Catat! Ini Rekayasa Lalin Nobar Final Piala Dunia 2022 di Tugu Adipura

Akses jalan menuju Tugu Adipura sebagian ditutup

Bandar Lampung, IDN Times - Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Bandar Lampung bakal menerapkan rekayasa lalu lintas (lalin) saat acara nonton bareng gelaran pertandingan final Piala Dunia Qatar 2022 di Tugu Adipura, Kota Bandar Lampung, Minggu (18/12/2022) pukul 22.00 WIB.

Kasatlantas Polresta Bandar Lampung, AKP Rohmawan mengatakan, penerapan rekayasa lalin dimaksud tidak jauh berbeda dengan rekayasa saat car freeday rutin dilaksanakan tiap pekan di perlintasan setempat.

"Kurang lebih gambarannya (rekayasa lalin) sama seperti car freeday, jadi ini kita buat seperti car freenight," ujarnya saat dimintai keterangan, Sabtu (17/12/2022).

Baca Juga: Rekrutmen Anggota PPS Pemilu Dibuka, KPU Lampung Butuh 7.920 Orang

1. Akses menuju Jalan Raden Intan akan ditutup

Catat! Ini Rekayasa Lalin Nobar Final Piala Dunia 2022 di Tugu AdipuraKasatlantas Polresta Bandar Lampung, AKP Rafly Yusuf Nugraha memberikan masker gratis kepada pengendara sepeda motor (Istimewa/IDN Times)

Rohmawan menjelaskan, arus lalu lintas kendaraan dari arah Jalan Raden Intan menuju Tugu Adipura akan ditutup di pertigaan Toko Buku Gramedia Bandar Lampung, hingga nantinya setiap lalu lalang kendaraan bakal diarahkan menuju Jalan Tulang Bawang. Akses jalan ditutup mulai pukul 20.00 WIB. 

Kemudian sama halnya arus lalu lintas kendaraan dari Jalan S Parman dan Jalan Jendral Suprapto, akan ditutup agar tidak melintas ke Jalan Raden Intan menuju Tugu Adipura.

"Untuk Jalan Raden Intan, nanti hanya akan kami buka sedikit di sebelah sisi kanan jalan. Ini agar kendaraan bisa diarahkan ke Jalan S. Parman," terang Kasat Lantas.

2. Jalan Sudirman tetap dibuka tapi dilarang menuju Tugu Adipura

Catat! Ini Rekayasa Lalin Nobar Final Piala Dunia 2022 di Tugu AdipuraTugu Adipura Bandar Lampung. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Lebih lanjut Rohmawan menyampaikan, baik roda empat maupun roda dua dari arah Jalan S Parman dan Jalan Jendral Suprapto juga dipastikan tidak akan bisa diakses kendaraan hendak masuk menuju ke Jalan Raden Intan.

Sehingga laju kendaraan dari arah Jendral Sudirman, ini bakal tetap dibuka alias dapat diakses oleh para pengguna jalan raya di Kota Tapis Berseri.

"Tapi tetap ya, mobil motor dari Jenderal Sudirman tidak diperkenankan melaju ke arah Jalan Ahmad Yani, tapi akan diarahkan menuju Tugu Adipura ataupun Jalan Diponegoro," terang Rohmawan.

Termasuk, arus lalin kendaraan dari arah Jalan Diponegoro menuju Tugu Adipura juga akan ditutup total. "Mereka akan dialihkan menuju Jalan MH. Tamrin," sambungnya.

3. Personel bakal menyesuaikan jumlah massa

Catat! Ini Rekayasa Lalin Nobar Final Piala Dunia 2022 di Tugu AdipuraKNVB menggelar nobar pertandingan Piala Dunia 2022 Belanda vs Argentina di Warkop Corner 52, Manado, Sulawesi Utara, Sabtu (10/12/2022) dini hari. IDNTimes/Savi

Dalam pelaksanaannya, dijelaskan kepolisian turut berkoordinasi dengan sejumlah instansi terkait lainnya. Oleh karenanya, jajaran Satlantas Polresta Bandar Lampung akan mengerahkan jumlah personel dengan menyesuaikan massa bakal hadir guna nobar saat laga puncak Piala Dunia 2022.

"Personel menyesuaikan dengan kondisi jumlah massa, nanti kita kordinasikan lagi dengan Kabag Ops. Kemungkinan nanti ada sekitar 65 orang akan bertugas PAM," tandas Kasat Lantas.

Baca Juga: Rumah Warga Bandar Lampung Dibobol Maling, Uang dan Perhiasan Raib!

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya