Eksekusi Lahan PT BSA, 7 Warga Lampung Tengah Bawa Sajam Diamankan

1.500 personel gabungan dikerahkan

Lampung Tengah, IDN Times - Eksekusi lahan perkebunan PT Bumi Sentosa Abadi (BSA) di Kampung Negara Aji Tua, Kecamatan Anak Tuha, Kabupaten Lampung Tengah sempat diwarnai gesekan antara petugas dengan kelompok warga menduduki lahan setempat.

Pantauan IDN Times, puluhan warga tersebar di sejumlah titik lahan setempat, beberapa di antaranya melengkapi diri dengan senjata tajam (sajam) langsung diamankan petugas gabungan teridiri dari TNI-Polri hingga Satpol PP.

Terlihat pula, sejumlah alat berat milik PT BSA semisal mesin bajak hingga traktor sudah melakukan kegiatan penggarapan lahan perusahaan.

Baca Juga: KPPU Dalami Pengadaan Perbaikan 17 Ruas Jalan Rp814 Miliar di Lampung

1. Masyarakat diamankan bawa sajam hingga halangi kegiatan eksekusi

Eksekusi Lahan PT BSA, 7 Warga Lampung Tengah Bawa Sajam DiamankanKapolres Lampung Tengah, AKBP Andik Purnomo Sigit saat dimintai keterangan, Kamis (21/9/2023). (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Menanggapi eksekusi lahan tersebut, Kapolres Lampung Tengah, AKBP Andik Purnomo Sigit mengamini sejumlah masyarakat bersenjata tajam hingga menghalang-halangi kegiatan perusahaan tersebut telah diamankan dan dibawa ke Mapolres setempat.

Kendati demikian, kegiatan eksekusi lahan tersebut kini sudah berjalan lancar dan tertib, sehingga pihak perusahaan kini sudah dapat melakukan pengolahan alias penggarapan lahan akan dijadikan perkebunan sawit.

"Alhamdulillah sampai dengan saat ini, kegiatan eksekusi berjalan lancar dan tertib. Terkait di lapangan, kami ssudanedang mengawasi anggota sedemikian rupa hingga anggota diawasi masing-masing komandannya dan tidak bersenjata, karena kami mengedepankan persuasif," terang Andik.

2. Tempatkan 1.500 lebih personel gabungan

Eksekusi Lahan PT BSA, 7 Warga Lampung Tengah Bawa Sajam DiamankanEksekusi lahan perkebunan PT Bumi Sentosa Abadi (BSA) di Kampung Negara Aji Tua, Kecamatan Anak Tuha, Kabupaten Lampung Tengah, Kamis (21/9/2023). (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Dikatakan Andik, petugas gabungan sudah mengamankan sebanyak 7 warga yang kini masih menjalani pemeriksaan lebih lanjut di Mapolres Lampung Tengah. Termasuk menyita sejumlah sajam hingga handphone milik terduga pelaku.

"Mengenai pasal diduga akan disampaikan selanjutnya, kalaupun mereka tidak terkait dan kooperatif, kami tentu akan melepaskan mereka," imbuh kapolres.

Selain itu, pihaknya kini masih menempatkan sebanyak 1.500 lebih personel untuk terus memastikan keamanan dan ketertiban di lahan setempat. "Kita menurunkan personel gabungan TNI-Polri, Satpol PP, dan Brimob," tambah dia.

3. Imbau masyarakat tak terprovokasi dan petugas bersikap persuasif

Eksekusi Lahan PT BSA, 7 Warga Lampung Tengah Bawa Sajam DiamankanEksekusi lahan perkebunan PT Bumi Sentosa Abadi (BSA) di Kampung Negara Aji Tua, Kecamatan Anak Tuha, Kabupaten Lampung Tengah, Kamis (21/9/2023). (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Andik menambahkan, pihaknya bersama Forkopimda setempat mengimbau para masyarakat tidak terprovokasi dan mudah menerima kabar-kabar hoaks di lapangan, hingga menciptakan kondisi tidak kondusif dalam pelaksanaan proses eksekusi.

Termasuk terus meminta para personel gabungan bersikap persuasif dan kooperatif dengan masyarakat setempat, serta membuka dan menfasilitasi sarana komunikasi bersama perusahaan dan Forkopimda.

"Polisi di sini adalah pengayom, pelindung masyarakat, kami tidak akan berbenturan dengan masyarakat. Kegiatan kami bersifat kooperatif dan persuasif, serta mengedepankan komunikatif," tandas kapolres.

Baca Juga: Antisipasi Bentrok, Ratusan Personel Dikerahkan Eksekusi Lahan PT BSA

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya