Comscore Tracker

Gubernur Arinal Klaim Lampung Penyumbang Kopi Terbesar Kedua Indonesia

Peluang sekaligus tantangan

Bandar Lampung, IDN Times - Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menyebut provinsi setempat merupakan penyumbang produksi kopi terbesar kedua di Indonesia sepanjang 2021 yaitu, sebesar 118.000 ton.

Klaim tersebut berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), dari total produksi kopi di Indonesia pada 2021 sebesar 774.600 ton dan 118.000 ton di antaranya adalah kontribusi dihasilkan provinsi berjuluk Sai Bumi Ruwa Jurai.

"Pengembangan komoditas kopi di Lampung menjadi tanggung jawab bersama. Untuk itu, mari pemerintah, petani, pengusaha bersinergi menjadikan robusta Lampung membangun negeri," ujarnya saat membuka Kick Off Kopi Lampung Begawi 2022 di Gedung Graha Wangsa Bandar Lampung, Kota Bandar Lampung, Selasa (4/10/2022).

Baca Juga: 7 Merek Kopi Asli Lampung, Enak dan Terkenal!

1. Peluang dan tantangan produksi kopi untuk Lampung

Gubernur Arinal Klaim Lampung Penyumbang Kopi Terbesar Kedua IndonesiaGubernur Lampung Arinal Djunaidi menyebut provinsi setempat merupakan penyumbang produksi kopi terbesar kedua di Indonesia sepanjang 2021, 118 ribu ton. (IDN Times/Istimewa)

Arinal melanjutkan, Kopi Lampung Begawi 2022, menjadi salah satu bentuk upaya Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung untuk membangkitkan kreativitas dan inovasi para pelaku usaha kopi di wilayah setempat.

"Kegiatan ini sekaligus memperluas pasar dalam negeri dan mendorong petani serta industri kecil menengah untuk menghasilkan produk yang berkualitas," ucapnya.

Menurut gubernur, konsumsi kopi dalam negeri diprediksi kian tahun akan terus meningkat, seiring semakin luasnya segmen pasar kopi di Indonesia. Kondisi itu menjadi peluang, sekaligus tantangan bagi Lampung selaku salah satu provinsi penghasil kopi terbesar di Tanah Air.

"Bagaimana disektor hulu para petani kopi dapat meningkatkan produktivitas, sekaligus kualitas hasil panennya sehingga dapat memenuhi permintaan pasar," sambung dia.

2. Upaya menjadi tuan rumah bagi pelaku industri kopi

Gubernur Arinal Klaim Lampung Penyumbang Kopi Terbesar Kedua IndonesiaGubernur Lampung, Arinal Djunaidi. (IDN Times/Istimewa)

Lebih lanjut Arinal juga menyampaikan, tantangan lain dalam dunia kopi yaitu, bagaimana Provinsi Lampung siap untuk menjadi tuan rumah bagi para pelaku industri kopi. Sehingga industri besar dan kecil menengah dapat terus tumbuh, saling mengisi dan melengkapi permintaan para konsumen kopi.

Melalui Kopi Lampung Begawi 2022, ia pun berharap para pelaku usaha kopi di Lampung, mulai dari petani, industri kecil, dan menengah (IKM), industri besar, dan eksportir dapat mengambil manfaat dan menangkap peluang dari pelaksanaan kegiatan tahunan tersebut.

"Marilah kita berkerja sama, bersinergi, bahu membahu berbuat yang terbaik untuk kemajuan dan kemakmuran kita bersama menuju Rakyat Lampung Berjaya," kata Arinal.

3. Tuntut hasilkan biji kopi berkualitas dan berdaya saing

Gubernur Arinal Klaim Lampung Penyumbang Kopi Terbesar Kedua IndonesiaGubernur Lampung Arinal Djunaidi menyebut provinsi setempat merupakan penyumbang produksi kopi terbesar kedua di Indonesia sepanjang 2021, 118 ribu ton. (IDN Times/Istimewa)

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Lampung, Elvira Umihanni mengatakan, melalui Kopi Lampung Begawi 2022 diharapkan mampu membangkitkan kreativitas dan inovasi dari para pelaku usaha kopi.

Selain itu, dari kegiatan juga digadang-gadang mendorong petani kopi dan IKM kopi Lampung, untuk menghasilkan produk biji kopi berkualitas dan berdaya saing di pasaran.

"Ini salah satu upaya kita bersama, untuk mengenalkan produk robusta Lampung dipasar nasional, khususnya wilayah Jabodetabek sekaligus memperluas pasar dalam negeri," tandas Elvira

Baca Juga: BPS: Periode 2011-2021 Nilai Ekspor Lampung Lebih Tinggi dari Impor

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya