Koalisi Ganjar-Mahfud di Lampung Bahas Strategi: Tolak Dinasti Politik

Rapat diikuti PDIP, PPP, Hanura, dan Perindo Lampung

Bandar Lampung, IDN Times – Para partai politik koalisi pengusung Bacapres-Bacawapres Ganjar Pranowo dan Mahfud MD di Provinsi Lampung mulai membahas strategi pemenangan. Partai koalisi itu meliputi PDI Perjuangan, Partai Hanura, Perindo, dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Sekretaris DPD PDI Perjuangan Lampung, Sutono mengatakan, pihaknya telah menginisiasi dan menggelar pertemuan dengan para partai pengusung Ganjar-Mahfud, untuk membahas sekaligus menyamakan persepsi strategi pemenangan di wilayah Sai Bumi Ruwa Jurai.

“Ya sudah (rapat strategi pembahasan), kemarin lengkap partai koalisi semua hadir. Pembahasan kita menyamakan persepsi dengan kita ketahui visi-misi pak Ganjar itu seperti apa, sekaligus membahas pemenangan materi-materi penting untuk sosialisasi kepada masyarakat,” ujarnya, Senin (30/10/2023).

Baca Juga: Gibran Bacawapres Prabowo, Gerindra Lampung: Sesuai Akar Rumput Partai

1. Nyatakan tolak kepemimpinan dinasti politik

Koalisi Ganjar-Mahfud di Lampung Bahas Strategi: Tolak Dinasti PolitikRapat strategi pemenangan Ganjar-Mahfud di Lampung bertempat di Kantor DPD PDI Perjuangan Lampung. (IDN Times/Istimewa).

Secara garis besar, Sutono mengatakan, masyarakat Tanah Air sedikitnya memiliki lima kriteria dalam menentukan sosok Presiden dan Wakil Presiden mendatang. Sosok itu dikatakan merupakan pemimpin jujur, berpihak kepada masyarakat, tekun beribadah, tegas, dan pandai.

“Ternyata jujur berpihak kepada masyarakat taat beribadah dimiliki oleh pak Ganjar dan pak Mahfud. Kita ini memang pengawal peraturan, kita ingin menolak kepemimpian dinasti politik tetapi ingin kerja untuk rakyat,” tegasnya.

2. Instruksikan pasang gambar sosialisasi Ganjar-Mahfud

Koalisi Ganjar-Mahfud di Lampung Bahas Strategi: Tolak Dinasti PolitikRapat strategi pemenangan Ganjar-Mahfud di Lampung bertempat di Kantor DPD PDI Perjuangan Lampung. (IDN Times/Istimewa).

Sebagai upaya mewujudkan cita-cita masyarakat tersebut, Sutono melanjutkan, para partai koalisi Ganjar-Mahfud di Lampung telah memiliki Tim Pemenangan Daerah (TPD) diketuai oleh tokoh adat sekaligus mantan Kapolda Lampung, Brigjen Pol (Purn) Edward Syah Pernong.

“Tim pemenangan partai itu masing-masing sudah dibentuk, tapi untuk tim pemenangan capres-cawapres ada TPD dari masing-masing partai mengutus perwakilanya,” imbuh dia.

Oleh karena itu dalam upaya mensosialisasikan Ganjar-Mahfud, pihaknya telah menginstruksikan pemasangan gambar Ganjar-Mahfud di setiap baliho maupun spanduk-spanduk.

"Kita juga ada program kerakyatan yang turun ke bawah, nanti semua partai akan dibagi segmennya, tapi paling penting adalah disampaikan kepada masyarakat Indonesia harus lebih unggul,” tambahnya.

3. Perolehan suara milenial ditarget maksimal

Koalisi Ganjar-Mahfud di Lampung Bahas Strategi: Tolak Dinasti PolitikRapat strategi pemenangan Ganjar-Mahfud di Lampung bertempat di Kantor DPD PDI Perjuangan Lampung. (IDN Times/Istimewa).

Wakil Ketua DPW Perindo Lampung, Taufik Hidayatullah mengatakan, tim Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) kini sudah mulai turun menemui masyarakat di daerah pemilihan (Dapil) provinsi setempat.

“Masing-masing partai punya ideologi partai berbeda dan saling menguatkan, seperti Perindo itu punya jargon Indonesia sejahtera program UMKM kita lanjutkan, sektor nelayan juga harus meningkat. Perindo konsentrasi bgaimana masyarakat sejahtera,” imbuhnya.

Ketua DPW Hanura Mukti Shaleh menambahkan, pihaknya akan berupaya menggaet suara maksimal kaum milenial diproyeksi menjadi penentu kemenangan Pemilu 2024. "Artinya kita akan rangkul milenial. Mereka ini ada keterbatasan wadah kurangnya edukasi, makanya bagaimana kita memfasilitasi anak-anak muda ini kita beri wadah, supaya mereka melek politik dan terarah,” tandas dia.

Baca Juga: Dampak Kekeringan, PSI Bandar Lampung Salurkan Ribuan Liter Air Bersih

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya