Bawaslu Lampung Temukan Ratusan Logistik Pemilu 2024 Rusak dan Kurang

Kotak dan bilik suara hingga paku coblos

Intinya Sih...

  • Bawaslu Provinsi Lampung menemukan ratusan bilik suara rusak dan kekurangan paku coblos Pemilu 2024.
  • Temuan logistik rusak mencakup kotak suara dan bilik suara di beberapa Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung.
  • Ratusan logistik rusak akan segera diganti agar tidak menghambat proses pencoblosan 14 Februari 2024 mendatang.

Bandar Lampung, IDN Times - Bawaslu Provinsi Lampung menemukan ratusan bilik suara dalam kondisi cacat alias rusak hingga kekurangan puluhan alat paku coblos Pemilu 2024.

Temuan itu berdasarkan hasil pengawasan dan pendataan distribusi hingga perakitan logistik Pemilu 2024 di 15 Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung.

"Ya, itu sudah masuk di kita (hasil pengawasan dan pendataan logistik Pemilu 2024 di Lampung), terutama kondisi kotak suara," ujar Ketua Bawaslu Provinsi Lampung, Iskardo P Panggar kepada IDN Times, Selasa (2/1/2023).

Baca Juga: Lembaga Perempuan Lampung Dorong Pembinaan Psikis Pelaku Kekerasan

1. Logistik rusak terbanyak di Lampung Utara

Bawaslu Lampung Temukan Ratusan Logistik Pemilu 2024 Rusak dan KurangKetua Bawaslu Provinsi Lampung, Iskardo P. Panggar. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Dirincikan Iskardo, sederet data temuan logistik rusak itu seperti 1 kotak suara rusak di Kabupaten Pesawaran, 3 kotak suara di Tulang Bawang Barat, 6 kotak suara di Lampung Timur, dan 1 kotak suara di Mesuji.

Kemudian juga ditemukan 140 bilik suara rusak di Kabupaten Lampung Utara, hingga kekurangan kebutuhan 58 paku coblos di Kabupaten Way Kanan.

"Untuk ketersediaan segel plastik, tinta, dan lain-lainnya hasil pengawasan kita sejauh ini masih aman," rincinya.

2. Rusak saat proses pengiriman ekspedisi

Bawaslu Lampung Temukan Ratusan Logistik Pemilu 2024 Rusak dan KurangPenampakan kotak suara di gudang KPU Kota Bandar Lampung. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Iskardo melanjutkan, temuan sejumlah kotak suara dan ratusan bilik suara itu diperkirakan mengalami kerusakan saat proses distribusi menggunakan jasa pengiriman ekspedisi ke Lampung.

"Bilik dan kotak suara ini fisiknya bukan lempeng besi atau kaleng, tapi duplex, sehingga bisa jadi saat pengiriman ekspedisinya ada yang penyok hingga sobek," kata dia.

Nantinya, ratusan logistik rusak itu akan segera diganti dengan baru, agar tidak menghambat proses pencoblosan 14 Februari 2024 mendatang. "Kita bersama KPU masih punya waktu cukup panjang, untuk mengajukan kembali pergantian ke lembaga pengadaan," tambah Iskardo.

3. Belum dilakukan pemusnahan

Bawaslu Lampung Temukan Ratusan Logistik Pemilu 2024 Rusak dan KurangAktivitas peliputan surat suara di gudang KPU Kota Bandar Lampung. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Lebih lanjut Iskardo menyampaikan, Bawaslu Provinsi Lampung akan terus mengawasi dan menekankan kepada Bawaslu jajaran kabupaten/kota, untuk terus melaporkan temuan terjadi di daerah masing-masing berkaitan logistik.

"Belum (dilakukakan pemusnahan), nanti akan digabung semua termasuk surat suara usai pengawasan logistik tahap II," tandas ketua Bawaslu Lampung.

Baca Juga: Lembaga Perempuan Lampung Dorong Pembinaan Psikis Pelaku Kekerasan

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya