Dirjen P2P Kemenkes: Virus COVID-19 Varian Delta Masuk Lampung

BOR rumah sakit Bandar Lampung 80 persen

Bandar Lampung, IDN Times - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI memastikan virus COVID-19 varian Delta asal India terdeteksi menyebar ke sejumlah daerah di luar Pulau Jawa. Itu termasuk ke Provinsi Lampung.

Menkes RI, Budi Gunadi Sadikin menyampaikan, sebaran tersebar varian Delta tersebar ke-11 daerah di luar Pulau Jawa. Itu meliputi lima daerah di Pulau Sumatera, dua di Kalimantan, dua di Sulawesi, satu di Nusa Tenggara, dan satu di Papua.

"Di antaranya Lampung, Kalimantan Timur, Sumatera Selatan, Papua Barat, Kepulauan Riau, dan Bengkulu. Sekarang sudah masuk di radarnya kita, kalau kita amati penyebaran dan laju peningkatannya. Ini ciri-ciri dari varian mutasi Delta," ujar Budi, dalam Rapat Kerja dengan Komisi IX DPR secara daring, Selasa (13/7/2021) kemarin.

1. Kemenkes pastikan varian Delta masuk Provinsi Lampung

Dirjen P2P Kemenkes: Virus COVID-19 Varian Delta Masuk LampungPetugas memeriksa Health Alert Card atau Kartu Kewaspadaan Kesehatan penumpang di Terminal Kedatangan Internasional Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, Senin (2/3/2020) (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/ama)

Plt Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (Dirjen P2P) Kemenkes RI, dr. Maxi Rein Rondunuwu ikut membenarkan, terkait pernyataan Menkes Budi tersebut. Itu berdasarkan hasil pemeriksaan dari laboratorium Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Litbangkes) melalui mekanisme genome sequencing COVID-19.

"Untuk ini pemeriksaan ini kita mengerahkan 14 laboratorium di Indonesia, termasuk Litbang di Jakarta milik perwakilan swasta," kata dia, saat dikonfirmasi IDN Times, Rabu (14/7/2021).

Disinggung terkait peta sebaran varian Delta di Provinsi Lampung, Maxi menyebut, belum tahu persis. Itu lantaran harus disampaikan melalui data.

"Data lengkapnya di Litbang, yang jelas itu (varian Delta) ada di beberapa daerah, dari ribuan sampel yang dilakukan sekuensing ditemukan 400 sampel lebih dengan hasil positif," sambung Maxi.

2. Masih menunggu hasil WGS

Dirjen P2P Kemenkes: Virus COVID-19 Varian Delta Masuk LampungMongabay.co.id

Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Provinsi Lampung, Reihana mengatakan, untuk memastikan hal tersebut, pihaknya pun masih menunggu Whole Genome Sequencing (WGS) atau sample hasil swab pasien di Lampung.

"Sekarang ini, kita belum mendapatkan informasi adanya mutasi COVID-19 yang masuk Lampung," imbuh dia.

Menurutnya, data WGS sangat penting sehingga mampu memetakan sebaran varian Delta di Provinsi Lampung. "Kita berpegang dengan WGS, jadi hasilnya kita tunggu saja," lanjut Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Lampung.

3. PPKM Darurat bagian antisipasi persebaran COVID-19

Dirjen P2P Kemenkes: Virus COVID-19 Varian Delta Masuk LampungSuasana Kota Bandar Lampung di masa PPKM Darurat (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Sekretaris Daerah Provinsi Lampung, Fahrizal Darminto turut menyoroti, penerapan PPKM darurat diperluas di 15 kabupaten/kota di luar Jawa-Bali per 12 Juli 2021 kemarin. Itu dilihat dari assessment yang telah mencapai level 4 yaitu, jumlah ketersediaan tempat tidur (BOR) yang lebih dari 65 persen, capaian vaksinasi kurang dari 50 persen, dan kasus aktif yang meningkat secara signifikan.

Dengan terjadinya peningkatan sejumlah indikator tersebut, maka pemerintah mengambil langkah antisipatif memperluas PPKM Darurat, guna menekan laju penyebaran penularan COVID-19.

"Awalnya kita dinilai berhasil dalam hal pengendalian COVID-19. Namun, karena letak geografis Lampung sebagai perlintasan arus mudik/balik saat lebaran kemarin, terjadi peningkatan kasus yang cukup signifikan,"kata dia.

Baca Juga: 34 Kasus Kematian di Lampung Hari Ini, 7 Jurnalis Terpapar COVID-19

4. Upaya menekan mobilitas masyarakat

Dirjen P2P Kemenkes: Virus COVID-19 Varian Delta Masuk LampungWarga beraktivitas menggunakan masker di kawasan Bunderan Hotel Indonesia, Jakarta, Senin (2/3/2020) (ANTARA FOTO/Galih Pradipta/ama)

Fahrizal menyampaikan, per 12 Juli kemarin regulasi PPKM Darurat sudah diberlakukan di Lampung antara lain kantor-kantor non esensial/kritikal ditutup, penyekatan ruas jalan yang menuju/keluar Kota Bandar Lampung dan sejumlah jalan protokol guna menekan mobilitas masyarakat.

Menurutnya, BOR di rumah sakit Kota Bandar Lampung per 12 Juli sudah lebih dari 80 persen. Untuk itu, pemerintah mengimbau bagi masyarakat yang terkonfirmasi positif, agar melakukan isolasi mandiri.

"Itu dilakukan bila tidak memerlukan perawatan intensif, dengan tetap dilakukan monitoring oleh tenaga kesehatan," ucap dia.

5. Harapkan partisipasi masyarakat

Dirjen P2P Kemenkes: Virus COVID-19 Varian Delta Masuk LampungWarga beraktivitas menggunakan masker di kawasan Bunderan Hotel Indonesia, Jakarta, Senin (2/3/2020) (ANTARA FOTO/Galih Pradipta/ama)

Terkait sosialisasi pemberlakuan PPKM Darurat pada masyarakat, Fahrizal menyampaikan, 11 Juli 2021 Gubernur Lampung telah mengeluarkan instruksi kepada Walikota Bandar Lampung, untuk menerapkan kaidah dan ketentuan yang dimaksud dalam Instruksi Mendagri Nomor 20 Tahun 2021.

Selain itu, menurutnya berhasil atau tidak PPKM Darurat, sangat tergantung dari partisipasi masyarakat yang juga berperan aktif.

"Kita harus terus menggaungkan imbauan-imbauan dan sosialisasi," tandas Fahrizal.

6. Sebaran kasus COVID-19 di Lampung

Dirjen P2P Kemenkes: Virus COVID-19 Varian Delta Masuk Lampunggoogle.com

Berdasarkan catatan Dinkes Provinsi Lampung, Rabu (14/7/2021) tercatat ada 320 temuan kasus baru. Total kumulatif positif COVID-19 di Provinsi Lampung sampai hari ini 26.115 kasus.

Dari total kumulatif kasus terkonfirmasi positif, sebanyak 20.987 pasien dinyatakan sembuh. Di sisi lain kasus kematian di Lampung terus meningkat.

Data hari ini menunjukkan, ada 34 kasus kematian pasien positif COVID-19. Data sehari sebelumnya kasus ada 22 kasus. Total kumulatif kematian di wilayah setempat mencapai 1.456 kasus.

7. Perubahan zona merah

Dirjen P2P Kemenkes: Virus COVID-19 Varian Delta Masuk LampungIlustrasi zona merah COVID-19, Ilustrasi klaster keluarga (IDN Times Dini Suciatiningrum)

Ada perubahan status zona merah COVID-19 di Provinsi Lampung. Wilayah risiko di Lampung berdasarkan penilaian gugus tugas pusat, ada tiga kabupaten berada dalam zona merah, yakni Lampung Timur, Pringsewu dan Pesawaran.

Bandar Lampung dan Lampung Utara sebelumnya zona merah, kini ke zona oranye. Ada 12 kabupaten/kota di Lampung masuk zona oranye. 

Sedangkan zona kuning dan hijau tidak ada. Sebelumnya Kabupaten Tulangbawang Barat sempat berada di zona kuning. 

Baca Juga: Pemkot Bandar Lampung Tunda Vaksinasi COVID-19 Anak-anak, Ada Apa? 

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya