Inspektorat Periksa 4 Petugas Disdukcapil yang Keroyok Warga

Disdukcapil langsung mutasi pegawai di bagian pelayanan

Bandar Lampung, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung melalui Inspektorat, memeriksa dugaan penganiayaan disertai pengeroyokan sejumlah oknum Petugas Pelayanan Disdukcapil Kota Bandar Lampung terhadap seorang warga.

Peristiwa itu dialami warga bernama Rendi Aditya (23), saat hendak mengurus perbaikan data Kartu Keluarga (KK) di Kantor Pelayanan Satu Atap Pemkot Bandar Lampung, Rabu (1/9/2021) kemarin.

"Iya kemarin ada empat orang, mereka terdiri dari 2 PNS dan 2 tenaga kontrak telah diperiksa oleh tim kami," ujar Kepala Inspektorat Kota Bandar Lampung M Umar, Sabtu (4/9/2021).

1. Langsung melakukan mutasi pegawai di bagian pelayanan

Inspektorat Periksa 4 Petugas Disdukcapil yang Keroyok WargaIlustrasi pengeroyokan (IDN Times/Sukma Shakti)

Seiring menunggu hasil pemeriksaan, Kepala Disdukcapil Kota Bandar Lampung Ahmad Zainuddin juga telah melakukan tindakan dengan melakukan mutasi secara internal.

"Tindakan itu dilakukan beliau terhadap seluruh petugas yang berada pada loket pelayanan," imbuhnya.

Terpisah, Zainuddin membenarkan mutasi internal terhadap pegawainya. Menurutnya, keputusan tersebut sebagai bentuk pembenahan di Disdukcapil Kota Bandar Lampung.

"Memang setelah kejadian kemarin semua pegawai yang bersentuhan langsung dengan masyarakat kita dipindah," kata Zainuddin.

Baca Juga: Ingin Urus KK, Pemuda Diduga Dianiaya Oknum Disdukcapil Bandar Lampung

2. Perbuatan para oknum tidak sesuai standar pelayanan

Inspektorat Periksa 4 Petugas Disdukcapil yang Keroyok WargaKasus dugaan penganiayaan disertai pengeroyokan dilakukan sejumlah oknum petugas Disdukcapil Kota Bandar Lampung (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Zainuddin mengungkapkan, dirinta sudah memanggil semua oknum yang diduga terlibat dalam pengeroyokan. Ia menegaskan, tindakan itu tidak sesuai deengan standar pelayanan Disdukcapil Kota Bandar Lampung.

"Kita beri teguran dan peringatan keras atas sikap mereka, sebab dalam pelayanan kepada warga masyarakat, kita selalu mengedepankan 3S (Senyum, Sapa, dan Salam)," ucap dia.

Baca Juga: Benahi SDM dan Sistem Kunci Utama Kadisdukcapil Zainuddin

3. Kepala Disdukcapil sampaikan permohonan maaf

Inspektorat Periksa 4 Petugas Disdukcapil yang Keroyok WargaKadis Dukcapil Kota Bandar Lampung, Ahmad Zainuddin (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Atas nama Pemkot Bandar Lampung, Zainuddin menyampaikan permohonan maaf jika proses pelayanan Disdukcapil masih belum sesuai dengan harapan masyarakat.

"Tapi yakin lah kami akan terus berbenah dan mengedepankan pelayanan terbaik untuk masyarakat, khususnya di Kota Bandar Lampung," ucapnta.

Zainuddin memastikan dinas di bawah kepimpinannya mendapatkan pelajaran berharga dan berharap tindakan serupa tak terulang di kemudian hari.

"Doakan kami dapat terus ikhlas menjalankan tugas sesuai tugas pokok dan fungsi masing-masing, khususnya dalam hal pelayanan," tandas Zainuddin.

Baca Juga: Disdukcapil Bandar Lampung Inovasi Layanan Baru Permen Manis, Sudah Tahu? 

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya