Calon Rektor ITERA 2022-2026 Ada Enam Kandidat, dari ITB Semua?

3 orang bergelar profesor dan 3 doktor

Lampung Selatan, IDN Times - Pemilihan Rektor (Pilrek) Institut Teknologi Sumatera (ITERA) periode 2022-2026 resmi diikuti enam nama bakal calon rektor. Penetapan tersebut merupakan hasil sidang Senat ITERA rampung digelar, Kamis (31/3/2022).

Enam pendaftar masuk sebagai bakal calon bursa Pilrek ITERA 2022-2026, mereka adalah Dr. Eng. Imam Achmad Sadisun, S.T., M.T.; Acep Purqon, S.Si., M.Si., Ph.D.; Prof. Dr. I Nyoman P. Aryantha; Dr. Ir. Ian Yosef Matheus Edward; Prof. Yassierli, S.T., M.T., Ph.D.; dan Prof. Dr. Ing. Ir. Suhardi, M.T.

"Ini hasil pada tahapan pendaftaran Pilrek untuk masa jabatan 2022-2026 sejak 14 Februari 2022. Tahapan pendaftaran semula dijadwalkan ditutup 14 Maret 2022 dan diperpanjang hingga 30 Maret 2022. Seluruh pendaftar dari ITB, terdiri dari 3 profesional dan 3 doktor," ujar Ketua Pantia Pilrek ITERA 2022, Lukman Nulhakim.

Baca Juga: Pendaftaran Pemilihan Rektor Itera Dibuka, Ini Syarat dan Tahapannya

1. Total pendaftar Pilrek sebanyak 9 orang

Calon Rektor ITERA 2022-2026 Ada Enam Kandidat, dari ITB Semua?ilustrasi seseorang sedang melihat layar leptop (unsplash.com/Priscilla Du Preez)

Lebih lanjut Lukman mengatakan, perpanjangan masa pendaftaran tersebut dilakukan karena jumlah pendaftar melengkapi berkas persyaratan belum memenuhi jumlah minimal yaitu, lebih dari tiga orang.

Oleh karena itu, selama proses pendaftaran terdapat sebanyak 9 orang mendaftar. Namun usai diverifikasi panitia, hanya sebanyak 6 orang pendaftar memenuhi seluruh persyaratan dan ditetapkan sebagai bakal calon Rektor ITERA 2022-2026 oleh Senat ITERA.

"Para calon rektor telah ditetapkan oleh Senat ITERA, selanjutnya akan mengikuti tahap penyaringan dengan menyampaikan visi, misi, dan program kerja Kamis, 14 April 2022 di hadapan senat, sivitas akademika, stakeholder, dan perwakilan dari Kemdikbudristek," imbuhnya.

2. Para bakal calon rektor akan melewati penyaringan menjadi 3 calon saja

Calon Rektor ITERA 2022-2026 Ada Enam Kandidat, dari ITB Semua?Pemilihan Rektor (Pilrek) Institut Teknologi Sumatera (ITERA) periode 2022-2026 resmi diikuti enam nama bakal calon rektor. (IDN Times/Istimewa)

Masih di hari sama tepatnya Kamis,14 April 2022, Lukman menyampaikan, keenam enam bakal calon rektor tersebut, Senat ITERA akan menetapkan 3 calon rektor sekaligus hasil tahap penyaringan ke Mendikbud Ristek RI.

Sementara untuk pemungutan suara dan penetapan calon rektor terpilih dijadwalkan 12 Mei 2022, serta rangkaian Pilrek akan ditutup dengan agenda penetapan dan pelantikan rektor terpilih dijadwalkan 3 Juli 2022.

“Mewakili panitia, kami menyampaikan terima kasih kepada para pendaftar para putra terbaik bangsa yang ikut berpartisipasi menjadi bakal calon Rektor ITERA,” imbuh Lukman.

3. Upaya mencari pemimpin membawa kemajuan bagi ITERA

Calon Rektor ITERA 2022-2026 Ada Enam Kandidat, dari ITB Semua?Institut Teknologi Sumatera (Itera) resmi membuka pendaftaran bakal calon Pemilihan Rektor (Pilrek) periode 2022-2026 mulai 14 Februari - 14 Maret 2022. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Ketua Senat ITERA Prof Sukrasno menyampaikan, Pilrek ITERA 2022 merupakan agenda penting untuk memilih pemimpin dapat membawa kemajuan bagi ITERA. Maka dari itu, ia pun sangat mengapresiasi para generasi terbaik bangsa telah berpartisipasi dalam Pilrek ITERA.

“Berbagai program untuk peningkatan kualitas pendidikan dan mutu akademik menjadi poin utama dalam pemilihan Rektor ITERA tahun ini. Sebab, mutu akademik adalah kunci untuk ITERA dapat menunaikan tugas yang diemban,” imbuhnya.

Selain itu, Prof Sukrasno turut menyebut, tugas utama selama ini diemban ITERA adalah melahirkan sumber daya manusia unggul dan berkualitas, khususnya di bidang sains dan teknologi. "Tidak ada tujuan lain, selain untuk membangun Sumatera, Indonesia, dan dunia lebih baik lagi," tandas dia.

Baca Juga: 4 Orang Terkonfirmasi Daftar Bakal Calon Rektor ITERA, Siapa Saja?

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya