Comscore Tracker

Ini Layanan Unggulan Si Gajah Lamsel Digagas Polres Lampung Selatan

Gak perlu jauh-jauh deh sekarang ke Kalianda urus berkas

Lampung Selatan, IDN Times - Kapolres Lampung Selatan, AKBP Zaky Alkazar Nasution, resmi membuka kegiatan program Si Gajah Lamsel. Program itu diluncurkan di Desa Jati Mulyo, Kecamatan Jati Agung, Kabupaten Lampung Selatan, Senin (29/3/2021).

Zaky menjelaskan, program Si Gajah Lamsel merupakan program Polres Lampung Selatan menjangkau dan memberikan pelayanan terhadap masyarakat hingga ke pelosok-pelosok desa. Nantinya, program ini bisa melayani perpanjangan SIM, SKCK, hingga pengaduan masyarakat layaknya di markas kepolisian.

"Program ini sebagai awal langkah nyata kepolisian Lamsel, melalui program presisi sesuai gagasan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo," ujarnya.

1. Cakupan wilayah hukum Lampung Selatan jadi alasan dibentuknya program Si Gajah

Ini Layanan Unggulan Si Gajah Lamsel Digagas Polres Lampung SelatanLaunching Si Gajah Lamsel (IDN Times/Istimewa)

Zaky mengatakan, pembentukan program Si Gajah Lamsel, lantaran didasari cakupan wilayah hukum di Kabupaten Lampung Selatan cukup luas. Oleh karena itu, untuk sebagai masyarakat, kondisi ini menjadi kendala tertentu.

Pasalnya, mereka harus menempuh jarak yang jauh untuk mengurus keperluan pelayanan di Kepolisian Resor (Polres) Kalianda.

"Mengurus berbagai keperluan menyangkut kepengurusan kependudukan, memerlukan bukti otentik kepolisian. Dengan begitu, kami yang datang ke masyarakat untuk mempermudah pelayanan Polri, " imbuh Zaky.

Baca Juga: Gak Pakai Ribet, Cara dan Biaya Bikin SKCK di Polresta Bandar Lampung

2. Bisa mengurus berbagai macam pelayanan sama seperti di Polres Kalianda

Ini Layanan Unggulan Si Gajah Lamsel Digagas Polres Lampung SelatanIlustrasi pembuatan SIM. ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal

Program Si Gajah Lamsel, bakal memberikan pelayanan kepolisian secara mobile atau berkeliling ke setiap kecamatan di Kabupaten Lampung Selatan. Harapannya, masyarakat di kecamatan tersebut dapat terbantu mendapatkan layanan Kepolisian Lampung Selatan.

Zaky mengatakan, nantinya program ini bakal memberikan pelayanan seperti perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM), pengesahan STNK, SKCK, dan SPKT.

"Kita juga menerima pengaduan bagi masyarakat untuk siapa saja, yang merasa pelayanan Polri kurang baik dan itu bisa dilaporkan di Si Gajah Lamsel," ucap Zaky.

3. Kedepankan prinsip pelayanan bagi masyarakat

Ini Layanan Unggulan Si Gajah Lamsel Digagas Polres Lampung SelatanPeresmian Si Gajah Lamsel (IDN Times/Istimewa)

Zaky mengingatkan, program ini mengedepankan prinsip pelayanan bagi masyarakat Lamsel dan bentuk kepolisian dalam mendekatkan diri pada masyarakat.

Nantinya, Si Gajah Lamsel juga akan menjangkau wilayah Natar dan sekitarnya. Terkait pembagian jadwal kunjungan, Polres Lamsel akan segera menginformasikannya.

" Tidak perlu yang dari Kecamatan Natar ke sini (Jati Agung), nanti kami yang akan ke sana. Kalau mereka yang datang ke sini menghabiskan waktu dan tentunya membutuhkan biaya, untuk jadwal setiap harinya, nanti akan kami sebarkan mungkin dibantu media juga," papar Zaky.

4. Berharap Si Gajah Lamsel menyentuh seluruh kecamatan Lampung Selatan

Ini Layanan Unggulan Si Gajah Lamsel Digagas Polres Lampung SelatanWarga saat mengurus perpanjangan SIM di Si Gajah Lamsel (IDN Times/Istimewa)

Yunus, warga Kecamatan Jati Agung, Kabupaten Lamsel, mengapresiasi khusus program Si Gajah Lamsel. Ia berharap dapat berlanjut dengan jadwal yang telah diatur sedemikian rupa.

"Sehingga masyarakat dapat terlayani dengan mudah, tidak perlu jauh-jauh berkunjung ke Polres Kalianda, guna mendapatkan pelayanan Polri layaknya yang ia lakukan pada hari ini yaitu, perpanjang SIM. Proses perpanjangan SIM dibuat cukup mudah, tidak ramai atau memakan waktu lama dan biaya sama seperti mengurus di polres. Intinya lebih diringankan," paparnya.

Yunus berharap, program Si Gajah Lamsel dapat dijadwalkan ke seluruh kecamatan di kabupaten setempat. "Banyak masyarakat yang jauh, jadi kalau polisi yang datang masyarakat tidak jauh-jauh lagi datang," katanya.

Baca Juga: Kecelakaan Beruntun Empat Kendaraan di Natar, Sopir Truk Kabur

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya