Comscore Tracker

Kabupaten Tanggamus Juara Umum Daerah MTQ ke-48 Provinsi Lampung

MTQ ke-49 bakal diadakan di Kabupaten Mesuji

Bandar Lampung, IDN Times - Kabupaten Tanggamus menyabet gelar Juara Umum Daerah Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-48 Tingkat Provinsi Lampung 2021. Kegiatan MTQ ini dilaksanakan di tiga lokasi yaitu, Islamic Center, Asrama Haji, dan Sekolah Al Kautsar Bandar Lampung 26 November hingga 2 Desember 2021.

Gelar juara juga berhasil didapat oleh Kabupaten Lampung Utara dan Pringsewu meraih peringkat kedua dan ketiga. Selain itu, kejuaraan ini turut melahirkan hal menarik yaitu, pertama kalinya dimusabaqahkan Golongan Tafsir bahasa Inggris dan Cabang Musabah Hifzhul Hadits.

"Selamat kepada para juara atas prestasi diraih, bagi belum berprestasi saya harap tidak perlu berkecil hati, karena tujuan ikuti MTQ bukan semata-mata meraih juara dan memperebutkan piala. Melainkan untuk mendukung syiar agama Islam," ujar Sekdaprov Lampung, Fahrizal Darminto, dalam acara penutupan kegiatan MTQ tersebut, Rabu (1/12/2021).

Baca Juga: Instruksi Gubernur Lampung Terkait Perayaan Natal dan Tahun Baru

1. MTQ mantapkan peran nilai-nilai keagamaan di tengah masyarakat

Kabupaten Tanggamus Juara Umum Daerah MTQ ke-48 Provinsi LampungMusabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-48 Tingkat Provinsi Lampung 2021. (IDN Times/Istimewa)

Fahrizal melanjutkan, pemerintah daerah berterimakasih atas segala bentuk kerjasama dan dukungan seluruh pihak telah ikut menyukseskan kegiatan MTQ ke-48 tingkat provinsi tersebut.

Khususnya, kepada para dewan hakim, pengawas dewan hakim, panitia, dan official serta seluruh peserta terlibat dari 15 kabupaten/kota se-Provinsi Lampung.

"Usainya penyelenggaraan MTQ ini, Gubernur mengajak untuk semakin memantapkan peran nilai-nilai keagamaan di tengah masyarakat, memantapkan pendidikan Al Qur'an di lingkungan masyarakat, serta meningkatkan pembangunan di bidang agama, sosial kemasyarakatan, ekonomi, dan budaya," kata Fahrizal.

2. Esensi dibalik penyelenggaraan MTQ

Kabupaten Tanggamus Juara Umum Daerah MTQ ke-48 Provinsi LampungMusabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-48 Tingkat Provinsi Lampung 2021. (IDN Times/Istimewa)

Mewakili Gubernur Arinal Djunaidi, Fahrizal pun berharap penyelenggaraan MTQ tingkat provinsi di masa mendatang dapat lebih sukses dan dilaksanakan secara berkualitas serta kian berintegritas.

Mengingat, MTQ tidak hanya perlombaan semata, melainkan esensi penyelenggaraan yang bertujuan lebih meningkatkan syiar Islam di Provinsi Lampung.

"MTQ juga merupakan sebagai media edukasi bagi umat Islam, agar senantiasa mencintai Al Qur'an," kata Fahrizal.

3. Tahun depan berlangsung di Kabupaten Mesuji

Kabupaten Tanggamus Juara Umum Daerah MTQ ke-48 Provinsi LampungMusabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-48 Tingkat Provinsi Lampung 2021. (IDN Times/Istimewa)

Di sela acara Sekdaprov turut menyerahkan Piala Bergilir kepada Bupati Tanggamus. Itu setelah berhasil meraih Juara Umum MTQ ke-48 Tingkat Provinsi Lampung.

Lebih lanjut, Fahrizal menginformasikan penyelenggaraan MTQ ke-49 Tingkat Provinsi Lampung 2022 akan berlangsung di Kabupaten Mesuji. "Tahun akan datang MTQ harus bisa lebih sukses lagi dari sekarang," tandasnya.

Baca Juga: Pusat Guyur Rp21,07 Triliun ke Pemprov Lampung dan 15 Kabupaten/Kota 

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya