Catat! Ini Prediksi Lonjakan Angkutan Nataru Bandara Radin Inten II

Kenaikan penumpang sekitar 15 persen

Lampung Selatan, IDN Times - Pengelola Bandara Radin Inten II memprediksi puncak lonjakan penumpang arus mudik dan balik periode angkutan Hari Raya Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru) terjadi dua kali. Pertama, arus mudik 23-24 Desember dan arus balik 25-26 Desember, kedua arus mudik 30-31 Desember dan arus balik 1-2 Januari 2023.

EGM Bandara Radin Inten II Lampung, Untung Basuki mengatakan, pihaknya telah bersiap menghadapi situasi lonjakan volume penumpang. Satu caranya, akan mendirikan Posko Nataru mulai dari 19 Desember 2022 hingga 3 Januari 2023.

"Posko Nataru ini akan diisi oleh rekan-rekan dari stakeholder seperti petugas maskapai, tim pengaman, dan lain-lain untuk memantau dan memonitor peningkatan arus angkutan salama periode Nataru," ujarnya kepada IDN Times, Selasa (13/12/2022).

Baca Juga: Libur Nataru, ASDP Bakauheni Dirikan Pos Screening Tiket Kendaraan

1. Belum terima ekstra flight, pergerakan penerbangan per hari 15-16 pesawat

Catat! Ini Prediksi Lonjakan Angkutan Nataru Bandara Radin Inten IIEGM Bandara Radin Inten II, Untung Basuki saat dimintai keterangan. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Meski telah memetakan puncak angkutan Nataru, Untung menyampaikan, hingga kini belum menerima konfirmasi terkait ekstra flight atau penerbangan tambahan dari masing-masing maskapai beroperasi di Bandara Radin Inten II.

Walaupun demikian, pihaknya tidak menutup kemungkinan bakal membuka slot penerbangan tambahan di bandara setempat mencapai 20 pergerakan pesawat per hari.

"Rata-rata pergerakan pesawat saat ini 15-16 pergerakan per hari dan per 13 Desember ini, Garuda Indonesia sudah mengaktifkan slot mereka. Jadi selama ini mereka hanya terbang 1 kali pergi pulang tapi kini sudah 2 kali, nantinya Lion Air kemungkinan juga akan mengaktifkan slot mereka belum terisi," terang Untung.

2. Prediksi lonjakan penumpang 15 persen

Catat! Ini Prediksi Lonjakan Angkutan Nataru Bandara Radin Inten IIBandar Udara Radin Intan II. (IDN Times/Rohmah Mustaurida).

Lebih lanjut Untung menyampaikan, Bandara Radin Inten II diperkirakan bakal mengalami lonjakan penumpang mencapai sekitar 15 persen per hari, itu tepatnya di momen-momen puncak arus angkutan Nataru mendatang.

"Per hari ini di November kemarin, pergerakan di Bandara Radin Intan sekitar di 1.900 penumpang per hari, nah diperkirakan masa Nataru nanti akan mencapai 2.200 penumpang per hari," terang dia.

3. Detail syarat penerbangan angkutan Nataru

Catat! Ini Prediksi Lonjakan Angkutan Nataru Bandara Radin Inten IIANTARA FOTO/Muhammad Iqbal

Terkait syarat penerbangan terkini di Bandara setempat, Untung mengungkapkan, kebijakan itu masih mengacu dalam SE Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Nomor 82 Tahun 2022, tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Udara Pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

Aturan tersebut merupakan turunan dari SE Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Nomor 24 Tahun 2022, tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri Pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

"Sampai saat ini masih belum ada update, jadi untuk syarat perjalanan masih mengacu pada aturan sebelum yaitu, untuk penumpang 18 tahun ke atas harus wajib booster, usia 6-17 wajib vaksin kedua, dan anak di bawah 6 tahun dikecualikan dari persyaratan vaksin," tandas dia.

Baca Juga: Nataru 2023, Pelabuhan Bakauheni Siapkan 7 Dermaga dan 65 Armada Kapal

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya