Comscore Tracker

Hasil Tes DNA Diduga Bharaka Asep, Sempat Viral Terseret Tsunami Aceh

Tes DNA memiliki tingkat akurasi 99 persen

Bandar Lampung, IDN Times - Tim DVI (Disaster Victim Identification) Biddokes Polda Lampung membeberkan hasil tes DNA pria diduga Bharaka Zainal Abidin alias Asep kepada pihak keluarga.

Bharaka Asep merupakan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) yang sempat viral dan diduga hilang tersapu gelombang bencana tsunami saat tengah menjalankan tugas di Banda Aceh, Provinsi Aceh 2004 silam.

Kasubiddokpol Biddokes Polda Lampung, AKBP Legowo Hamijaya mengatakan, usai dua bulan menunggu hasil tes DNA tersebut, berdasarkan pemeriksaan garis keturunan ayah, ibu, tidak memiliki kecocokan kepada Bharaka Asep. "Jadi itu bukan Asep yang diduga awal merupakan pihak keluarga," katanya, Rabu (16/7/2021).

Baca Juga: Kapolda Lampung Bakal Pecat 2 Polisi Pemilik 100 Butir Ekstasi

1. Tes DNA memiliki tingkat akurasi tinggi hingga 99 persen

Hasil Tes DNA Diduga Bharaka Asep, Sempat Viral Terseret Tsunami Acehpexels.com/Edward Jenner

Legowo menyebut, hasil tes DNA itu didukung berupa data primer dan sekunder, yang berkaitan dengan terduga Bharaka Asep.

Selain itu, hasil tes DNA disampaikan kepada pihak keluarga memiliki tingkat akurasi tinggi mencapai 99 persen. "Kita pastikan hasil ini tidak mungkin ada human eror," imbuh dia.

Menurutnya, Tes DNA dilakukan 19-25 Maret 2021 di Laboratorium DNA Pusdokes Polri telah dilakukan sesuai dengan mekanisme dan prosedur yang berlaku.

"Sampel DNA yang kita ambil dari 3 orang terdekat diduga keluarga Bharaka Asep yaitu, terduga Paman Wahab, terduga kakak kandung Mahyudin, dan terduga adik kandung Syaiful," ujarnya.

2. Tes DNA melibatkan garis keturunan keluarga

Hasil Tes DNA Diduga Bharaka Asep, Sempat Viral Terseret Tsunami AcehFreepik

Dari ketiga terduga keluarga Bharaka Asep itu, Legowo menjelaskan pengujian tes DNA diambil dari sampel air liur dan rambut berdasarkan garis keturunan keluarga.

Usai mendapatkan hasilnya, ia memastikan tidak memiliki kecocokan, sehingga belum diketahui siapa keluarga kandung dari pria diduga sebagai Bharaka Asep.

"Keputusan ini sudah kita sampaikan, kita berharap hasilnya bisa sama-sama kita terima," tukas dia.

3. Pihak keluarga menerima keputusan

Hasil Tes DNA Diduga Bharaka Asep, Sempat Viral Terseret Tsunami AcehPenyerahan hasil tes DNA terduga Bharaka Asep (IDN Times/Istimewa)

Perwakilan keluarga Bharaka Asep, Hidarsel mengatakan, pihak keluarga menerima hasil tes itu, meski sejatinya mereka berharap dan meyakini hasil tes DNA diduga Bharaka Asep memiliki kecocokan.

"Ya itu sudah menjadi hasil resminya dari pihak kepolisian, mau gimana lagi," tukasnya.

Keyakinan itu bukan tanpa alasan, pasalnya secara kasat mata pria tersebut memiliki ciri fisik dengan Bharaka Asep. "Makanya, ini kita kumpulkan semua keluarga supaya bisa sama-sama mendengar hasilnya," tandas dia.

Baca Juga: Polda Lampung Mutasi 176 Personel, Ada Wakapolres dan Kasatlantas

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya