Comscore Tracker

Hari Pertama SKD CASN, 400 Peserta Formasi Pemkab Lamsel Tes di Itera

Jangan tergiur oknum janjikan diterima CASN ya! 

Bandar Lampung, IDN Times - Sebanyak 400 peserta dari total 2.106 CPNS dan 55 PPPK Non Guru pendaftaran Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) Kabupaten Lampung Selatan penerimaan tahun anggaran 2021 mengikuti hari pertama Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) di Institut Teknologi Sumatera (ITERA), Selasa (14/9/2021).

Rencananya, tes SKD CASN untuk formasi Kabupaten Lampung Selatan tersebut bakal berlangsung 14-16 September 2021.

“Tes SKD dilakukan bertahap, sesuai jadwal penerima untuk alokasi masing-masing kabupaten/kota se-Lampung. Hari ini dan dua hari ke depan, kita awali untuk Kabupaten Lamsel dan tes berlangsung sampai 25 Oktober,” ujar Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Lampung, Fahrizal Darminto, saat memantau tes di ITERA

1. Hanya peserta melampaui passing grade dan peringkat dinyatakan lolos

Hari Pertama SKD CASN, 400 Peserta Formasi Pemkab Lamsel Tes di IteraHari pertama tes SKD CASN 2021 di Itera (IDN Times/Istimewa)

Dalam pelaksanaannya, tes SKD ini masih sama meliputi mata ujian seperti tahun-tahun sebelumnya yaitu, Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Fahrizal mengatakan, masing-masing komponen diujikan tersebut memiliki nilai ambang batas atau passing grade. "Sesuai ketentuan, jadi peserta dinyatakan lulus itu hanya yang melampaui passing grade dan peringkatan di masing-masing formasi,” katanya.

Baca Juga: ITERA Siapkan 440 Unit Komputer Tes SKD CASN Lampung

2. Tes bisa disaksikan melalui chanel YouTube BKN

Hari Pertama SKD CASN, 400 Peserta Formasi Pemkab Lamsel Tes di IteraHari pertama tes SKD CASN 2021 di Itera (IDN Times/Istimewa)

Fahrizal menyampaikan, pelaksanaan tes penerima CASN sangat mengedepankan unsur transparansi, sehingga proses ini dapat dilihat secara langsung oleh masyarakat umum melalui chanel YouTube BKN.

"Ini jelas, kita ingin membuktikan bahwa tes berlangsung secara adil dan transparan," ucap dia.

3. Tiga fungsi utama ASN

Hari Pertama SKD CASN, 400 Peserta Formasi Pemkab Lamsel Tes di IteraIlustrasi sejumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) lingkup Pemprov DKI Jakarta berjalan memasuki ruang dinasnya saat hari pertama masuk kerja usai libur lebaran di Balai Kota, Jakarta, Senin (17/5/2021) (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Fahrizal turut mengucapkan terima kasih kepada para pelamar CASN. Itu karena telah antusias dan merasa bertanggung jawab sebagai warga negara, untuk mengabdi kepada negara demi meningkatkan pelayanan publik dalam hal mengisi pembangunan.

Menurutnya, hakikat seorang ASN berfungsi sebagai pelayan publik, pelaksana kebijakan publik, dan perekat pemersatu bangsa.

"Jadi dari tiga fungsi ini jelas, kalau ingin menjadi ASN niatnya harus luhur dan tulus menjadi pelayan publik," tegas dia.

4. Peserta tidak perlu khawatir terhadap aksi kecurangan

Hari Pertama SKD CASN, 400 Peserta Formasi Pemkab Lamsel Tes di IteraHari pertama tes SKD CASN 2021 di Itera (IDN Times/Istimewa)

Fahrizal mengingatkan, Pemerintah Provinsi Lampung membuka formasi untuk kaum disabilitas dan cumlaude. Hal ini membuktikan, pemerintah daerah sangat mengharapkan putra-putri terbaik bangsa untuk melaksanakan tanggung jawabnya sebagai warga negara menjadi pelayan publik.

Di tengah pelaksanaan tes yang sangat mengedepankan transparansi, akuntabel, dan dapat dipertanggung jawabkan ini, maka peserta tidak perlu khawatir terhadap kecurangan-kecurangan dalam pelaksaan proses seleksi.

"Jika ada saudara, tetangga atau orang lain yang dapat menjanjikan atau mengiming-imingi memberikan jalan supaya lulus agar jangan dipercaya, karena itu adalah sebuah tindak penipuan," tandas dia.

Baca Juga: Tes SKD CASN Lampung Resmi Dimulai di ITERA, Formasi Lamsel Pertama

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya