Efektif Tekan Kecelakaan, HK Gelar Operasi Microsleep di Tol Terpeka

Titik operasi di Rest Area KM 208 Ruas Tol Terpeka

Tulang Bawang, IDN Times - PT Hutama Karya (Persero) berhasil menekan angka kecelakaan hingga 40 persen di Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) berkolaborasi dengan aparat kepolisian, itu melalui gelaran kegiatan Operasi Microsleep.

Operasi tersebut kembali digelar Hutama Karya di Rest Area KM 208 ruas tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (Terpeka), Sabtu (29/10/2022) mulai pukul 23.00 WIB hingga selesai.

"Penurunan fatalitas dampak kecelakaan mencapai sekitar 40 persen, karena 60 persen kejadian kecelakaan disebabkan oleh faktor manusia dan 80 persen di antaranya dikarenakan pengemudi mengantuk," ujar Branch Manager PT Hutama Karya Ruas Tol Terpeka, Yoni Satyo Wisnuwardhono saat dimintai keterangan.

Baca Juga: HK Pastikan Kendaraan ODOL Masuk Ruas Tol Bakter Lampung Diputarbalik

1. Sampaikan kampanye keselamatan bertajuk 'SETUJU'

Efektif Tekan Kecelakaan, HK Gelar Operasi Microsleep di Tol TerpekaBranch Manager PT Hutama Karya Ruas Tol Terpeka, Yoni Satyo Wisnuwardhono saat dimintai keterangan awak media. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Melalui kegiatan terbilang amat efektif tersebut, Yoni menyampaikan, pihaknya turut menggalakkan kampanye keselamatan berkendara bertajuk 'SETUJU' alias Selamat Sampai Tujuan, dimana didalamnya menyampaikan 5 poin penting dalam berkendara di jalan tol.

Mulai dari setuju keselamatan adalah nomor satu, setuju menurunkan fatalitas kecelakaan di jalan tol, setuju untuk tertib kecepatan berkendara di jalan tol, setuju tertib berkendara di jalan tol, dan setuju tertib over dimensi menuju zero over load di jalan tol. 

"Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menurunkan tingkat kecelakaan, maupun tingkatkan fatalitas korban terjadi di jalan tol," kata Yoni.

2. Dilakukan pengecekan lampu belakang kendaraan

Efektif Tekan Kecelakaan, HK Gelar Operasi Microsleep di Tol TerpekaOperasi Microsleep digelar Hutama Karya di Rest Area KM 208 ruas tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (Terpeka), Sabtu (29/10/2022) mulai pukul 23.00 WIB hingga selesai. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Lebih lanjut Yoni menyampaikan, kegiatan operasi turut diselingi pengecekan kendaraan hingga bagi-bagi minuman kopi dan makanan ringan kepada para pengguna jalan tol Sumatera tersebut digelar secara rutin satu kali dalam 2 minggu.

Selain mengingatkan agar pengemudi agar tidak mengantuk, pihaknya diketahui turut mengecek kondisi lampu belakang kendaraan guna memastikan terhindar dari kecelakaan tabrak belakang.

"Bila ditemukan lampu belakang mati atau kotor, akan kita tambahkan stiker pemantul cahaya di belakang kendaraan," katanya.

3. Pastikan tilang elektronik tetap berlaku di jalan tol

Efektif Tekan Kecelakaan, HK Gelar Operasi Microsleep di Tol TerpekaOperasi Microsleep digelar Hutama Karya di Rest Area KM 208 ruas tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (Terpeka), Sabtu (29/10/2022) mulai pukul 23.00 WIB hingga selesai. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Kepala PJR Induk Simpang Pematang Ditlantas Polda Lampung, Iptu Damean menambahkan, para pengguna jalan agar terus berhati-hati dan meningkatkan keselamatan selama berkendara di jalan tol. Meskipun tilang manual tidak dilaksanakan, pihaknya telah menyiapkan kamera pantau tilang elektronik alias ETLE di beberapa titik.

"Di sini kami mengecek penumpang tidak mengenakan sabuk pengaman, untuk ditegur agar kembali digunakan. Kami juga ingatkan tertib berkendara lainnya seperti maksimal batas kecepatan dan lain-lain," tandas dia.

Baca Juga: Kecelakaan Truk Vs Truk di Tol Terpeka Lampung, Satu Luka Berat

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya