungan ucapan selamat acara launching ETLE (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Berdasarkan pantauan IDN Times di Mapolresta Bandar Lampung, sejumlah karangan bunga ucapan acara launching ETLE telah berdatangan sejak Selasa (16/3/2021) sore.

Terpantau, ucapan turut berdatangan baik dari kalangan instansi pemerintah hingga pihak swasta, satu di antaranya dari Kepala Badan Pendapat Daerah (Bapenda) Lampung, Adi Erlansyah.

"Selamat & Sukses Launching ETLE Semoga Kota B. Lampung Lebih Tertib Berlalu Lintas," tulis karangan bunga ucapannya.

4. ETLE Bandar Lampung didukung 10 kamera pemantau dan 5 kamera utama

Korlantas Polri Tunda Launching ETLE Bandar Lampung Hari Ini, Ada Apa?Ilustrasi CCTV (Unsplash/Kyaw Tun)

Rafly, menjelaskan, pihaknya juga sudah menyiapkan total sebanyak 15 kamera, guna menunjang kinerja ETLE di wilayah hukum Mapolresta Bandar Lampung. Rinciannya, sepuluh titik sebagai kamera pemantauan dan lima titik kamera ETLE.

Adapun kesepuluh kamera pemantauan tersebut terpasang di Jalan Imam Bonjol (Fly Over Kemiling), Jalan ZA Pagar Alam (Tugu Raden Intan), Jalan Ryacudu (Simpang Airan), dan Jalan RE. Martadinata (Simpang Suka Maju).

Selain itu, di Jalan Soekarno Hatta - Simpang Jalan T Ambon, Bundaran Tugu Adipura, Jalan Wolter Monginsidi (Gubernur), Jalan Malahayati (Simpang Bank BCA), Jalan Sudirman (Play OVer Pahoman), dan Jalan Raden Imbah Kusuma (Tugu Durian).

"Sementara kamera utama ETLE ada di Jalan Cut Nyak Dien Simpang Tamin (Arah Agus Salim Bawah), Jalan Sultan Agung Simpang Kimaja dari (Arah Fly Over Kimaja), Jalan Pattimura Begadang Resto dari (arah Jalan Pattimura), di Jalan ZA Pagar Alam tepatnya di JPO UBL (dari dua arah), dan Jalan Kartini JPO Garuda," tandas Rafly.

Baca Juga: ETLE Tambah Fitur Baru, Kini Bisa Deteksi Plat Nomor Luar Lampung

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya