Dinkes Konfirmasi Temukan 5 Kasus Varian Omicron di Lampung

Hasil WGS diterima dari Litbangkes RI 3 Februari 2022

Bandar Lampung, IDN Times - Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Lampung kembali mengonfirmasi telah menemukan kasus varian Omicron (B.1.1.529) sebanyak 5 kasus. Temuan itu merupakan data berdasarkan hasil Whole Genome Sequencing (WGS) dari Litbangkes RI hingga 3 Februari 2022.

"Situasi pandemik COVID-19 di Lampung  udah memperlihatkan tren kenaikan kasus. Ada kecenderungan peningkatan kasus baru dalam 1 minggu terakhir dan sudah ditemukan varian Omicron di Provinsi Lampung sebanyak 5 kasus," ujar Kepala Dinkes Kesehatan Provinsi Lampung, Reihana, melalui keterangan resminya diterima, Sabtu (5/2/2022).

Baca Juga: Rayakan HUT Sekolah 5 Pelajar SMK-SMTI Bandar Lampung Positif COVID-19

1. Proses skrining turut dilakukan kegiatan PTM

Dinkes Konfirmasi Temukan 5 Kasus Varian Omicron di LampungIlustrasi pembelajaran tatap muka (PTM) di sekolah dasar. (ANTARA FOTO/Fransisco Carolio)

Lebih lanjut Reihana menyampaikan, adanya peningkatan kasus baru ini juga perlu disikapi dengan positif, karena itu merupakan kinerja dari petugas di lapangan terus melakukan skrining secara aktif, termasuk skrining di Pembelajaran Tatap Muka (PTM) pada satuan pendidikan.

"Ini adalah bentuk upaya kita untuk menekan angka penularan dan segera dilakukan tatalaksana penanganan isolasi dan karantina," kata Juru Bicara Penanganan COVID-19 di Provinsi Lampung tersebut.

2. Penanganan Omicron diperlukan kerja sama lintas sektoral

Dinkes Konfirmasi Temukan 5 Kasus Varian Omicron di Lampungilustrasi varian baru COVID-19, Omicron (IDN Times/Aditya Pratama)

Reihana menegaskan, menyelesaikan pandemik COVID-19 yang saat ini Provinsi Lampung telah terdeteksi varian Omicron, maka diperlukan kerjasama dari semua pihak bukan hanya dari jajaran Dinas Kesehatan saja.

Hal tersebut turut meliputi instansi lintas sektoral terkait seperti TNI, POLRI, BPBD, Dinas Perhubungan, Dinas Pendidikan, Dinas Pariwisata, Dinas Tenaga Kerja, PMD, Dinas Kominfo bersama Media, dan lintas sektor
lainnya.

"Omicron tidak bisa dihindari karena memang penyebarannya lebih cepat dibanding varian COVID-19 lain, tapi kita semua tidak usah panik, dengan membentengi diri kita dengan vaksinasi COVID-19 secara lengkap dan melakukan booster vaksinasi, penerapan prokes ketat. Insyaallah kita semua terhindar dari varian Omicron, jaga Aman, Imun, dan Iman kita," pintanya.

3. Ingatkan Lampung sebagai pintu gerbang Pulau Sumatera

Dinkes Konfirmasi Temukan 5 Kasus Varian Omicron di LampungIlustrasi terminal pelabuhan Bakauheni Lampung (ANTARA FOTO/Ardiansyah)

Sebagai bentuk langkah lanjut terhadap kewaspadaan dan antisipasi penyebaran Omicron, Reihana kembali mengingatkan, sejatinya Provinsi Lampung merupakan daerah terdekat dengan DKI Jakarta yang memiliki kasus Omicron terbanyak di Tanah Air.

Seperti diketahui, sebelum konfirmasi temua 5 kasus Omicron ini, Dinkes Provinsi Lampung lebih dulu mengumumkan 1 pasien sebelumnya dinyatakan probable Omicron atau suspek terduga terinfeksi virus varian Omicron.

"Lampung adalah sebagai pintu gerbang Pulau Sumatera, sehingga perlu dilakukan kewaspadaan dan antisipasi penyebaran Omicron," tandasnya. 

Baca Juga: Dinkes Lampung Sebut Kondisi 1 Pasien Probable Omicron Sudah Membaik

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya