Evaluasi Libur Nataru, Dishub Lampung: Tidak Ada Antrean Kendaraan

Pelabuhan Bakauheni lenggang dan nyaman

Intinya Sih...

  • Dishub Provinsi Lampung memastikan evaluasi arus mudik dan balik Nataru 2023/2024 lancar tanpa penumpukan kendaraan di Pelabuhan Bakauheni.
  • Penerapan kebijakan ASPD terkait radius pembatasan aksesibilitas pembelian tiket Ferry secara online mendukung kelancaran arus kendaraan di Pelabuhan Bakauheni.
  • Penyeberangan alternatif melalui Pelabuhan Bakauheni - Ciwandan dan rute Panjang - Ciwandan tidak diterapkan, namun pengoperasionalan Dermaga Eksekutif 2 memberikan opsi tambahan penyeberangan bagi masyarakat.

Bandar Lampung, IDN Times - Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Lampung memastikan evaluasi selama arus mudik maupun balik Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023/2024 tidak ada penumpukan atau antrean kendaraan. Terutama di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan.

Kadishub Provinsi Lampung, Bambang Sumbogo mengatakan, keberhasilan itu didukung penerapan kebijakan ASPD terkait radius pembatasan aksesibilitas pembelian tiket Ferry secara online.

"Kalau saya lihat, evaluasinya kemarin baik arus mudik maupun balik tidak ada antrean di Bakauheni, ada antrean normal tapi ketika naik kapal saja. Alhamdulillah, konsep ini akan kita pakai terus," ujarnya saat dimintai keterangan, Kamis (4/1/2023).

Baca Juga: CEK FAKTA: Pemprov Lampung akan Bangun Lima Pelabuhan Baru

1. Kondisi Pelabuhan Bakauheni lenggang dan nyaman

Evaluasi Libur Nataru, Dishub Lampung: Tidak Ada Antrean KendaraanKepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Provinsi Lampung, Bambang Sumbogo. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Bambang mengatakan, berkat penerapan kebijakan tersebut setiap kendaraan memasuk area Pelabuhan Bakauheni sudah melalui skrining dan tertempel stiker. Artinya, kendaraan-kendaraan itu telah mengantongi tiket penyeberangan.

Alhasil, pihaknya bersama ASDP sama sekali tidak menjumpai penumpukan kendaraan hingga kondisi dan situasi Pelabuhan Bakauheni tergolong cukup lenggang. "Seperti 1 Januari sampai malam tanggal 2 Januari, betul-betul di Bakauheni sudang lenggang. Bakauheni kemarin kondisinya sangat nyaman," ucapnya.

2. Optimalisasi Pelabuhan Bakauheni-Merak berjalan lancar

Evaluasi Libur Nataru, Dishub Lampung: Tidak Ada Antrean KendaraanSuasana arus mudik Dermaga Eksekutif Pelabuhan Bakauheni, Rabu (19/4/2023). (IDN Times Lampung/Martin L Tobing).

Seiring dengan kondisi tersebut, Bambang membeberkan sederet rencana penyeberangan alternatif dengan memanfaatkan Pelabuhan Bakauheni - Ciwandan, hingga rute Panjang - Ciwandan tidak diterapkan.

"Pemanfaatan kalau emergency, tapi kemarin melalui penyeberangan Bakauheni - Merak saja dengan optimalisasi ini sudah cukup," katanya.

3. Pengoperasian Dermaga Eksekutif 2 memungkinkan tetap dilanjut

Evaluasi Libur Nataru, Dishub Lampung: Tidak Ada Antrean KendaraanPenampakan Dermaga Eksekutif di Pelabuhan Bakauheni. (IDN Times/Istimewa).

Bambang melanjutkan, keberhasilan pengaturan arus lalu lintas selama Nataru di Pelabuhan Bakauheni juga didukung dimulainya pengoperasionalan Dermaga Eksekutif 2, hingga masyarakat memiliki tambahan opsi penyeberangan.

Meski baru dioperasikan pada masa Nataru ini, dikatakan animo maupun antusiasme masyarakat mengakses Dermaga Eksekutif 2 terbilang cukup tinggi.

"Kita tunggu kebijakan dari pak Dirjen (tetap dioperasikan Dermaga Eksekutif 2 pasca Nataru). Tapi saya pikir ini efektif kenapa tidak, tinggal hanya menunggu kapalnya saja," tandas eks Pj Bupati Pesisir Barat tersebut.

Baca Juga: YKWS Minta Warga Tak Pilih Caleg Lakukan Tree Spiking APK

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya