Begini Kronologi Baku Tembak Residivis Pencuri Motor Tewas di Lampung

Tersangka sempat tembaki polisi 2 kali

Bandar Lampung, IDN Times - Residivis spesialis pencuri sepeda motor lintas kabupaten di Provinsi Lampung tewas dalam baku tembak dengan petugas di Jalan Simpang Pugung, Kabupaten Lampung Timur ternyata sempat melepaskan tembakan sebanyak 2 kali.

Aksi tersangka Yusuf Efendi (37) warga Kecamatan Jabung, Kabupaten Lampung Timur itu berhasil dihentikan, usai dihadiahi timah panas oleh petugas Tekab 308 Presisi Polda Lampung bersama Tekab 308 Presisi Polres Lampung Selatan.

"Pelaku dalam melakukan penembakan terhadap aparat kepolisian sebanyak dua kali, hingga kita memberikan tembakan peringatan terhadap pelaku tetapi masih tetap saja," ujar Wadirreskrimum Polda Lampung, AKBP Hamid Andri Soemantri saat konferensi pers di RS Bhayangkara Polda Lampung, Rabu (2/8/2023).

1. Tersangka tembaki petugas

Begini Kronologi Baku Tembak Residivis Pencuri Motor Tewas di LampungKonferensi pers tersangka pencurian sepeda motor ditembak usai terlibat baku tembak dengan petugas kepolisian, Rabu (2/8/2023). (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Dalam proses penangkapan terhadap tersangka, Hamid Andri mengungkapkan, petugas gabungan melaksanakan penyelidikan dan patroli berhasil mengidentifikasi Yusuf Efendi mengendarai sepeda motor melintasi Jalan Simpang Pugung.

"Petugas mengidentifikasi motor tersebut dan bukan kepemilikan tersangka. Sehingga dilakukan pengejaran," ungkapnya.

Alih-alih menghentikan laju kendaraan, tersangka Yusuf Efendi justru berhasil kabur dari pengejaran seraya menembaki petugas kepolisian. "Anggota kami sempat membalas dengan tembakan peringatan agar berhenti, tapi tersangka tidak menghiraukan sehingga dilakukan tindakan tegas dan terukur," sambung Hamid.

2. Seorang rekan tersangka dalam pengejaran

Begini Kronologi Baku Tembak Residivis Pencuri Motor Tewas di LampungKonferensi pers tersangka pencurian sepeda motor ditembak usai terlibat baku tembak dengan petugas kepolisian, Rabu (2/8/2023). (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Selain tersangka Yusuf Efendi, Hamid menyebutkan, rekan lainnya turut menunggangi sepeda motor berbeda berhasil melarikan diri. Namun pria tersebut telah diidentifikasi dan dalam pengejaran petugas.

"Untuk tersangka YE, jasad pelaku masih dalam proses (autopsi) petugas medis Rumah Sakit Bhayangkara Polda Lampung," imbuhnya.

3. Aksi pencurian turut diwarnai pengancaman

Begini Kronologi Baku Tembak Residivis Pencuri Motor Tewas di LampungPolisi bawa jasad tersangka Yusuf Efendi ke RS Bhayangkara Polda Lampung. (IDN Times/Istimewa)..

Berdasarkan catatan kepolisian, Hamid menyampaikan, tersangka Yusuf Efendi terlibat dalam 10 TKP aksi pencurian sepeda motor di 4 kabupaten/kota Provinsi Lampung yakni, Bandar Lampung, Lampung Selatan, Lampung Timur, dan Lampung Tengah.

Modusnya, tersangka menggasak motor milik korbannya di dalam rumah dengan memanfaatkan situasi lengah pada waktu dini hari, hingga tak segan mengadang pemilik motor dengan ancaman senjata tajam maupun senjata api rakitan.

"Jadi tersangka ini tergolong dengan aksi curanmor dan curas (pencurian dengan kekerasan) dengan senjata. Kepemilikan senpi rakitan masih dalam proses pendalaman," tandasnya.

Baca Juga: Panen Cabai Rawit di Lampung Barat, Pemkab Bagikan Bibit Gratis

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya