Jemaah Haji Asal Lampung Hilang di Tanah Suci Sempat Unggah Status WA

Kemungkinan hilang bisa sengaja dan tidak disengaja

Bandar Lampung, IDN Times - Jemaah asal Kabupaten Lampung Utara, Endang Yunita Suryani sempat mengunggah status WhatsApp (WA) sesaat dinyatakan hilang di Tanah Suci tatkala rombongan hendak bertolak pulang ke Indonesia.

Endang Yunita Suryani merupakan jemaah tergabung kelompok terbang (Kloter) JKG 41, dengan nomor paspor E 0763288.

"Berdasarkan keterangan petugas kesehatan di sana, jemaah haji Endang sempat buat status, bunyi 'enak kalau punya keluarga di sini (Makkah, Arab Saudi) bisa main-main dan lainnya'," ujar Plh Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Lampung, Erwinto, Jumat (21/7/2023).

Baca Juga: Perlintasan Kecelakaan Kereta Vs Truk di Lampung Utara Kembali Normal

1. Kemungkinan hilangnya jemaah Endang karena sengaja dan tidak sengaja

Jemaah Haji Asal Lampung Hilang di Tanah Suci Sempat Unggah Status WASuasana Jemaah Haji di depan Ka'bah, Masjidil Haram, Makkah (IDN Times/Umi Kalsum)

Menurut Erwinto, kemungkinan hilangnya Endang Yunita Suryani terpisah dari rombongan jemaah haji dikarenakan betul-betul tertinggal karena tidak sengaja atau disengaja karena masih ingin menetap Tanah Suci.

"Mungkin saja alasannya mau jadi TKI atau modus apalah, tapi nanti kita tunggu informasi lebih jelasnya seperti apa dari petugas yang dari sana," ujarnya.

2. Baru terjadi pertama kali bagi rombongan asal Lampung

Jemaah Haji Asal Lampung Hilang di Tanah Suci Sempat Unggah Status WAIlustrasi/Suasana Masjid Nabawi, Madinah yang dipenuhi oleh Jamaah di tengah musim haji (IDN Times/Umi Kalsum)

Lebih lanjut Erwinto menyampaikan, peristiwa serupa baru terjadi pertama kali bagi rombongan asal Provinsi Lampung.

"Ini baru pertama kejadian. Kita sudah koordinasi dengan petugas di sana, untuk mencari informasi tentang jamaah haji kita ini," imbuh dia.

3. Sempat pamit hendak cari sinyal

Jemaah Haji Asal Lampung Hilang di Tanah Suci Sempat Unggah Status WAmakeuseof.com

Berdasarkan keterangan dari sang ibu, Erwinto menjelaskan, Endang Yunita Suryani sekitar pukul 09.00 WAS sempat pamit hendak mencari signal untuk mengakses ponselnya ke luar hotel rombongan jemaah.

Hingga pukul 14.00 WAS, Endang Yunita Suryani tidak kembali ke kamar, sehingga sang ibu melaporkan kejadian itu kepada kepala rombongan (Karom).

"Mendapat laporan itu, Karom menghubungi seluruh petugas, baik itu ketua Kloter maupun petugas kloter lainnya untuk sama-sama mencari Endang," tandasnya.

Baca Juga: Hendak Cari Sinyal, Jemaah Haji Lampung Utara Hilang di Tanah Suci

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya