Kapolri Sebut Puncak Arus Mudik 2023 Pelabuhan Bakauheni Telah Terjadi

Semalam 165 ribu pemudik tiba dari Pelabuhan Merak

Lampung Selatan, IDN Times - Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo mengungkapkan, puncak arus mudik Lebaran 2023 di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan telah terjadi mulai Rabu (19/4/2023) malam hingga Kamis (20/4/2023) pagi. Jumlahnya, 165 ribu pemudik tercatat menyeberangi Pelabuhan Merak ke Bakauheni dalam semalam.

Listyo mengatakan, pencatatan itu lebih tinggi dibanding puncak arus mudik periode 2022 tercatat sekitar 155 ribu pemudik dalam waktu semalam.

"Hasil analisa kami, kemungkinan hari ini masih ada sisanya (para pemudik dari Pelabuhan Merak-Bakauheni) akan menyeberang dan menjadi salah satu puncak penyeberangan berikutnya," kata dia saat meninjau arus mudik di Pelabuhan Bakauheni, Kamis (20/4/2023).

Baca Juga: Menhub Budi Karya Ajak Pemudik Motor Manfaatkan Pelabuhan Panjang

1. Lalu lintas hingga penyeberangan mudik dari Banten ke Lampung berjalan lancar

Kapolri Sebut Puncak Arus Mudik 2023 Pelabuhan Bakauheni Telah TerjadiKunjungan Kapolri dan Panglima TNI beserta Menhub tinjau situasi mudik Lebaran di Pelabuhan Bakauheni, Kamis (20/4/2023). (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Berdasarkan hasil peninjau langsung hingga paparan anggota, Listyo mengungkapkan, kondisi dan situasi kendaraan hendak menyeberang dari Provinsi Banten menuju Provinsi Lampung tidak terjadi antrean panjang mengular sebagaimana tahun-tahun sebelumnya.

Dikarenakan, lalu lintas kapal dari Provinsi Banten dibagi atau dipecah menjadi 3 lokasi penyeberangan meliputi Pelabuhan Merak, Pelabuhan Ciwandan, dan Pelabuhan Bandar Bakau Jaya (BBJ).

"Dengan pengaturan ini tidak terjadi penumpukan, tentu menjadi perbaikan bagi evaluasi telah dilaksanakan sebelumnya. Sekarang tinggal tugas teman-teman di Bakauheni dan Panjang, untuk menampung arus balik, tentunya diharapkan semua terlayani dengan baik," ucap kapolri.

2. Belum ada catatan gangguan Kamtibmas terhadap pemudik di Lampung

Kapolri Sebut Puncak Arus Mudik 2023 Pelabuhan Bakauheni Telah TerjadiPotret malam mudik H-3 Lebaran 2023/1444 Hijriah, Rabu (19/4/2023). (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Lebih lanjut Listyo menyampaikan, hingga sore ini tidak ada laporan ataupun catatan gangguan Kamtibmas terhadap para pemudik baru turun di Provinsi Lampung. Ini tak luput dari pelayanan pengawalan petugas terhadap para pemudik motor di malam hari.

"Pengawalan dilaksanakan secara estafet sampai dengan wilayah perbatasan, untuk mengantisipasi agar tidak ada pemudik mendapatkan ganggu kamtibmas di wilayah wilayah tertentu yang dulu dikatakan rawan," katanya.

Ia pun berharap, catatan positif tersebut dapat terus dilaksanakan dan dijaga hingga berakhirnya periode arus Lebaran 2023. "Semua harus bisa terkawal dengan baik, agar tidak ada peristiwa pidana mengganggu masyarakat pemudik," lanjut Listyo.

3. Minta pemudik manfaatkan layanan posko mudik

Kapolri Sebut Puncak Arus Mudik 2023 Pelabuhan Bakauheni Telah TerjadiKunjungan Kapolri dan Panglima TNI beserta Menhub tinjau situasi mudik Lebaran di Pelabuhan Bakauheni, Kamis (20/4/2023). (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Jenderal bintang empat itu turut mengingatkan, agar para pemudik roda dua maupun roda empat dapat memanfaatkan fasilitas layanan Posko Pengamanan, Posko Pelayanan, hingga Posko Terpadu di sejumlah lokasi di Provinsi Lampung.

"Kami menyediakan 83 Posko Mudik di Lampung, silahkan beristirahat jika merasa sudah lelah atau melaporkan segara temuan aksi kriminalitas," tandas Listyo.

Baca Juga: Erick Thohir Sambangi Krakatau Park Lamsel, "Kerjai" Pegawai BUMN

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya