Kabar Duet Anies-Muhaimin, PKS Lampung: Kami Patuh Putusan MMS

Sebut penentuan Cawapres ditangan Anies Baswedan

Bandar Lampung, IDN Times - DPW Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Provinsi Lampung angkat bicara ihwal kabar kesepakatan politik antara Partai NasDem dan PKB akan menjadikan Muhaimin Iskandar sebagai bakal calon presiden (Bacapres) Anies Baswedan.

Ketua DPW PKS Lampung, Ahmad Mufti Salim mengatakan, pihaknya sampai hari ini masih patuh dan taat hasil Musyawarah Majelis Syuro (MMS) VIII PKS memutuskan untuk mengusung Anies Baswedan sebagai Capres 2024 mendatang.

"Kita belum mendengar pengumuman (penetapan Cawapres Muhaimin Iskandar) langsung dari pak Anies. Pada intinya, PKS sebelumnya sudah membuat keputusan bahwa mengusung pak Anies Baswedan sebagai capres. Ini keputusan Majelis Syuro PKS di pusat dan kami patuh sampai saat ini," ujarnya kepada IDN Times, Jumat (1/9/2023).

Baca Juga: Pemilu 2024, Gen Z Ingin Lebih Praktis dan Menarik

1. Wewenang penetapan cawapres diamanatkan ke Anies Baswedan

Kabar Duet Anies-Muhaimin, PKS Lampung: Kami Patuh Putusan MMSAnies Baswedan (ANTARA/Linna Susanti)

Sebagaimana dalam piagam kesepakatan antara partai Koalisi Perubahan untuk Persatuan (PKS, NasDem, dan Demokrat), Mufti Salim menjelaskan, wewenang penentuan sosok cawapres sejatinya memang diserahkan penuh kepada Anies Rasyid Baswedan.

Meski demikian, pihaknya hingga kini memang masih menunggu arahan dan sikap DPP PKS terhadap kabar duet Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar terhadap. Mengingat, wacana ini masih dalam tahap awal dan belum diresmikan.

"Intinya begini, karena kita belum dapat pengumuman langsung. Jikapun asumsi ini benar, maka dari keputusan DPP PKS sudah menyerahkan kepada pak Anies menentukan cawapres, maka kita masih pada poin itu," ucapnya.

2. DPW tegak lurus keputusan dan sikap DPP PKS

Kabar Duet Anies-Muhaimin, PKS Lampung: Kami Patuh Putusan MMSKetua DPW PKS Lampung, Ahmad Mufti Salim menyambut kedatangan Presiden PKS, Ahmad Syaikhu. (Instagram/mas.mufti).

Terlepas dari kabar kesepakatan politik duet Anies-Muhaimin tersebut, Mufti Salim menegaskan, DPW PKS Lampung akan selalu tegak lurus dengan keputusan dan sikap diambil oleh DPP PKS.

"Iya (di barisan Anies Baswedan), lebih tepatnya kami DPW ikut dengan keputusan DPP. Jika DPP masih tetap mengusung pak Anies, maka DPW Lampung akan tegak lurus dengan keputusan DPP tersebut," imbuh dia.

3. Minta dukungan masyarakat laksanakan Pemilu berjalan lancar

Kabar Duet Anies-Muhaimin, PKS Lampung: Kami Patuh Putusan MMSIlustrasi Pemilu (IDN Times/Mardya Shakti)

Mufti Salim menambahkan, PKS meminta semua pihak dan dukungan masyarakat untuk terus memastikan pelaksanaan Pemilu 2024 berjalan lancar.

"Kami memohon doa dan dukungan dari masyarakat Indonesia, agar Pemilu yang akan datang berjalan langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil dengan tetap menjaga persatuan dan keutuhan bangsa Indonesia," tandas calon legislatif DPR RI dari daerah pemilihan (Dapil) Lampung 2 tersebut.

Baca Juga: Ajak Milenial dan Gen Z Memilih di 2024, KPU Lampung Gandeng Selebgram

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya