Fokus Utama Lampung Tekan Kasus COVID-19, Jaga Lansia Tetap Sehat

Gencar mengajak vaksinasi COVID-19 kaum lansia

Bandar Lampung, IDN Times - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Lampung, Reihana menyebut, salah satu fokus utama menekan mata rantai penularan virus COVID-19 adalah menjaga lansia agar tetap sehat. Caranya, gencar melakukan sosialisasi dan mengajak masyarakat, khususnya lansia guna melakukan program vaksinasi COVID-19.

"Sudah ada perintah kita harus mengejar lansia terutama dalam pelaksanaan vaksinasi," ujar Reihana, Minggu (24/4/2021).

1. Koordinasi bersama kabupaten/kota masalah penanganan lansia

Fokus Utama Lampung Tekan Kasus COVID-19, Jaga Lansia Tetap SehatDialog Interaktif Pemprov Lampung (IDN Times/Istimewa)

Dinkes Provinsi Lampung juga bakal terus melakukan koordinasi berama kabupaten/kota seperti masalah penanganan lansia. Khususnya di Rumah Panti Jompo dan Pos Binaan Terpadu (Posbindu).

"Panti jompo harus diperhatikan karena lansia di sana perlu sehat dan Posbindu karena yang datang adalah lansia, termasuk yang mempunyai penyakit penyerta (Komorbid) dan jika ada Komorbid harus segera kita intervensi," ucap Reihana.

Baca Juga: Satgas COVID-19 Terbitkan Addendum, Eva Dwiana Revisi SE Larangan Mudik

2. Penguatan sistem koordinasi dan komunikasi kunci sukses penanganan virus COVID-19

Fokus Utama Lampung Tekan Kasus COVID-19, Jaga Lansia Tetap SehatPexels.com/mentatdgt

Pernyataan itu, turut diamini Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, ia menambahkan, penguatan sistem koordinasi dan komunikasi merupakan salah satu kunci sukses penekanan angka hingga penanganan virus COVID-19.

Oleh karenanya hal ini tidak hanya menjadi tanggungjawab gubernur ataupun wakil gubernur Provinsi Lampung, melainkan urusan bersama. "Kita semua, baik bupati/wali kota, TNI, Polri, tokoh agama, pengusaha, dan instansi terkait lainnya," kata Arinal.

Pekan ini, ia akan kembali mengundang seluruh bupati/wali kota Provinsi Lampung, untuk kembali memperkuat komitmen penanganan virus COVID-19, sekaligus menindaklanjuti sesuai arahan pemerintah pusat. "Kita akan kembali tegaskan, jangan sampai kita lengah dan lalai," pungkas Arinal.

3. Pengetatan pengawasan di tingkat desa, salah satu upaya menekan angka penularan virus COVID-19

Fokus Utama Lampung Tekan Kasus COVID-19, Jaga Lansia Tetap Sehat(Ilustrasi desa) ANTARA FOTO/Jojon

Salah satu upaya harus dilakukan menekan angka penularan virus COVID-19 ialah, melakukan pengetatan pengawasan hingga di tingkat desa-desa Provinsi Lampung. "Nanti saya juga akan tegaskan itu, kepada bupati/wali kota," imbuh Arinal.

Tak lupa, orang nomor satu di Provinsi Lampung tersebut turut menyampaikan apresiasi, kepada seluruh jajaran kesehatan yang terus berupaya keras menjadi garda terdepan masalah penanganan virus COVID-19.

"Mari kembali kita merapatkan barisan untuk turun bersama. Mari terus bekerja tanpa mengenal hari, agar virus COVID-19 segara hilang. Khususnya di Provinsi Lampung," tandas Arinal.

Baca Juga: Pertama Kalinya Lampung Masuk PPKM Mikro, Kasus COVID-19 Meningkat?

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya