Batal Dukung Ela-Azwar, PDIP Pilih Usung Petahana Bupati Lampung Timur

Hd

Intinya Sih...

  • PDI Perjuangan mengumumkan dukung dan usung petahana Bupati Lampung Timur Dawam Rahardjo, mencabut dukungan dari pasangan calon lain.
  • Keputusan ini mempertimbangkan kepentingan demokrasi dan menghindari potensi kotak kosong di Pilkada Lampung Timur.
  • Semua jajaran PDIP di Lampung diperintahkan tegak lurus terhadap keputusan partai serta mendaftarkan paslon Dawam dan Ketut Erawan ke KPU setempat.

Bandar Lampung, IDN Times - Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Lampung Timur 2024 bakal menghadirkan kejutan. PDI Perjuangan resmi mengumumkan mendukung dan mengusung petahana Bupati Lampung Timur Dawam Rahardjo.

Keputusan tersebut sekaligus mencabut dukungan semula diberikan kepada pasangan calon bakal Bupati dan Wakil Bupati Lampung Timur Ela Siti Nuryamah dan Azwar Hadi.

"Keputusan yang baru ini mencabut Persetujuan Partai Politik kepada Ela Siti Nuryamah dan Azwar Hadi. Jadi PDIP di Lampung Timur bukan mendukung dua calon, tapi hanya mengusung Dawam Rahardjo dan Ketut Erawan," ujar Sekretaris PDIP Lampung, Sutono di Kantor DPD PDIP Lampung, Rabu (4/9/2024).

Baca Juga: Profil Reihana Calon Wali Kota Bandar Lampung, Eks Kadinkes 14 Tahun

1. Pertimbangan potensi kehadiran kotak kosong

Batal Dukung Ela-Azwar, PDIP Pilih Usung Petahana Bupati Lampung TimurAksi demo warga tolak kotak kosong di Pilkada 2024 Lampung Timur. (IDN Times/Istimewa).

Sutono melanjutkan, keputusan ini mempertimbangkan dan memperhatikan kepentingan demokrasi sekaligus mengkhawatirkan potensi kehadiran kotak kosong di Pilkada Lampung Timur menjadi perhatian DPP.

Terlebih, sebelumnya ratusan warga mendemo kantor DPC PDIP mendesak agar PDIP dapat mengusung calon sendiri, untuk kemudian memilih bertarung melawan koalisi gemuk Ela-Azwar.

"PDIP mempertimbangkan situasi internal di Lampung Timur dan aspirasi masyarakat agar tidak ada kotak kosong," pungkasnya.

2. Minta semua pihak tegak lurus instruksi DPP PDIP

Batal Dukung Ela-Azwar, PDIP Pilih Usung Petahana Bupati Lampung TimurPDIP memberikan formulir B1KWK kepada Ketut Erawan untuk maju di Pilkada 2024 bersama petahana Bupati Lampung Timur. (Dok. PDIP Lampung).

Seiring keputusan ini, Sutono melanjutkan, semua jajaran PDIP di Lampung, khususnya Lampung diperintahkan dan diinstruksikan tegak lurus terhadap keputusan partai sekaligus mendaftarkan paslon Dawan dan Ketut Erawan ke KPU setempat.

Diketahui, Dawam merupakan petahana Bupati Lampung Timur dalam periode sebelumnya berpasangan dengan Azwar Hadi. Posisi Dawam sebagai Ketua DPC PKB Lampung Timur juga sudah dicopot dan dikabarkan beralih ke Ela Siti Nuryamah.

Sedangkan pasangan calon wakil Bupati Ketut Erawan merupakan Ketua DPC PDIP Lampung Timur. Sekaligus mantan Anggota DPRD Lampung Timur dan 3 periode Anggota DPRD Provinsi Lampung.

"Kami minta seluruh mesin partai dan pendukung PDIP dapat menyukseskan dan memenangkan paslon Dawam dan Ketut Erawan di Lampung Timur," ucapnya.

3. Bakal mendaftar malam terakhir masa perpanjangan pendaftaran

Batal Dukung Ela-Azwar, PDIP Pilih Usung Petahana Bupati Lampung TimurPDIP memberikan formulir B1KWK kepada Ketut Erawan untuk maju di Pilkada 2024 bersama petahana Bupati Lampung Timur. (Dok. PDIP Lampung).

Mengantongi restu pencalonan Pilkada Lampung Timur 2024, Ketut Erawan menambahkan, pihaknya bersama petahana Dawam Rahardjo sedang mempersiapkan proses pendaftaran ke KPU Lampung Timur.

"Iya, rencananya kami akan mendaftar nanti jam 7 malam," tandasnya.

Baca Juga: Belum Temukan Kasus Mpox, Dinkes Lampung Imbau Masyarakat Waspada

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya