Cek Jalan Rusak Viral di Medsos, Jokowi Prank Gubernur Lampung

Yuk disimak prank apa saja dari Presiden ke Gubernur Lampung

Lampung Tengah, IDN Times - Presiden RI Joko 'Jokowi' Widodo bak "mengerjai" alias prank Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung saat kunjungan meninjau kondisi jalan rusak sempat viral di media sosial (medsos), Jumat (5/5/2023).

Momen prank tersebut misalnya, Jokowi dan rombongan mengubah rute lokasi pengecekan jalan rusak di Kabupaten Lampung Tengah. Awalnya, kegiatan itu direncanakan bakal dilaksanakan di Kecamatan Rumbia.

Walhasil, pemerintah daerah langsung memperbaiki kondisi jalan secara instan sejak 1 Mei 2023 jelang kunjungan Presiden. Hari ini, alih-alih sesuai rute awal ke Rumbia, Presiden Jokowi dan rombongan mengubah lokasi peninjauan yakni di Kecamatan Seputih Raman, Lampung Tengah.

Rombongan memilih jalur darat menggunakan mobil kepresidenan dari Kota Bandar Lampung melintasi jalan Gunung Sugih - Kota Gajah - Seputih Raman - Simpang Randu tergolong rusak parah.

Baca Juga: Tim Kepresidenan Sempat Tanya Lokasi Rumah Bima, Ingin Berkunjung?

1. Urung naik helikopter, Jokowi pilih jalur darat

Cek Jalan Rusak Viral di Medsos, Jokowi Prank Gubernur LampungPresiden Joko “Jokowi” Widodo meninjau jalan rusak di bilangan Kota Baru, Lampung Selatan, Jumat (5/5/2023). (IDN Times/Tangkapan Layar).

Momen prank Jokowi terhadap Pemprov Lampung tersebut juga terjadi saat kunjungan kerja di Bandar Lampung. Berdasarkan agenda harian Gubernur Lampung diterima IDN Times, Jumat (5/5/2023), tercantum acara 'Melepaskan Keberangkatan Presiden RI Meninjau Simpang Randu Kabupaten Lampung Tengah'.

Di agenda tersebut ada keterangan lokasinya di area Lapangan PKOR Bandar Lampung. Mulanya, kegiatan turut didampingi Gubernur Lampung Arinal Djunaidi hingga Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Lampung Bambang Sumbogo itu perjalanan peninjauan bakal diakses via jalur udara menggunakan helikopter.

Bahkan, di salah satu lokasi di Kecamatan Seputih Banyak berdekatan dengan Kecamatan Rumbia telah disediakan landasan helikopter. Rencana itu seketika batal, lantaran Presiden Jokowi dan jajaran memilih meninjau jalan rusak di Kabupaten Lampung Tengah via jalur darat menggunakan mobil.

2. Pemerintah pusat bakal kucurkan dana perbaikan infrastruktur jalan di Lampung Rp800 miliar

Cek Jalan Rusak Viral di Medsos, Jokowi Prank Gubernur LampungPresiden RI Joko 'Jokowi' Widodo menyusuri jalan rusak penuh lubang dan debu di ruas jalan Desa Rama Nirwana, Kecamatan Seputih Raman, Kabupaten Lampung Tengah, Jumat (5/5/2023). (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Menyikapi terkait keberadaan kondisi jalan rusak tersebut, Presiden Jokowi mengatakan, pemerintah pusat telah berkomitmen akan mengambil alih seluruh perbaikan infrastruktur jalan di Provinsi Lampung meliputi jalan nasional, jalan provinsi, hingga jalan kabupaten/kota.

"Ini semangat kita adalah ingin memperbaiki jalan-jalan rusak seperti yang kita lihat sekarang baik jalan kabupaten, baik jalan provinsi, baik jalan kota yang rusak parah. Masyarakat harus tahu, ada tanggung jawab jalan nasional itu di pemerintah pusat, jalan provinsi itu ada di gubernur dan jalan di kabupaten itu ada di bupati-nya," terang dia.

Jokowi menambahkan, karena penanganan perbaikan jalan terkesan lama di Pemprov Lampung, maka pemerintah pusat akan mengambil alih seluruh perbaikan jalan tersebut. "Ini penanganannya lama, maka diambil oleh pemerintah pusat," sambung dia.

3. Pengerjaan perbaikan jalan dimulai Juni 2023

Cek Jalan Rusak Viral di Medsos, Jokowi Prank Gubernur LampungPresiden RI Joko 'Jokowi' Widodo bak "mengerjai" alias prank Pemprov) Lampung saat kunjungan meninjau jalan rusak, Jumat (5/5/2023). (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Lebih lanjut ditegaskan Jokowi, terkait hal ini pemerintah pusat pada 2023 akan mengucurkan dana anggaran khusus infrastruktur jalan di Provinsi Lampung sebesar Rp800 miliar. Itu mencakup pembangunan dan perbaikan di 15 ruas jalan.

"Ini akan dimulai pembangunannya dan pengerjaannya di bulan Juni, karena harus lelang tender dulu," imbuhnya.

Selain itu, Jokowi pun berharap agar Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dapat ikut menindaklanjuti tanggung jawab perbaikan jalan di provinsi setempat. "Tapi nanti ada beberapa ruas yang menjadi tanggungjawab gubernur dan bupati, jangan semuanya pemerintah pusat," tandas dia.

Baca Juga: Tengok Jalan Rusak di Lampung, Jokowi Beri Sindiran: Jalannya Mulus

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya