Comscore Tracker

Dua Kandidat Bertarung Ketat jadi Ketua DPD Demokrat Lampung

Mantan Gubernur Lampung, Ridho Ficardo kembali maju

Bandar Lampung, IDN Times - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Provinsi Lampung resmi menggelar Musyawarah Daerah (Musda) ke-5 di Sheraton Lampung Hotel, Kota Bandar Lampung, Senin (25/10/2021). Kegiatan itu dibuka langsung oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP Demokrat, Teuku Riefky Harsya via virtual.

Musda ini turut dihadiri sang Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) secara daring dan petinggi partai di Lampung seperti Wakil Ketua DPD, Raden Muhammad Ismail,  Hanifal, Nero Koenang; dan Sekretaris DPD Julian Manaf, serta sejumlah kader partai lainnya.

Bukan hanya itu, 15 Ketua DPC Partai Demokrat kabupaten/kota se-Provinsi Lampung, sebagai peserta Musda turut menghadiri agenda pemilihan Ketua DPD Partai Demokrat Lampung periode 2021-2026 tersebut. Merek di antaranya Ketua DPC Demokrat Bandar Lampung, Budiman AS; Ketua DPC Lampung Selatan, Agus Revolusi; Ketua DPC Pringsewu, Juwita; Ketua DPC Lampung Timur, Yandri Nazir dan lain-lainnya.

1. Musda V DPD Partai Demokrat Lampung diikuti 2 kandidat

Dua Kandidat Bertarung Ketat jadi Ketua DPD Demokrat LampungDPD Partai Demokrat Provinsi Lampung resmi menggelar Musyawarah Daerah (Musda) ke-5 di Sheraton Lampung Hotel. (IDN Times/Istimewa)

Dalam periode pemilihan ini, Ketua Umum DPP Demokrat, AHY menyampaikan, hanya ada dua kandidat bakal maju pada bursa pemilihan Ketua DPD Partai Demokrat Lampung masa 2021-2026.

"Berdasarkan hasil verifikasi BPOKK (Badan Pembinaan Organisasi Kaderisasi dan Keanggotaan), ada dua calon yaitu, M Ridho Ficardo dan Edi Irawan Arief," ujar dia, saat memberikan sambutan via virtual.

Oleh karena itu, ia pun berharap, keduanya bisa bertarung secara sportif, menyampaikan visi, misi serta program kerja secara bbaik. Itu bila nantinya salah satu dari kedua calon Ketua DPD tersebut terpilih.

"Tentu kami DPP, khususnya saya sangat berharap agar Ketua DPC terpilih dapat pakai hak suara dengan baik dikemudian hari," imbuh AHY.

2. Ketua DPD harus mampu kembali menyatukan para kader

Dua Kandidat Bertarung Ketat jadi Ketua DPD Demokrat LampungDPD Partai Demokrat Provinsi Lampung resmi menggelar Musyawarah Daerah (Musda) ke-5 di Sheraton Lampung Hotel. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Putra sulung mantan Presiden RI ke-6 ini juga menyampaikan, dinamika pelaksanaan Musda merupakan hal wajar dan biasa terjadi di tiap daerah. Namun akhirnya, Ketua DPD harus mampu kembali menyatukan seluruh kader dan bukan memecah belah.

"Bagaimana Musda ini diharapkan bisa membawa Partau Demokrat kembali jaya dan suskes di masa depan dan memperkuat konsolidasi," kata AHY.

Menurutnya, seluruh kader Demokrat Lampung berada di ranah legislatif juga harus mampu dekat dengan masyarakat, mengetahui keluhan, dan membantu masyarakat

"Kita harus bisa membantu UMKM terpukul, anak putus sekolah dan lain-lainnya. Demokrat harus aktif di tengah masyarakat, khususnya Provinsi Lampung," sambung AHY.

3. DPD Demokrat Lampung loyal terhadap kepemimpinan Ketum AHY

Dua Kandidat Bertarung Ketat jadi Ketua DPD Demokrat LampungDPD Partai Demokrat Provinsi Lampung resmi menggelar Musyawarah Daerah (Musda) ke-5 di Sheraton Lampung Hotel. (IDN Times/Istimewa)

Ketua DPD Demokrat Lampung, Ridho Ficardo menegaskan, Musda V harus berjalan aman dan kondusif. Menurut dia, perbedaan pandangan di negeri menganut sistem demokrasi merupakan hal biasa dan harus dijadikan kekuatan untuk Partai Demokrat Lampung, agar terus solid di kemudian hari.

"Saya tekankan Musda ini harus berjalan damai dan kondusif, kita tentu berbeda-beda pandangan dan itu hal biasa, bukan menjadi keretakan tapi harus lebih solid ke depan," kata Ridho. 

Mantan Gubernur Lampung ini juga menegaskan, DPD Demokrat Lampung bakal tetap loyal kepada kepemimpinan partai Ketum AHY. Itu pasc mengalami konflik internal dengan Kubu KLB Moeldoko. "Ini adalah komitmen kami DPD Lampung kepada Ketum AHY," tandas Ridho.

Baca Juga: DPR Minta Kejati Lampung Selidiki Temuan Dugaan Suap Jaksa

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya